Racun akselerasi buat VARIO 125

vartech 125 putih

gambar minjem pak erte

Setelah kemaren bahas trouble vario,kini kita membahas part pendongkrak akselerasi dari WTF yg PnP (Plug and Play) alias ga pake ngakal ,wokeeeeeeeee 😀

Sebenarnya dapatnya udah dari dulu dari komunitas Vario Owner On Kaskus alias VARIOUS , cuma baru kemaren bisa di coba di motor saya,biasalah soal duitttttt 😀 hahahahahahahaha

wessss ga pake lama,kita siapkan dulu bahan dan alat alatnya OK cesssssssssssssssss:

bahan2 :

  1. per CVT beat / vario old ,bisa yg standart atau racing (kalo yg racing usahakan pake yg rpm1000 aja) harga :Rp 60.000 an
  2. roller ukuran 14gr,bisa pake flying roller (mahal),atau alternatifnya pake roller spin(Rp 65.ooo / set ) , pengen lebih murah lagi roller bawaan dibor aja besi tengahnya pake mata bor 14 mm(gratis kalo punya bor listrik dan mata bornya,seperti saya) 😀
  3. niat :mrgreen:

note:

per cvt atas = standart dari vario 125,tengah = standart beat , bawah = TDR beat rpm 1500 ,roller standart vario 125 yg di bor pake mata bor 14 mm

alat2 yg diperlukan :

  1. kunci T8
  2. kunci ring /sok 22mm dan 19mm
  3. special tool (flywheel holder)
  4. dan kunci ring special untuk membuka mur kopling cvt

note : buat yg tidak punya flywheel holder bisa pake cara diganjel 😀 buat menahan moveable driven face ( puli depan )

urutan cara pembongkaran CVT vario 125:

  1. buka 10 baut tutup cvt dg kunci  t8, jangan lupa untuk di pisahkan karena ada 3 jenis panjang dari baut tsb agar nantinya tidak tertukar
  2. tahan drive face (puli yg ada kopling gandanya) dg special tools (flywheel holder) dan buka baut penguncinya dg kunci ring / sok 19mm,lepas mangkok cvtnya
  3. tahan driven face (puli depan) dg special tools (kalo ga ada bisa tiru cara saya yaitu di ganjel dg konci sok 12mm,tidak di anjurkan 😀 ) , buka mur penguncinya dh kunci ring / sok 22mm ,jangan lupa untuk memisahkan komponen2 yg ada pada kedua part (ring,mur dll) agar nanti ketika merakit tidak tertukar
  4. tahan kopling ganda dan buka mur 39mm nya dg kunci ring sambil menekan kebawah,hati2 rangkaian kopling ganda bisa meloncat keluar jika tidak di tekan ke bawah
  5. ganti per cvtnya dg beat / vario,dan rakit kembali rangkaian kopling ganda
  6. ambil roler dan ganti dg yg anda punyai dan pasang, atau kalo pengen ngirit bisa niru cara saya yaitu lobang rollernya di perbesar dg bor listrik 14mm
  7. tata rollernya dg sisi2nya tdk saling berhadapan
  8. rangkai kembali driven face dan rollernya trus pasang v-beltnya
  9. rangkai semua part yg telah diganti dan jangan lupa untuk mengeraskan mur dan baut yg telah di buka
  10. selesai , coba nyalakan motor dan rasakan bedanya 😀

menurut link disini,inilah hasil yg diperoleh setelah penggantian part2 tsb:

Per CVT Standar Per CVT BeAT
0-60 km/jam 7,8 detik 7,6 detik
0-80 km/jam 14,6 detik 14,2 detik
0-100 km/jam 31,9 detik 30,9 detik
0-201 meter 14,5 detik 14,1 detik

seperti yg saya sebutkan di judul diatas,penggantian ini akan membuat akselerasi vario 125 anda akan semakin ganasssss,dan karena cukup “buka sitik josssssssssss” 😀 maka ujung2nya konsumsi bahan bakar juga semakin irit,asal ga terlalu ngalay aja hehehehehehe 😀

note:saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau hilangnya garansi mesin motor anda setelah modifikasi ini,soooo don’t do unless you no what you do,lha wong semua garansi motor saya udah hangus kok :mrgreen: karena udah saya utak-atik

last,keep safety on street , semoga berguna dan salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in diy, motor, tips. Bookmark the permalink.

312 Responses to Racun akselerasi buat VARIO 125

  1. soeharto says:

    Mo nanya om tp beda merk boleh kan?
    1. Skydrive itu kan tarikan lemot,banyak yg ganti dg per vario. Padahal per vario beda bentuknya klo di skydrive ada pengaitnya. Nah pengaruh plus minus apa om?
    2. Komposisi yg pas kira2 apa om yg bisa naikin top speed tp akselarasi jg lebih nampol..per vario dg kombinasi roller berapa om? Bisa ga diganti per beat, lebih terasa mana untuk akselarasinya antara beat & vario( jika mmg bisa)?
    3. Kondisi mesin standar ting2 om, premium, oil 10-40

    • ekomoker says:

      Lemotnya skydrive itu karena berat motornya juga mas… setelah per cvt diperkeras coba pake roller ringan… nah masalahnya roller bawaan skydrive itu kan besar hampir sama dg vario125 hanya lebih ringan aja… jadi ga bisa pake roller beat (kekecilan) coba cari roller buat vario125 tapi yg 14-13 gr atau lobang tengah rollee di bor aja dibesarkan

      • soeharto says:

        1.Misal per pakai punya vario,dan Dengan memperingan roller apakah tidak mengorbankan topspeed om?
        2. Per nya bagus yg mana im 1000 atau 1500
        3.Dan apa pengaruhnya jika per diganti punya vario,kan klo punya skydrive ada pengaitnya,klo vario kan g ada om..
        4. Matur nuwun om

      • ekomoker says:

        Top speed sich sama aja tapi akselerasi lebih ringan… vario saya sebelum dan sesudah ganti tetep tuch 110km/jam on spido… hanya 0-80 lebih enteng dan enak buat selap-selip… kalo dirasa pake per vario terlalu riskan ya ganjal aja pernya pake ring 5-8mm

  2. cah dubLeng says:

    Gan eko,ane pake per TDR 1500rpm vario 125,kira* pake roller brp ya?kaLo seLing* pake roller skywave 12gr 3biji,dan ori 3biji kira* gmn gan eko?,,,,,matur nuwun

  3. Romualdus Diova says:

    Gan , mau nanya nih kalo sering buat turing biar tarikan tengah nya main soalnya buat selap selip truk/bus .. saran agan mnding pake roller 16gr aja atau di oplos ? Kalo di oplos uk brp aja ? Smentra spek nya dah pake per vario old merk KTC 1000rpm
    Sama mau tnya kalo knlpot nya di kasih knlpot blombong atau racing apakah bikin enak buat selap selip ?
    Tks gan : )

    • ekomoker says:

      Kalo masalah feling memang perlu beberapa kali uji coba biar sesuai dg karakter yg kita inginkan…. jadi ga ada patokan baku buat roller musti sekian per musti sekian..tapi kalo saya cocoknya pake per beat rpm1500 dg roller 15 gr …. ini spek terbaru yg saya pake di vario saya… top spit 100km/jam tapi harusnya bisa naik lagi hanya belom nemu trek lurus panjang…
      Kalo buat knalpot racing kayaknya not recomended buat harian yg butuh rpm bawah…. lihat aja rata2 knalpot racing buat matik pasti rpm bawahnya drop…top spitnya yg bagus tapi ga ngefek banyak kalo buat selap2…saran ane pake aja sutandarnya aja…atau kalo pengen yg racing pilih yg masih bersekat macam sakura

  4. sarmono alias nothing says:

    kalau buat vario cbs iss per beat berapa gan rpm nya dan rolerna brapa gram

  5. agus handoko says:

    saya juga punya vario 125 kalau pengen nyoba setingan seperti punya saya monggo..shabat matic semuanya..
    1 roler bawaan vario di bor agar mengurangi bbot roler tersebut..
    2 per cvt pakai tdr khusus vario 125.1500 rpm..
    3.buka ruang filter.dlm filter trsebut di bagian belakang filter ada sperti sarang tawon yg mnempel sama filter itu di lepas songkel aja sama obeng pasti lepas bgian 4 pengunci tersebut filter sendiri jngan di lepas hrus di pasang lagi..trus karet pnahan air dlm filter bgian bwah di lepas..jg.
    4 koil ganti kawahara recing..cop busi usahakan pakai stadart nya jangan pakai recing..karena di kwatirkan mesin akan menembak2 kan msin msih stadar
    5 injektor pakai pcx 150..
    6 busi pakai iridum terserah merek apapun tp yg gampang di cari merek TDR NGK DENSO.klau punya saya DAYTONA IRIDIUM..jngan slah pilih busi krena busi montor injeksi sma bukan injeksi gk sma y sob..kn ada kodenya sendiri tuh..

    SELAMAT MENCOBA DAN RASAKAN HASIL NYA…JD KEPENGEN TARIK GAS MELULU DI JALANAN..

  6. bagus says:

    Broo mau nanya, wtf pake per cvt pcx dan roller ori suzumi 12gr combi 15gr, seting RPM 1700 klep 0,10/0,22,,, nah pada saat posisi 0-20kpj (baru buka gas) wtf jadi tersendat” ,, ndredet, ,, terasa skali berasal dr cvt belt nya, tapi setelah itu jos bgt tarikannya ampe 90kpj cpet bgt nyarinya, setelah itu terasa berat nyari 100kpj, mentok 98kpj, ,,, mohon petunjuk utk setting ulang, ,, utk ilangin dredet di awal dan biar dpt top speed 110kpj lah minimal, ,,, ,tq brotha
    Info berat badan 76kg wtf dr awal (standar) top speed cuma 105kpj

  7. Aan Ngaanerz says:

    Om mau tanya donk ane baru selesai servis di ahas malah jarum spedometer gerak gerak sendiri padahal ane cuma servis dan ganti oli aja, tapi klo pas lg ngebut itu jarum malah di NOL ga begerak pas motor diem malah bisa sampe 80KM/H… ane balik lg ke hondanya tp cuma so dibongkar2 aja tanpa ada hasil….. mohon infonya OM……………!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • ekomoker says:

      Motornya apa? Kalo digital bisa karna sensornya rusak… kalo analog bisa jadi magnet didalam spido kotor

      • Aan Ngaanerz says:

        Vario125…. lah tapi sblm di servis fine fine aja, anehnya ane kan masang stopkontak lampu sendiri nah tuh lampu klo di on malah mati klo diposisi off malah nyala abis itu ga lama spedonya deh erorr……. Nyesel deh servis di ahas situ lagi

      • ekomoker says:

        Ya spidonya yg rusak kalo itu…. ada komponen yg kebakar… entah kapasitor atau transistor internalnya… 😀

  8. u'us ragiel says:

    mase, kalo pingin bikin sendiri O2 modul gimana ya? apa ada tips murah meriah bikin O2 modul yng bikin WTF makin ok akselerasi n ok top speednya

  9. senosuadam says:

    Mas bro, kalo saya pake per cvt beat merk KTC 1500rpm + 3 roller diganti pake ori Spin. Kerasa enteng untuk 0 – 80 kph. Tapi waktu 80 – 110 kph agak boyot. Jadi saya ganjel lagi per cvt-nya pake oring klep mio.
    Sekarang makin enak.

  10. Vodaâ„¢ says:

    Bro tanya dong.

    Motornya : Vario 125 ISS (Idling Stop System)
    – Per CVT pakai punya Ori PCX Thailand.
    – Slide Piece pakai punya PCX
    – Per Sentri pakai Per Sentrinya X Zoomer
    – Roller pakai Xtreme 15gr.

    KOndisi sekarang.
    – Tarikan OK atas bawah.
    – Mesin langsam dengan rpm rendah.
    – ISS ngga mau jalan.

    Nah yang mau ditanyain.
    -? Gimana naikin rpm langsam mesin supaya Sensor ISS mau hidup.
    Sensor ISS baru jalan kalau putaran langsam mesin sekitar 1500-1900rpm. Sedangkan kondisi sekarang mesin langsam dengan rpm rendah. Kalau setelan langsamnya dinaikin (Uliran bawah jok), Sensor nya ISS bisa jalan, tapi suara mesin jadi meraung kayak jet dan tarikan acur (ngepos dan ngga bisa lari).
    -? Semisal ganti part ke ori-nya lagi, part manakah yang musti dibalikin supaya rpm langsam bisa balik ke standart 1500-1700rpm biar ISS jalan lagi. *pingin ngejar iss bisa jalan*

  11. Bro, numpang promosiin artikel nih tentang trik melepas per sentri dengan mudah: http://www.lukmanulhakim.id/melepas-per-sentri-motor-matik/

    Saya berharap bisa bermanfaat, tidak ada maksud untuk nyampah 🙂

Leave a reply to u'us ragiel Cancel reply