[DIY] mematikan fungsi AHO pada motor

aho

sory masbro sekalian kalo baru bisa posting , maklum senjata satu-satunya dalam bloging dan project yaitu laptop mengalami kerusakan serta data2 penunjang bloging tdk bisa di recover😦 , jadi yg rekues2 harap bersabar ya , malah curhat (lebay mode on: ) hehehehehehehehe😀

ok untuk kali ini kita akan bahas mengenai AHO atau Automatic Headlight On dan cara mengakalinya

 seperti kita ketahui bahwa semua pabrikan motor saat ini sudah mengaplikasikan system ini pada semua line up motor2nya karena memang sudah ada aturan baku dari pemerintah

nah sistem ini memang sebenarnya bagus karena memang terbukti efektif dalam mengurangi tingkat kecelakaan dijalan pada beberapa negara yg sudah menerapkan sistem aho,tapi ada beberapa dari kita yg terkadang sungkan (termasuk saya) jika harus menyalakan lampu utama saat riding di gang masuk kompleks perumahan atau desa pada malam hari karena biasanya banyak orang2 yg “cangkruk’an” (nongkrong :red) disana😀

nah pada artikel ini saya akan men”shared”,tips dan trik dalam mematikan fungsi AHO pada motor2 baru

sebelum menginjak pada rangkaian ada baiknya kita belajar dulu sistem kelistrikan lampu depan pada beberapa motor yg sudah berAHO ,berikut skema aho standart pada beberapa motor :

sistem pada aho dibagi2 yakni AHO-AC dan AHO-DC :

  •  AHO-AC sumber tegangan lampu depan berasal dari spul lampu motor,motor2 yg menganut AHO-AC antara lain :mio-j , soul-gt , mio-gt , NVL ,beat-fi ,spacy-fi ,dll
  • AHO-DC sumber tegangan lampu depan berasal dari aki , motor2 yg menganut AHO-DC antara lain : vario125 , cb150r , allnew cbr150 , cbr250 ,ninja250 , dll

  mohon koreksinya jika contoh2 motor diatas salah😀

 sebenarnya sistem AC maupun DC nantinya tidak jadi masalah kalo nantinya pengen di matikan, asalkan kita tahu kabel mana yg harus di potong,nah agar tahu kabel mana yg harus di potong silahkan lihat gambar skema aho modifikasi dibawah ini :

cara termudah dalam mematikan fungsi aho adalah dg memotong kabel supplay – (ground) yg terhubung pada lampu,untuk warna kabelnya ,yamaha & kawasaki =hitam ,honda = hijau tua (awas kliru kabel hijau muda karena hijau muda = bel),nah potongan kabel tadi dapat di hubungkan dg sklar tambahan yg letaknya dapat anda tentukan sendiri ,contoh beberapa type saklar yg bisa digunakan :

rockerswitch togelswitch

rocker switch dan toggle switch

yg perlu di ingat adalah rating arus yg bisa di handel oleh saklar tersebut,contoh :lampu depan motor = 35W 12V maka rating arus untuk saklarnya adalah I(arus/rating saklar) = P (daya lampu) / V (tegangan lampu) jadi rating saklar = 35 / 12 = 2,916 dibulatkan menjadi 3A ,nah sebisa mungkin saklar yg anda gunakan lebih besar dari kalkulasi diatas (5 A misalnya) agar saklar yg anda gunakan lebih awet

jika dirasa penambahan saklar seperti cara diatas kurang praktis karena musti ngebor / melobangi body motor kesayangan anda , maka anda dapat menggunakan cara ke 2 dibawah ini :

sistem ini menggunakan relay 8 pin untuk menggantikan saklar manual untuk memutus supplay –  dari lampu utama , seperti yg terlihat pada gambar koneksi kabelnya antara lain: sumber tegangan dc = kabel dari kontak motor (honda = hitam/merah strip hitam , yamaha = cokelat) , dan untuk pemicunya dapat diambil dari sumber tegangan sementara seperti : bel , sein ,rem

relay12v  

kelebihan dari sistem ini adalah anda dapat menggunakan hampir semua saklar yg ada di stang (kecuali saklar dimmer) sebagai pemicu lampu depannya , contoh :anda dapat menyambung kabel pemicu ke bel / sein /rem maka sebelum tombol pemicu di pencet maka lampu depan tidak akan menyala,cukup sekali di pencet maka lampu langsung terus menyala dan untuk mematikannya anda harus mematikan kontak motor anda tentunya😀

tips : jangan lupa waktu membeli relay 8 pinnya cek tegangan kerja dan rating arus relaynya,tegangan coil relay = 12v rating arusnya >5A , harga relay ga nyampe 35rb

nah cukup mudah dan murah bukan ,and last sekali lagi saya tidak bertanggung jawab atas garansi motor anda setelah modifikasi ini dan mohon maaf karena cuma honda , yamaha dan kawasaki yg bisa saya berikan contohnya karena ga pernah dapet garapan suzuki jeeeeee😀

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in aho, diy, lampu depan, mengenal, motor, tips. Bookmark the permalink.

120 Responses to [DIY] mematikan fungsi AHO pada motor

  1. son says:

    kalau untuk honda new blade 125 FI, apakah bisa matiin semua lampunya mas,(lampu utama+senja + belakang),..dan kabelnya warna apa mas ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s