ENGINE CUT OFF….. PAHAMI KARAKTERNYA BIAR GA NYUSAHIN

engine stop

Assalamu’alaikum wr wb …..

Weitsss ketemu lagi…… bahas engine cutt off yuks….

Artikel ini terinspirasi oleh salah satu temen ane yg lagi touring terpaksa nginep dibengkel karena mogok …. Walau dulu juga sering juga dapet kasus ginian waktu masih dibengkel……. Biar penasaran kok bisa mogok ….mari hal ini kita kupas ….ok siappp let start

Engine cut off didesain agar memudahkan mematikan mesin tanpa harus muter2 kontak dan hal ini ga jauh2 dari sistem pengapian…maka dari itu engine cut off pun dibagi 2 sama dg sistem pengapian yaitu AC dan DC …… yg pertama kita bahas engine cut off AC dulu yaaaaa

Engine cut off AC:

contoh Motor yg pake engine cutt off AC ini adalah honda tiger

tiger

agar lebih jelas monggo di simak…. berikut skema dari sistem pengapian tiger

 ENGINE CUT OFF AC

nah pada skema diatas terlihat bahwa saklar engine cut off di pasang paralel dg kunci kontak yg sistemnya akan menshortkan (menyambungkan) kabel massa (ground/negatif) dg kabel kontak ….dg di sambungkannya ke2 kabel ini cdi akan kehilangan sumber catudaya tengangan tingginya dan mengakibatkan cdi akan mati sehingga mesin akan ikutan mati

kelebihan dari sistem ac ini adalah karena listrik yg dihubungkan singkat kecil sekali arusnya dan kerja saklarnya hanya ketika di aktifkan saja maka switch engine cut off jadi sangat awet sekali

sistem engine cut off DC:

motor yg memakai sistem ini antara lain OLD vixion – shogun- megapro primus

yamaha vixion-1

untuk skemanya monggo disimak

 ENGINE CUT OFF DC

sistem kerja engine cut off DC adalah memutuskan tegangan masuk dari cdi / ecu…ingat hanya tegangan masuk ke cdi/ecu (saya bold) ….. jadi walaupun ada kerusakan pada saklar engine cut off , kelistrikan yg lain mungkin saja tidak terpengaruh (lampu dan indikator tetap jalan normal)

nah sisi lemah dari sistem ini adalah saklar engine cut off dipaksa terus menerus untuk meneruskan tegangan listrik untuk mensupplay ecu / cdi saat kondisi saklar tidak aktif…. diperlukan saklar yg bagus dg kontak point yg sangat bagus pula agar tegangan yg masuk ke cdi ataupun ecu tetap konstan ….sedikit saja kotor/rusak maka dijamin motor anda akan mati…… kasus seperti ini dulu sering saya temui di megapro primus dan mungkin atas masukan dari laporan2 yg seperti ini diseluruh indonesia maka di motor2 sport honda yg memakai sistem DC macam NMP- CB150R bahkan di CBR saklar ini DITIADAKAN

praktis sistem engine cut off DC dihilangkan dari line up motor sport honda setelah megapro primus resmi discontinue….efeknya memang mengerikan namun bisa diatasi buat para pemilik motor2 diatas …. caranya secara berkala menyemprotkan cairan penetrant/CCL (contact cleaner and lubricant) pada celah2 saklar engine cut off dan di gerak2 kan … hal ini bisa menghilangkan kerak yg timbul di kutub2 saklar

nah mudah tooo solusinya…. semoga sharing kali ini berguna untuk pengetahuan masbro dan mbak sist sekalian …sekian dan salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in ac, dc, diy, DLC, injeksi, kelistriksn, mengenal, mesin, motor, tips, Uncategorized, wiring harness. Bookmark the permalink.

28 Responses to ENGINE CUT OFF….. PAHAMI KARAKTERNYA BIAR GA NYUSAHIN

  1. dimas arif antonio says:

    pertamak :3
    terinspirasi dari saya nih pasti wkwkwk

  2. baha says:

    ora mudeng aku mbah

  3. Yoshi says:

    Josss banget ..

  4. dhanicsetio says:

    aku ra enek enjin kut op’e 😆

  5. ridertua says:

    bikinkan engine cut off yang bisa di remote… biar kalau dimaling langsungdi cut… 🙂
    trus bikinkan artikelnya…gak pake lama update artikelnya…sehari 1 aja 😆

  6. ninja150ss says:

    megapro primus tdk ada cut engine kang,,soalnya ane pernah punya.
    yg ada engine cut tuh yg megapro lampu blkg kotak,alias sblm megi primus.

  7. ipanase says:

    ralat,, megapro primus sudah tidak ada saklar pembunuh mesin, yang masih ada honda megapro primus ( terakhir pakai )

  8. orong-orong says:

    kebo ketone enek mbah

  9. rusman says:

    saya engine cut off nya masukan gigi, lepas tuas kopling :mrgreen:

Leave a comment