BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) – Part2

wh-harness

setelah kemaren di part-1 kita membahas jalur kelistrikan untuk bel dan lampu stop lamp ,kini saatnya untuk naik 1 step lebih ribet apa itu?

kali ini kita akan membahas jalur kelistrikan untuk lampu sein dan starter untuk semua jenis motor ,antara lain:

  • Lampu sein 2 bulb pada spedometer
  • lampu sein 1 bulb pada speedometer (biasanya digunakan di matik)
  • kelistrikan starter generic (pada rata2 motor bebek)
  • kelistrikan starter untuk matik non sss (side stand switch)
  • kelistrikan starter untuk matik dg sss (side stand switch)
  • kelistrikan starter untuk motor sport

nah cukup banyak tooo, nah untuk skema rangkaiannya silahkan lihat gambar dibawah ini :

  • skema kelistrikan lampu sein 2 bulb pada speedometer

wiring harnes sein 1

klik untuk memperbesar

  • skema kelistrikan lampu sein 1 bulb pada speedometer (biasanya digunakan pada motor matik:

wiring harnes sein2

klik untuk memperbesar

untuk daftar wana kabel tiap2 pabrikan motor bisa lihat tabel dibawah ini:

DAFTAR KELISTRIKAN SEIN

klik untuk memperbesar

nah setelah tahu skema kelistrikan lampu sein kita beranjak ke kelistrikan untuk sistem electric starter ,untuk skema kelistrikan elekrik starter all variant silahkan lihat gambar2 berikut:

  • skema kelistrikan sistem elektrik starter untuk bebek (generic)😀

starter wiring genericklik untuk memperbesar

  • skema kelistrikan sistem elektrik starter untuk matik non side stand switch

starter wiring matic non sssklik untuk memperbesar

  • skema kelistrikan sistem elektrik starter untuk matik dengan side stand switch

starter wiring matic with sssklik untuk memperbesar

  • skema kelistrikan sistem elektrik starter untuk motor sport

starter wiring sportklik untuk memperbesar

 untuk daftar wana kabel tiap2 pabrikan motor bisa lihat tabel dibawah ini:

DAFTAR KELISTRIKAN STARTER

klik untuk memperbesar

BONUS:

SKEMA PENGISIAN ,ACG STARTER,LAMPU DEPAN DAN STOP LAMP VARIO TECHNO 125

starter-diagramwarna1

klik untuk memperbesar

gambar minjem pak RT (mumpung orangnya lagi break)😀

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in diy, kelistriksn, mengenal, motor, wiring harness. Bookmark the permalink.

29 Responses to BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) – Part2

  1. eiscell says:

    diamankan petromax

  2. Mas Sayur says:

    waduh…tambah bingung moco skemane….. 😀

  3. An_Syahri says:

    juooosss kie mas…

  4. ipanase says:

    mantabhhh suhu😀

  5. rusman says:

    kalau sing flasher posisinya dimana ya? mau nyoba diparalel sama buzzer 12 v biar tiap lampu sein nyala bunyi. maklum sering lupa matiin lampu sein:mrgreen:

  6. pak tarno says:

    itu yg sein 1 bulb skemanya bikin saya bingung.
    kalo bagian bawah bohlam itu + dan sampingnya adalah – maka kenapa kok pada bohlam yg di spidometer ada kabel + ketemu + (kabel orange dan ungu), kan gak bisa nyala lampunya.
    tolong penjelasannya.

  7. bejoba3 says:

    mas mita skema dari altenator ke kiprok boleh g?so saya baca ad skema pengganti rangkaian penyearah kiprok agar ampernya bertambah besar,tp saya bingung cara pemasanganya jadi sya mw tw dulu jalur kabel yg dari altenato ke kiiprok!email saya bejo_ba3@yahoo.com

    • ekomoker says:

      gimana ampere jadi tambah besar kalo kemampuan spulnya tetap pak?
      kalo pengen ampere besar ya gulung ulang spul pake kawat besar dan ganti magnet yg lebih kuat , baru arusnya akan naik
      voltase besar percuma mas kalo arusnya kecil , tetep aja diregulasi oleh kiprok agar tegangannya <14 volt😀
      saran saya sich ganti dulu kawat spulnya maka secara otomatis ampere pun naik kok😀

  8. Dedy Prastyo says:

    ASK:
    Ane punya motor smash 110(jadul). Udah setahun belakangan ini starternya rusak, tp aki msh normal, untuk kalkson dan lampu sein jg bisa nyala. Ane pake aki GS yg tipe kering. Umur aki udah 2th an lbh. Nah 3hari yg lalu ane benerin tuh motor starter dg mengganti carbon brush, dan hasilnya starter udah bisa, normal lah. Ane pake 2hr jg normal.
    Nah td pagi pas ane coba nyalain motor pake starter, lampu netral langsung mati, aki lngsung drop. Matot, untuk lampu sein aja ga kuat. Ane cek tegangannya jg d bawah 12volt.
    Pertanyaannya, apakah yg terjadi dg motor ane, yg rusak dr aki nya ato ada korsleting dalam kelistrikannya? Mohon pencerahan Gan.🙂

    • ekomoker says:

      Kemungkinan groundingnya kurang masbro
      Tambahkan saja kabel yg agak besar dari kutub negatif batre ke body motor
      Atau mungki akinya sudah sedikit soak karena aki yg masih bagus harusnya pembacaan avo bisa 12.4 – 13.2

      • Dedy says:

        Kemungkinan terbesar memang itu sih.. hehe

        Tapi kalau jalur d antara aki ke motor, misal pada bagian relay, mungkin ga terjadi kerusakan? Yg ane takutkan, setelah d gnt akinya, malah rusak lg krn ad kerusakan d komponen selain aki ato motor tadi.🙂
        Gimana tuh Gan??

      • ekomoker says:

        coba kabel relay yg menuju ke motor starter dilepas dan tombol start di pencet , kalo relay masih bisa nyala coba ukur kabel yg motor starter tadi , kalo ada tegangan berarti relay aman😀

  9. abuayyub says:

    mas eko, rangkaian tentang pemanfaatan tombol starter vario 125 disempurnakan dulu spy ketika mau mengaktifkan asesoris tambahan spt klakson lampu dim dll, tdk perlu mencolek rem belakang/depan…pak RT kemana yah?

  10. Maszt Beiy says:

    mas mo tanya.. emang klo flhaser gitu ga kita pasang di motor,. coba kita arus sama lampu (pake aki.misalnya)
    kenapa lampunya ga kedip kedip yaaa….!!!
    sementara kita posisikan lagi di motor kita aktifin pake swite sein kemali kedip kedip.
    sebenernya yg bikin lampu sein itu bisa kedip kedip itu flaser tersebuttt.. atao masih ada perangkat lain untuk sein selain flasher…??

    mkasih.. sblmunya

    • ekomoker says:

      Ada beberapa syarat agar sein bisa kedip
      1. Rating watt lampu musti sesuai dg rating yg tertulis di flasher.. kalo lampu yg dipasang lebih kecil dari flasher maka flasher ga bakalan ngedip atau lamaaaa baru berkedip
      2.masang flashernya ga boleh kebalik kakinya… kaki flasher standar umumnya ada 2 yaitu 1 ke batre (B) 1 lagi ke lampu (L)

  11. efri rihardi says:

    minta pencerahannya gan untuh wiring pengapian vixion tahun 2009,coz ane punya masalah,dari kabel busi ga keluar api

  12. didik manchunian says:

    waduh malah bingung liat skemanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s