MESIN OVERBORE CEPAT RUSAK!!!! AH CUMA MITOS

20121220-BEDAHmesinCB150R-1

Assalamu’alaikum wr wb …..

Halo semua…. lama ga bikin artikel jadi rada kangen juga sama blog yg rada ga keurus ini 😆

Topik kali ini kita bakal membahas mesin operbore (overbore)…. Yg salah satu mitosnya “gampang rusak” ….bener ga sehhhhh …… apa hal memang sebuah fakta atau isu belaka….mari kita kupas setajam singlet #ngoahahahahahaha :mrgreen:

Jika mengacu pada teori motor bakar memang mesin over bore memiliki kecepatan piston yg lebih cepat dibanding dg mesin yg bertypical over stroke hal ini karena langkah kerjanya yg memang pendek….serta dg diameter piston yg lebih besar mengakibatkan panas berlebih pada silinder dan meyebabkan umur jeroan menjadi pendak ……..namun apakah hal ini dapat menjadi bukti bahwa mesin overbore cepat rusak?????

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Weitssss entar duluuuuu….coba diingat-ingat lagi motor2 tua honda rata2 bertipikal over bore sebut aja generasi CB-GL dan mesin C-series macam C70 sampai C100 semuanya overbore dan semuanya ga ada yg cepat rusak…..cepet jelek iya 😆 …..lalu salah dong teori diatas????

IMG_0671 8487850311_752a54e36a_m

Nggak juga ……teori diatas kalo overbore cepat rusak itu ada syaratnya….syaratnya adalah kalo mesin overbore sering dibawa pada kondisi redline secara terus-menerus … wich is imposible kalo hanya dipake harian dan bukan dalam kondisi racing….. coba bro dan sist disini pasang tachometer di motor sampeyan dan lihat berapa kali rpm sampeyan nyundul di red line????

rpm-gauge

Jawabannya….jarang buangetttttttssssssss kalo pun nyundul redline paling bentar aja dan psti langsung dioper…tull gaaaaa?????? Makanya di mesin2 yg mampu berkitir lebih di sistem pengapiannya selalu diberi limiter namun kenyataannya mesin GL atau tiger dg kondisi load dan melaju ga bakalan bisa masuk 12rb rpm saat top gear saat kondisi sutandar pabrik……hehehehehe 😀

Pabrikan motor bukan tidak mengetahui hal ini namun mereka justru melakukan pencegahan dg memberikan limiter di mesin2 mereka….tujuannya jelas motor standar harus awet juga irit….walau kadang kita sendiri ga puas dg performa standar dan berupaya buat menaikkan performance dg dikorek dan inilah yg membuat mesin2 itu bekerja melebihi batas dan menyebabkan cepat rusak

Nah sudah jelas to…..kenapa overbore cepat rusak itu Cuma mitos aja…… semoga berguna …ga usah gontok2an….. noh sebagai bonus mesin oper struk ane bisa 160km/jam dg gigi  netral!!!  bayangkan kalo entu mesin masuk gigi 4 😆 😆 …..sekian dan salam ngakak ehhhhh salam DIY

IMG_20140406_082639

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in diy, injeksi, kelistriksn, mengenal, mesin, motor, overbore, tips, Uncategorized. Bookmark the permalink.

42 Responses to MESIN OVERBORE CEPAT RUSAK!!!! AH CUMA MITOS

  1. wah jos iki, ijin nyimak suhu 😀

  2. Mupenk says:

    Pertamax nggeh 😆

  3. ipanase says:

    tul, contohnya megison,, masak 5 tahun baru 26 000 km

  4. MazPed says:

    Oper bore ki opo lik..??
    nubis super tenan ki..

  5. Mas Sayur says:

    lha koq gigi starterku protol..? crankcase jebol…
    piye ,jal..? 😉

  6. potretbikers says:

    Seng penting kan kuat ngragati ae, heheheh 😉

    Bakso pentol Jumbo, Sedati Agung – SDA!!

  7. Om Gasat! says:

    asal jangan stroke aja om, bisa lumpuh sebagian 😳

  8. Plat-R says:

    wahhh.. iki, overbore karo overpret ki podho ra lik?

  9. dhanicsetio says:

    seng mpenting jo oper dosis 😆

  10. kenthoet says:

    owhh ngunu a lek 😀

  11. ricky says:

    C100 n cb100 tipe Square om.
    Awet enggaknya mesin motor banyak pengaruhnya. Terutama pelumasan.

  12. ridertua says:

    luwih pinter insinyure opo pemakainya..?

  13. ninja150ss says:

    walah koq keno sambel terasi kang?

  14. ninja150ss says:

    pengen awet spanjang masa?
    pake tuh mtr dbwh rpm 4rb,,,dijamin uaaweetttt reekkk

  15. ㈠aba $ema$a says:

    Sangat bermanfaat,
    Nice blog

Leave a comment