Assalamu’alaikum wr wb …..
Halo semua…. lama ga bikin artikel jadi rada kangen juga sama blog yg rada ga keurus ini 😆
Topik kali ini kita bakal membahas mesin operbore (overbore)…. Yg salah satu mitosnya “gampang rusak” ….bener ga sehhhhh …… apa hal memang sebuah fakta atau isu belaka….mari kita kupas setajam singlet #ngoahahahahahaha
Jika mengacu pada teori motor bakar memang mesin over bore memiliki kecepatan piston yg lebih cepat dibanding dg mesin yg bertypical over stroke hal ini karena langkah kerjanya yg memang pendek….serta dg diameter piston yg lebih besar mengakibatkan panas berlebih pada silinder dan meyebabkan umur jeroan menjadi pendak ……..namun apakah hal ini dapat menjadi bukti bahwa mesin overbore cepat rusak?????
Weitssss entar duluuuuu….coba diingat-ingat lagi motor2 tua honda rata2 bertipikal over bore sebut aja generasi CB-GL dan mesin C-series macam C70 sampai C100 semuanya overbore dan semuanya ga ada yg cepat rusak…..cepet jelek iya 😆 …..lalu salah dong teori diatas????
Nggak juga ……teori diatas kalo overbore cepat rusak itu ada syaratnya….syaratnya adalah kalo mesin overbore sering dibawa pada kondisi redline secara terus-menerus … wich is imposible kalo hanya dipake harian dan bukan dalam kondisi racing….. coba bro dan sist disini pasang tachometer di motor sampeyan dan lihat berapa kali rpm sampeyan nyundul di red line????
Jawabannya….jarang buangetttttttssssssss kalo pun nyundul redline paling bentar aja dan psti langsung dioper…tull gaaaaa?????? Makanya di mesin2 yg mampu berkitir lebih di sistem pengapiannya selalu diberi limiter namun kenyataannya mesin GL atau tiger dg kondisi load dan melaju ga bakalan bisa masuk 12rb rpm saat top gear saat kondisi sutandar pabrik……hehehehehe 😀
Pabrikan motor bukan tidak mengetahui hal ini namun mereka justru melakukan pencegahan dg memberikan limiter di mesin2 mereka….tujuannya jelas motor standar harus awet juga irit….walau kadang kita sendiri ga puas dg performa standar dan berupaya buat menaikkan performance dg dikorek dan inilah yg membuat mesin2 itu bekerja melebihi batas dan menyebabkan cepat rusak
Nah sudah jelas to…..kenapa overbore cepat rusak itu Cuma mitos aja…… semoga berguna …ga usah gontok2an….. noh sebagai bonus mesin oper struk ane bisa 160km/jam dg gigi netral!!! bayangkan kalo entu mesin masuk gigi 4 😆 😆 …..sekian dan salam ngakak ehhhhh salam DIY
iyaa gannn yang bilang gitu mah orang awam
http://nivikoko.com/2014/05/26/lagi-lagi-gagal-modifikasi-undertail-di-nvl-akhirnya-bongkar-lagi/
nek sering gagal gowoen nang omah ae lho tak modip e….. pengen dadi r15 lho iso 😆
temenan kang??????????????? TKP mana TKP????? hehehehe
Ds.gebang malang rt05 rw02 …tekon kang mupenk noh yg biasa nang omah…
nek kang wenda ojo ditakon,hal mustahil jd kenyataan…
serem lho asline kang wenda
wah jos iki, ijin nyimak suhu 😀
ngihhh matur suwun kang ….xixixixixixi 😀
ayo di bc
Ayo…. rabu ben harga turun … sopo ngerti regone dadi 3jutaan 😆
siap juooos mbah
Pertamax nggeh 😆
Sory kang sampeyan nomer 2
Kalah karo juragan pertamax kang huda
Iyo’e kalah cepet koneksi tibak’e
tul, contohnya megison,, masak 5 tahun baru 26 000 km
Pan…megisonmu spidone muter balik nang 0 ping piro? 😆
Oper bore ki opo lik..??
nubis super tenan ki..
Semacam panganan dari tepung beras di kasih gula merah diatasnya 😆
lha koq gigi starterku protol..? crankcase jebol…
piye ,jal..? 😉
Nasib nek kuwi pakde….biasane tergantung amal ibadah nek kuwi pak 😆
Athooh…
Seng penting kan kuat ngragati ae, heheheh 😉
http://potretbikers.com/2014/05/26/bakso-pentol-jumbo-sedati-agung-sda/
Pokoke njoged sik kang .asekkk
ojo lali oplosane,om…hahaha 😆
asal jangan stroke aja om, bisa lumpuh sebagian 😳
Hahahaha 😀
wahhh.. iki, overbore karo overpret ki podho ra lik?
Sik enek hubungan dulur yoan…soale sing operbor biasane operpret…wkwkwk… nek ga ngunu operbor murah gampang rompal #ngoahahahahaha 😆
wakakakakakak.. mulai BC sajak’e 😀
seng mpenting jo oper dosis 😆
Oper kridit juga boleh
owhh ngunu a lek 😀
iyo paleng 😆
C100 n cb100 tipe Square om.
Awet enggaknya mesin motor banyak pengaruhnya. Terutama pelumasan.
Tiger pun aslinya hampir square… namun borenya tetap lebih besar walau 0,5mm hehehehehe
luwih pinter insinyure opo pemakainya..?
Luweh pinter sing ngoprek 😀
sing ngopek setara insinyur kok..
walah koq keno sambel terasi kang?
pengen awet spanjang masa?
pake tuh mtr dbwh rpm 4rb,,,dijamin uaaweetttt reekkk
Dikemuli wae nang kamar 😆
Sangat bermanfaat,
Nice blog