[DIY] mematikan fungsi AHO pada motor

aho

sory masbro sekalian kalo baru bisa posting , maklum senjata satu-satunya dalam bloging dan project yaitu laptop mengalami kerusakan serta data2 penunjang bloging tdk bisa di recover 😦 , jadi yg rekues2 harap bersabar ya , malah curhat (lebay mode on: ) hehehehehehehehe 😀

ok untuk kali ini kita akan bahas mengenai AHO atau Automatic Headlight On dan cara mengakalinya

 seperti kita ketahui bahwa semua pabrikan motor saat ini sudah mengaplikasikan system ini pada semua line up motor2nya karena memang sudah ada aturan baku dari pemerintah

nah sistem ini memang sebenarnya bagus karena memang terbukti efektif dalam mengurangi tingkat kecelakaan dijalan pada beberapa negara yg sudah menerapkan sistem aho,tapi ada beberapa dari kita yg terkadang sungkan (termasuk saya) jika harus menyalakan lampu utama saat riding di gang masuk kompleks perumahan atau desa pada malam hari karena biasanya banyak orang2 yg “cangkruk’an” (nongkrong :red) disana 😀

nah pada artikel ini saya akan men”shared”,tips dan trik dalam mematikan fungsi AHO pada motor2 baru

sebelum menginjak pada rangkaian ada baiknya kita belajar dulu sistem kelistrikan lampu depan pada beberapa motor yg sudah berAHO ,berikut skema aho standart pada beberapa motor :

sistem pada aho dibagi2 yakni AHO-AC dan AHO-DC :

  •  AHO-AC sumber tegangan lampu depan berasal dari spul lampu motor,motor2 yg menganut AHO-AC antara lain :mio-j , soul-gt , mio-gt , NVL ,beat-fi ,spacy-fi ,dll
  • AHO-DC sumber tegangan lampu depan berasal dari aki , motor2 yg menganut AHO-DC antara lain : vario125 , cb150r , allnew cbr150 , cbr250 ,ninja250 , dll

  mohon koreksinya jika contoh2 motor diatas salah 😀

 sebenarnya sistem AC maupun DC nantinya tidak jadi masalah kalo nantinya pengen di matikan, asalkan kita tahu kabel mana yg harus di potong,nah agar tahu kabel mana yg harus di potong silahkan lihat gambar skema aho modifikasi dibawah ini :

cara termudah dalam mematikan fungsi aho adalah dg memotong kabel supplay – (ground) yg terhubung pada lampu,untuk warna kabelnya ,yamaha & kawasaki =hitam ,honda = hijau tua (awas kliru kabel hijau muda karena hijau muda = bel),nah potongan kabel tadi dapat di hubungkan dg sklar tambahan yg letaknya dapat anda tentukan sendiri ,contoh beberapa type saklar yg bisa digunakan :

rockerswitch togelswitch

rocker switch dan toggle switch

yg perlu di ingat adalah rating arus yg bisa di handel oleh saklar tersebut,contoh :lampu depan motor = 35W 12V maka rating arus untuk saklarnya adalah I(arus/rating saklar) = P (daya lampu) / V (tegangan lampu) jadi rating saklar = 35 / 12 = 2,916 dibulatkan menjadi 3A ,nah sebisa mungkin saklar yg anda gunakan lebih besar dari kalkulasi diatas (5 A misalnya) agar saklar yg anda gunakan lebih awet

jika dirasa penambahan saklar seperti cara diatas kurang praktis karena musti ngebor / melobangi body motor kesayangan anda , maka anda dapat menggunakan cara ke 2 dibawah ini :

sistem ini menggunakan relay 8 pin untuk menggantikan saklar manual untuk memutus supplay –  dari lampu utama , seperti yg terlihat pada gambar koneksi kabelnya antara lain: sumber tegangan dc = kabel dari kontak motor (honda = hitam/merah strip hitam , yamaha = cokelat) , dan untuk pemicunya dapat diambil dari sumber tegangan sementara seperti : bel , sein ,rem

relay12v  

kelebihan dari sistem ini adalah anda dapat menggunakan hampir semua saklar yg ada di stang (kecuali saklar dimmer) sebagai pemicu lampu depannya , contoh :anda dapat menyambung kabel pemicu ke bel / sein /rem maka sebelum tombol pemicu di pencet maka lampu depan tidak akan menyala,cukup sekali di pencet maka lampu langsung terus menyala dan untuk mematikannya anda harus mematikan kontak motor anda tentunya 😀

tips : jangan lupa waktu membeli relay 8 pinnya cek tegangan kerja dan rating arus relaynya,tegangan coil relay = 12v rating arusnya >5A , harga relay ga nyampe 35rb

nah cukup mudah dan murah bukan ,and last sekali lagi saya tidak bertanggung jawab atas garansi motor anda setelah modifikasi ini dan mohon maaf karena cuma honda , yamaha dan kawasaki yg bisa saya berikan contohnya karena ga pernah dapet garapan suzuki jeeeeee 😀

salam DIY

Advertisements

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in aho, diy, lampu depan, mengenal, motor, tips. Bookmark the permalink.

120 Responses to [DIY] mematikan fungsi AHO pada motor

  1. Erit07 says:

    Mantap tipsnya bwt yg mtornya aho…

  2. gc133hijrah says:

    makasi artikelnya mas… pencerahan buat ane….

  3. eiscell says:

    wah kalau terlanjur idup trus mo matiin lampu musti mati in motor dulu y om…

  4. rusmanjay says:

    mantap…… ga perlu khawatir kalau beli motor AHO 😀

  5. paedhimas says:

    lebih aman pake relay kayaknya ..,juga lebih awet..pengalaman pake saklar model penthil kayak gambar di atas ,ora awet…gampang los…

  6. kroco says:

    mas eko kalau bikin lampu tigerr kayak diatas misal kita hidupin lampu jauhnya(bukan pass light) tapi kedua2nya bisa nyala kayak ninja FI gimana caranya mas?bawaan pabrikan cuman nyala satu di masing2 kondisi..terimakasih sebelumnya mas

    • ekomoker says:

      hubungkan kabel biru dan putih dg diode ,urutannya kabel biru-diode-kabel putih dg catatan kaki diode yg ada garis putih (tanda katode) di hubungkan ke kabel warna putih
      note:kabel biru = high beam
      kabel putih = low beam
      dg di sambungkan kedua kabel ini jadi ke 2 lampu akan nya saat di dim ,kalo posisi low beam cuma 1 lampu saja nyala ,lampu high beam padam karena arus dan tegangannya di protect sama diode , diodenya pake yg 5A

    • ekomoker says:

      kayak gini nich bentuk diodenya (cuma cari yg 5A ) kaki yg ada garis melingkar putih yg dihubungkan ke kabel warna putih
      diode

  7. kroco says:

    terimaksih mas eko..asyik..bisa kayak mogeh style juga akhirnya..thankyou mas 😀

  8. budizaky says:

    Nice info mas bos.
    Klo mio j ku tak belikan holder ori punyae mio mas.harga 60rb.اِنْشَاءَ اللَّه lbh aman

    • ekomoker says:

      sebenarnya bisa saja mengakali swicth setnya,tapi rata2 rekan2 disini pasti puyeng kalo lihat kabel yg jumlahnya cukup banyak ,belom lagi pasti ngakal dan ga langsung pnp,malah tambah mumet mas bro hehehehehehehehehe 😀 jadi jalan tengahnya ya pake ini ,itung2 belajar buat sendiri 😀

      • budizaky says:

        “‎ŠÏ..
        
        <'
        ^ kang
        Itu tak garap [ạ̣̥̲̲̅̅][κ̣̥̲̲̅̅][u]: ma temenku kang
        Ÿ̲̣̣̣̥Ω̶̣̣̥̇̊ itung2 jg belajar kang

  9. motor ane juga udah AHO gan… kalo deket2 pos polisi, by automatic jempol langsung ngangkat tuas lampu depan.

    😉

  10. ipanase says:

    belum pernah nggarap suzuki sama kawasaki kalau ane 😀

  11. An_Syahri says:

    Nice Artikel mas…. Mantappp….

  12. touringrider says:

    mas tanya OOT neh. lampu depanku tak ganti punya’e colt T yang pastinya bersumber dari DC. Btw, biar bisa awet dan dapat stroom stabil dari alternator yang AC, gimana caranya? bisa gak dikasi Elco (condensator) gitu?

    note : Scorpio.
    Lampu depan’e pecah mas. mumpung ada lampu Colt T nganggur di rumah.

  13. ekomoker says:

    sifat dari condensator adalah menyimpan arus DC dan meneruskan arus AC ,jadi kalo pake elco malah tambah jebol elconya
    kalo pengen lebih terang ada 2 cara :
    1.ganti sistem kelistrikan dg full dc full wave (kayak punya’e tiger)
    2.gulung ulang spulnya,pake kawat yg lebih gedhe agar arusnya lebih besar

    • lasin ae says:

      mas kalo gulung ulang spull pake kawat lebih gede perlu ganti kiprok juga gak?

      • ekomoker says:

        biar arusnya normal sih wajib hukumnya mas,setelah gulung ulang spul arus keluar dari spul pun meningkat drastis tapi arus ini tetap dilimit oleh kiprok
        kalo pengen ngirit lepas saja kabel spul yg ada di kiprok (biasanya warna kuning untuk yamaha & honda) trus sambungkan ke resistor 20ohm 20W dg koneksi seperti gambar di bawah ini

        note:
        kalo dirasa nyala lampu terlalu terang coba nilai resistornya di tambah ,kalo sebaliknya nyala lampunya terlalu redup coba di turunkan resistornya ,cuma jangan dikurangi nila wattagenya (watt) malah kalo bisa wattagenya ditambah dari 20W ke 50W misalnya
        sebisa mungkin sambungan kabel dirapikan agar tidak korslet dan kalo bisa resistornya dikasih alumunium pendingin

  14. taufik pengguna beat fi says:

    gue pake motor berAHO siang2 di marahin orang malah katanya gue gak bisa liat matahari he he he

    • ekomoker says:

      kalo di tempat saya malah dipikir pamer pake angel eyes,padahal tahu sendiri kalo lampu vario125 itu terang banget (2 biji soalnya) ,ga enaknya kalo anak2 nongkrong trus kena sorot lampu kan jadi bahan gunjingan juga mas

  15. kenthoet says:

    wahh klo aq dibngkel sering pake cara pertama , pake saklar penthil n medhot kabel wrna item , beres wesss ,,, yg pnting lmpu utama padam 😀 konsumen puas , uang tip bnyak wkwkwkwkwkwk :mrgreen:

    • ekomoker says:

      tapi umur saklarnya jadi pendek karena toggle switch cuma mampu menghandle arus 2A ,sedangkan arus lampu utama bisa >3A
      coba cari saklar lain yg arusnya gedhe masbro

  16. revn79 says:

    nice info coba langsung diterapkan

  17. kasamago says:

    mantab infonya om, blm iso di praktekin motornya non AHO smua 😀

  18. gosong says:

    masi kurang detil nih, terutama perkabelan nya.
    kalo utk yg blm ngerti kelistrikan pasti mumet ini.
    rikues lengkapin lagi donk om 😀

    • ekomoker says:

      kan tinggal motong kabel ground lampu depan mas
      tuch sudah saya jelaskan di artikel,kalo grounding untuk lampu depan yamaha=hitam ,honda=hijau tua , kawasaki hitam juga ,suzuki=sorry belum pernah dapet 😀

  19. pepeng says:

    mas kalo saya pemicu nya make lampu sen misal kan,,itu artinya lampu sen nya di korban kan gk kan bisa di pake lagi atau masih bisa seperti biasa nya????

  20. prime says:

    mas thx sharenya… saya terapin caranya pertama di spacy Fi saya,,kabel hijau saya sambungin saklar toggle,,tapi pas posisi off toggle ko indikator lampu jauh dibawah speedo jadi nyalah terus ya??,,,tapi pas posisi ON toggle berfungsi biasa saja (lampu dekat n jauh normal,indikatornya juga normal)

  21. nany says:

    ma’af gan saya mau tanya lagi tp saya rada gatek alias gagap teknologi,kalau motor supra x 125 lampunya di bikin kaya motor tiger bisa ga gan ?aslinya kan ngikut ke spul saya pengin langsung ke accu caranya gimana ? mohon pencerahannya.matur kesewuun.

    • ekomoker says:

      Kalo di motor yg kelistrikan lampunya masih ac tentunya harus dirubah duli ke full wave DC agar aki tidak tekor

      • nany says:

        sory gan baru buka lagi,cara ngerobahnya perlu komponen apa aja gan,terus dari kabel mananya apa dari kabel aki langsung disambungin apa bagai mana?mohon pencerahan matur sewun.

      • nany says:

        ia gan full wave persamaannya apa ya dan alatnya seperti apa trim

      • ekomoker says:

        sama kaya sistem pengisian tiger , jadi sampean musti beli regulatornya agar sistem pengisiannya mencukupi untuk menyalakan lampu utama danjuga dg modifikasi pada spul

  22. Habibi says:

    maap mas, klo mematikan AHO di cb 150r, hbs brp duit…..? kira2 nanti kalo sy da duit masnya bs bantu sy g? bs minta alamatnya, sy jg mojokerto ( NIP, NGORO )…..!

  23. abe says:

    Mas saya mau tanya apakah ada efek negatif jika mematikan aho cb 150 r dalam jangka panjang terhadap injection motor. Terimakasih

  24. Djojo says:

    Kalo relay pake pin 6 bisa gak? Trus kalo diaplikasikan untuk kunci pengaman/rahasia bisa gak? Suwun….

  25. Buat Mutus Lampu AHO Aku pake rumus tetangga dengan merubah saklar lampu jauh untuk mematikan lampu utama. Cman kl yang tetangga melepas kabel saklar lampu jauh dengan solder kl aku cma modal mika bungkus batrai. Tapi masih tetap lamampu senja sama dan lampu lampu belakang nyala. Dan Saklar berubah fungsi dimana lampu dekat fungsinya sbg ON (On lampu dekat) lampu jauh sbg saklar OFF, dan saklar PASS fungsinya sama sbg High beam /lampu jauh.

    • ekomoker says:

      Kalo ada passing switch sih enak mas bro,kan rata2 pass switch adanya di motor sport lha kalo motor matik sama bebek piye? Hehehehehehehe 🙂

  26. ponk celty says:

    mas bro… apakah kontak NO relay yang di seri dgn koilnya, akan menutup terus, walaupun pemicunya sudah gak ada????

    • ekomoker says:

      Sistem relaynya auto lock karena setelah dipicu kontak no yg satunyalah yg mensupplay tegangan

      • ponk celty says:

        apakah semua relay 12 volt DC auto lock ya? dan dapatkah terminal negatif koil relay di sambung di negatif accu ( bukan ke ECU). sekali lagi, makasih jawabannya…

    • ekomoker says:

      bukan relaynya mas tapi memang koneksinya yg saya buat auto lock
      kalo pake negatif dari aki bisa saja dipake

  27. ndank says:

    IZIN SHARE BOZ POSNYA

  28. FajaR says:

    Om eko,mtr saya new jupiter mx AHO.kmrn saya beliin holder kanan ori punya jupiter mx lama yg ada sakelar lampunya.Udh saya coba potong kabelnya dan alhasil headlight mati sih.tapi kog lampu tail light tetep nyala ya.mohon pencerahannya dong kabel mn aja yang harus dipotong sekalian warna kabelnya.
    terus untuk mtr new jupiter mx kabel dr spull warna apa ya om?soalnya kmrn saya coba copot sat per satu kabel yang ke kiprok eh headlightnya tetep nyala,tambah bingung dah.hehehe
    suwun pencerahannya

    • ekomoker says:

      untuk headlight tetap nyala walaupun kabel kiprok dicabut semua karena kabel dari spul sebenarnya langsung masuk ke lampu depan tetapi mampir di kiprok cuma buat dilimit arusnya lewat resistor internal kiprok dg di groundkan
      kabel spul yg ke lampu untuk yamaha = kuning
      kalo tail light masih nyala kemungkinan besar titik percabangan kabel yg dari sepul ada pada tengah2 body masbro karena tail light kan ga ngepek alias tetep nyala walaupun di dim atau dalam posisi lampu dekat

      • FajaR says:

        nah itu mslhnya om,kmrn saya coba bongkar kabel body tetep aja g ketemu percabangannya dimana 😀
        Gimana solusinya om biar lampu blkg bs ngikut sakelar?

      • ekomoker says:

        mau ga mau ya harus di cari percabangannya masbro 😦 ,baru bisa diputus arus dan teganngan yg ke lampu utama dan lampu belakang
        namun solusi paling cepat sih memutus kabel yg kuning dari spul bukan yg dari kiprok lho

      • FajaR says:

        Wah blh juga tuh om idenya,jadi mutus kabel yg dkt soket dr mesin ya?
        Sebenernya sayang jg sih tkt garansi kelistrikan gugur,tp risih nih pake mtr AHO
        tengss so much om eko atas pencerahannya 😀

  29. wahyoe says:

    ada contohnya masang relay nya di vario 125 gak gan
    ane pengen sakelar pemicunya tu ane pasang di lampu jarah jauhnya
    bisa ngasih contohnya gak gan
    trima kasih

  30. Bem says:

    ada efek negatifnya gak mas?? misalnya matikan aho pke saklar arus mjd kembli lg ke AKI, efeknya aki bsa tekor, konslet dll???

    • ekomoker says:

      ga ada ceritanya mas ada arus kembali karena saklar terbuka :mrgreen: ,kecuali korslet baru ada arus balik ke aki
      efek negatifnya cuma garansi kelistrikan motor anda hangus ,hehehehehehe 😀
      efek positifnya,muatan aki tidak tersedot terlalu banyak untuk menyalakan lampu utama (kalo sistem lampu uamanya dc) sehingga aki lebih awet, bohlam/reflektor jadi jarang ganti 😀

  31. budi says:

    mas bro kira2 aman ga klo vario125 pake cara prtama trus klo beli saklar yg 5A kata kuncinya ap ke bengkel…???

  32. jopael says:

    Bro klo di tvs apache yg baru kan mmg sdh AHO tp ttp ada switch headlight jg,cm klo switch lampu posisi off lampu dpn ttp nyala tp redup nah klo switch on baru nyala dgn terang.u yg ginian bisa dikasih pencerahan bro?maturnuwun

  33. yanto says:

    Agak nyesel juga beli NVL Karena AHO. Rada bikiin malu makenya.

  34. koboy senior says:

    tipsnya sangat bermanfaat, tapi utk hal ini, jangan sampai lupa untuk menyalakan lapunya lagi apabila kembali berkendara dijalan raya..
    karena dengan menyalakan lampu dijalan pada siang hari, itu dapat menghindari lakalantas..
    apalagi klo malam hari 😀

    • ekomoker says:

      sebenarnya niat saya mematikan aho itu biar kalo jalan malam di perkampungan biar ga risih sama teman2 yg lagi nongkrong kalo tersorot lampu depan, tinggal dimatika aja lampunya 😀

  35. imanul says:

    Bikin project ttg Desulfator dong mas. Komponennya murah2 dan simple koq. Tapi sy stuck di inductor nya aja nih, susah dicari/jarang dijual soalnya, walaupun bisa dibuat sndiri menggunakan lilitan tembaga tp alat pengukurnya (AVO meter yg ada inductor meternya) mahal gila harganya.

    • ekomoker says:

      pengen sekali bikin masbro cuma waktu yg sedang padat buanget sampe2 untuk membalas komen aja binggung 😀 , sebenarnya ada beberapa project yg saya siapkan cuma masih terkendala di jaringan internet yg kadang suka naik turun kalo dirumah 😦

  36. ramelan says:

    gan, berati ground lampu utama di kendalikan ecu ya?

  37. Iqbal says:

    M’ap mas numpang tanya, saya pake saklar kaya di gambar itu tapi cuma bertahan 2 bulan udah hangus kebakar terus dah 2 kali,
    enaknya gimana ya mas biar ga hangus lagi?

  38. @almer36 says:

    masss.. gmna kalo mas yg pasangin ke motor saya ajaa… hehehehe daripada terjadi sesuatu yg ga diinginkan! maklumah dulu jamannya smp pas belajar elektronika jarang ngedengerin guru (curcol) hahaha

  39. Buddy says:

    Mas, klo saklarnya diposisi sebelum dimmer swich (kabel sumber tegangan) apa ada resikonya? makasih sebelumnya mas….

    • ekomoker says:

      ga masalah sih tapi musti motong kabel mas , kalo mutus grounding kan cuma motong kabel sub assynya jadi kalo mau dibalikan ke setandart lebih mudah

      • asep says:

        Mas, mwu nnya nih, ÐƗ kaki relaynya Αϑå no 1-4-5-8-9-12-13-14 . Sya ga tau nyambunginnya mas, minta bantuannya mas, soalnya skema ÐƗ atas ga Αϑå nomor2nya

      • ekomoker says:

        Lihat gambar yg tercetak di badan relay … nanti samakan simbolnya dg rangkaian

  40. indra kusumah says:

    Mas broo.. kalo kita ganti saklar 1 bendel denga type hampir serupa namun ada switch on off head lamp kayak motor non AHO bisa nggak yah? Kalo untuk X ride cocokya pake apa dan gimana caranya mas?

  41. zen says:

    maaf gan.
    tlong kasih tau jlasnya lg dong ane gk nalar jug nih:)
    kabel warna pa ja yg diputus dan disambung ke saklar baru.thx

  42. ekomoker says:

    Suzuki-yamaha warna hitam …honda hijau

    • lutfi says:

      kalo sya ga mutusin kabel ground mas, justru kabel yg satunya untk lampu bawah (low beam) yg sya sambung ke saklar, jd kalo saklar rusak lampu jauh (high beam) tetep idup. skalian bs dipake ngedimm

  43. Gus Rizal says:

    Untuk gt 125 bs gak?

  44. yusuf says:

    relay 8pin sprti gambar d atas dmna bsa
    d beli..?? d tempat elektronik apa spare part…thks

  45. rizal says:

    masbro,, untuk motor2 yang ada lampu utama+lampu snja gmn ngatasinya?
    kalo untuk cara yg pertama brti on/off (lampu utama+lmpu senja sxan kan ya)
    apakah gbsa misal seperti sakelar bawaan pabrik yang ada lampu senja saja yg nyala gtu,,,
    jadi g cm off-on tapi off-senja-utama gtu,, hehehe

  46. aan says:

    Mas Ekomoker, kalo yang saya ambil untuk saklar ON OFF adalah kabel coklat yang ada di saklar jauh dekat, ada efek sampingnya ga?
    Soalnya yang saya putus arus (+) nya, bukan (-) nya, gimana?
    Dan setelah di beri saklar mengapa bunyi pompa bensin (bunyinya ngingggg….) itu kok jadi beda, mengikuti mesin hidup (saya sambung kembali seperti semula bunyinya jadi normal). Kalo saya teruskan apa ada kerusakan nantinya? Makasih banyak

  47. aurora says:

    klo ambil jalan paling praktis, dengan melepas kabel yg ke lampu jauh gmn om. jadi klo mau lampunya mati tinggal klik tombol lampu jauh.

  48. mykel says:

    mau tny mas sepeda specy q lampunya kdang mati kdang nyala sndiri kalau kena jlan yg ngk enk,truz q buka bwah joknya klau q angkt k ats kbel lampunya ntar nyala truz mati lagi, solusinya gmna mas

  49. bro cara pasang saklar di NVL gimana bro.mohon pencerahannya dong.?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s