Beberapa teknologi motor bebek

bebek

apa yg ada dalam benak anda kalo saya bilang “MOTOR BEBEK” ? ………. pasti anda berfikir motor yg biasa buat kepasar… desain jadul … low tech !!!!!

tapi tahukah anda kalo motor bebek merupakan motor yg diciptakan dg berbagai fitur2 yg justru HI-TECH melebihi fitur yg ada di motor sport lho….ga percaya? monggo disimak hehehehehe😀

Pada mulanya memang motor bebek (cub/underbone) diciptakan sebagai kendaraan yg praktis dan mudah dioperasikan(sebelum datangnya motor matic)…..namun seiring perkembangan zaman dan teknologi …..motor2 bebek juga dijejali fitur2 (terutama mesin) yg mumpuni….hal ini dikarenakan tuntutan konsumen akan motor bebek yg lebih irit dan lebih kencang juga lebih praktis serta tidak lupa lebih efisien dg low emmision…

apa saja teknologi2 itu….monggo…kita bahas sebagian kecil dari teknologi2 bebek

BEBEK BERMONOSHOCK:

Bebek bermonoshock pertama kali diperkenalkan oleh SUZUKI SATRIA 120R …..

satria

selain memiliki monoshock motor ini juga dilengkapi dg 5 speed sport transmition yg kemudian direvisi pada tahun 2002 menjadi 6 speed dan memakai double disk brake

BEBEK DG FILTER OLI MODEL KERTAS

Bebek dg filter oli yg terpisah dan memiliki bahan kertas (nylon) pertama kali dipopulerkan oleh kawasaki KAZE yg kemudian disusul oleh generasi shogun 125 – smash dan turunannya

kawasaki-kazer115vr suzuki-shogunsp-125

Ganti-Filter-OLI-3 Filter-Oli-Suzuki-Titan

BEBEK DG MESIN MINIM FRIKSI:

Motor yg mempelopori teknologi ini adalah honda SUPRA X 125 dan BLADE 110

Honda Blade 110 R Spec contoh-modif-honda-supra-100cc-terbaru-2014 eft

mesin minim friksi dibuat dg tujuan agar menekan konsumsi bahan bakar dg cara mengurangi hambatan gesek pada internal mesin….apa saja yg diimprove ? berikut listnya:

  • Penggunaan piston berlapis molybdenum

piston

tujuannya jelas mengurangi friksi antara piston dan linier (boring) pada silinder

  • penggunaan RRA (roller rocker arm)

roker-arm rra

tujuannya mengurangi  gesekan antara noken as dan rocker arm

  • Offset crankshaft (offset piston)

offset jarak-sumbu-silinder

tujuannya mengurangi gesekan antara piston dan linier serta memaksimalkan potensi langkah kerja agar tidak terhambat oleh sudut yg sempit saat posisi TMA

nah ternyata teknologi2 motor bebek ga kalah to dg teknologi motor sport dan matik…..

semoga artikel ini berguna …sebagai bonus nich mesin injeksi NF125 series yg sudah menganut injeksi down draft ….hehehehehehehe

hpgm-fi

sekian dan salam DIY😀

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in ac, dc, diy, honda, injeksi, kawasaki, kaze, kelistriksn, mengenal, mesin, motor, overbore, setting, shogun, smash, suprax 125, suzuki, tips, Uncategorized, vario125. Bookmark the permalink.

17 Responses to Beberapa teknologi motor bebek

  1. pertamax cyiintttt

  2. ricky says:

    Bebek dgn indikator posisi gear yang pertama = …..
    Bebek dgn sokbeker depan teleskopik pertama = binter joy.
    Bebek dgn kopling tangan =…. Fiz R
    Bebek mesin tegak =…………
    Bebek monoshock pertama = kymco atau satria?
    Bebek forged piston pertama = spike 120 ?
    Bebek dohc 1st?
    Bebek speedo digital 1st ?

    • ekomoker says:

      Bebek dg indikator gear kayaknya crystal…
      Bebek mesin tegak satria
      Kalo monoshock jelas satria 120 … kymco hadir tahun 2000an satria dari 98 kalo ga salah
      Bebek spido digital kharisma baru shogun 125 …. belakangan yg full digital CS1 itu kalo ceeswan di masukkan kategori bebek

  3. eko354 says:

    Bebek sing mlakune mundur (kata istri saya): Honda C-70 punya adik ipar.

  4. djoshe says:

    Satu lagi generasi ke-2 dari Shogun 125 dg kode mesin “FL…” yg pake balancer di askruknya , alhasil getaran mesin jdi nyaris tak terasa ketika di geber di RPM tinggi🙂

  5. Maskur says:

    yamaha nggak ada yah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s