hallo semua…. 😀 ,posting perdana nich setelah lebaran…..#lebay.com…..hehehehehehehe
Ok seperti judul postingan hari ini kita akan membahas perlu ga sih setting altitude saat kita mo naik gunung ?, nah postingan ini lebih spesifik buat motor2 yg memang altitude nya bisa disetting seperti VARIO 125 , buat motor2 laen kayaknya no problem dech ,maklum motor yg satu ini kan “KATANYA” pake injeksi abal2 dan pake setelan obeng beda dg yg laen,wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk
nah ceritanya nich acara testing yg satu ini sebenarnya tidak saya rencanakan sama sekali , awalnya sepulang dari jember sempat nongkrong di warung di daerah probolinggo sambil nungguin macet,maklum macetnya lumayan parah 😀 , akhirnya saya nekat aja pulang ke mojokerto lewat bromo sekalian pengen ngetes si WTF kuat ga disiksa nanjak ke bromo
dan tidak disangka dg bobot saya yg 80kg dan motor yg totally standart (ga full std sich) bisa masbro/mbaksis nanjak kebromo..asekkkkkkkk
mancep nang lautan pasir
berikut spek modifikasi dari motor saya:
- modif roller jadi 14gr
- ganti per CVT beat
- busi cr8x platinum
- bensin premium
- berat pengendara 80kg belum termasuk barang bawaan
- setelan klep in=0.12mm ex=0.26mm
- mode altitude =standart setting di mode1
menurut wikipedia disini ,ketinggian dari gunung bromo adalah 2.392 meter diatas permukaan laut,nah menurut buku pedoman reparasi dari vario125 yg saya baca menyebutkan bahwa mode1 dari seting altitude berlaku maksimal di ketinggian 1000m dpl ,lha kok bisa nich motor mampu melaju tanpa kendala sama sekali, bahkan nanjak di penanjakan yg sangat tinggi itu masih mampu melaju 40km/jam
nah yg ada pertanyaan nich,
1.apa sich perbedaan setting antara mode1-2-dan3?
2.kenapa hanya dg mode1 motor masih bisa jalan sampai ketinggian >2000mdpl?
untuk jawaban pertanyaan 1 masih coba saya selidiki (tanpa bukti kuat dan hanya menggunakan praduga apalagi pake “katanya”adalah = HOAX bagi saya)
nah jawaban buat pertanyaan ke2, injeksi dan karbu sama saja bahkan menurut saya motor dg teknologi injeksi (apapun merek dan sistemnya) tetaplah terbaik karena bensin disemprotkan secara paksa ke ruang bakar sehingga power mesin seolah2 dipaksa untuk terus keluar,beda dg karbu yg pengabutan bahan bakarnya masih tergantung naik-turun piston ,tahu sendiri jika mesin karbu dipaksa melebihi kemampuan powernya pasti bakalan ngokkkkkk……….dan mati……..,nah hal ini terbukti dalam kasus ini meskipun settingan tetap di mode1 ternyata motor tetap dapat naik
nah untuk jawaban pertanyaan 1 ,tunggu artikel saya selanjutnya,sementara kunyah…kunyah poto yg ada dulu (koyo gayane bang haji taufik TMCblog)
sip tu bisa naik ke bromo 😀 ….
tambahan kang : selain bahan bakar yang di semprotkan … motor injeksi juga terbilang lebih canggih,, soalnya sudah memakai sistem komputeris,, katae orang.. 😀 . ingat injeksi dulunya pertama kali diterapkan pada pesawat lohh….
yaaaa pake katane 😀
betul tuch apapun sistemnya , motor injeksi memang lebih canggih dari karbu 😀
tetapi bang n rekkk,,, cangih sih canggih tapi kalo menurut ku buat nanjak tetep karbu deh,
barusan saya naik bromo dan perang di lautan pasir bersama supri 100cc istri berat 78 kg, saya 67 kg barang 6,5 kg.
pertama-tama emanag waktu naik dari bromo mereka nyalip n ngebut didepan ku…
begitu menyebrangi lautan pasir dari cemoro lawang yang menuju view poit (Penanjakan) mereka banyak yang istirahat bahkan ada yang jebol.
kalo motor ane masalahnya ada pada jalan nanjak yang mau ke penanjakan. karena beban terlalu berat bagi motor gua jadi istri saya suruh jalan duluan setelah tidak menajak baru naik lagi begitu bergantian!
Mungkin abang ini motornya lom di ajak menanjak dari lautan pasir k penanjakan yahhh,,,, karena beban di lautan pasir cukup sulit jika kemarau, terus di tambah menanjak pula.
Salam Posting blog: EZA cak3eep
ohh yaw menambahi, saya ke bromo tgl 12 oktober 2013 dan pulang tgl 13 oktober 2013 minggu jam 12 an turun, akan tetapi sesampai di tosari arah turun dari cemaro lawang saya ketemu Vixion standart buanget keluaran kira2x th 2011-2012 di salip tetapi si vixion itu dlm keadaan meluncur turun tak berbunyi suara motornya (ya,,,, udah lahhh mungkin lagi ngirit bensin saat pulang paling_itu celetus ku kerena sempat jengkel akibat dia gak klaksonn, gak ngerep asal nyonong ae lan mepet.)
ehh ternyata si dia lagi di dorong ama motor yang belakang nya ketika ada jalanan naik, wakwkwkwkwkwkwk
tapi ada juga cehhh yang mogok pula akibat selesai menyebrangi lautan pasir BEAT 2013 pgmfi ketika menajaki perbukitan jalan menuju penanjakan ehh mogok pula sempat aku tanya karena ngadat wakwkwkwkwkwk.
kalo musim hujan okelah bnyak yang bisa melewati lautan pasir.
saya ke bromo itu naiknya lewat probolinggo (dari jember) turun ke lautan pasir ya lewat cemoro lawang pulangnya naik ke penanjakan-wonokitri-nongkojajar-porwodadi masbro
note:berat saya 80kg dg beban bawaan sebesar 5kg
Jozz
ajibbbbbb
juoss..
beda vbelt beat ama vario125 apa kang?
vbelt vario125 lebih panjang daripada vbelt beat
Harganya juga beda ya bang…wkwkwkwkwk
wuih mantep pario nya 😀
mantabbbbb 😀 dan bisa ngasepin vixion di penanjakan ,hehehehehehehehehe 😀
maklum yg bawa pikson ga tahu kali trik biar bisa nanjak 😀
lha nek spacy perlu disettig sperti itu juga ndak mas eko kalau mau naik gunung?
langsung kebut aja masbro ,tapi ada baiknya setelan klep dibuat agak longgar dari setelan setandart
spacy kalo ga salah setelan klepnya in=0.10mm ex=0.10mm jadikan in=0.12mm ex =0.15-0.17mm dijamin maknyussssss
sip mas 🙂
kemlethek dong..kyk hujan gerimis di atas genteng 😉 *ngumpet ah… 😀
heheheheh nggak duoooooooooongggg
nich pario saya aman2 saja pakdhe 😀
Jare arek2 semakin kemlithik semakin asyikkk…
hasyah opo kui 😀
jadi pengen nyoba vario ke bromo 🙂
monggo masbro , beat aja kuat kok boncengan malah
wah..nekat tenan peno,cak… 😀
http://bakulkangkungjpr1.com/2013/08/30/this-is-jayapurathe-dream-land/
nekatersss pakdhe
nek ga nekat ga aseeekkkk
proyektornya keren
ga pake proyektor masbro cuma pake ae (angel ayes) doang
ehh sampean ini ada hubungan apa sama wijaya3 a.k.a emasyayang 😀
hehe… beda mas bro… saya ga ada hubunganny.. kalo saya kan marganya Kusuma Wijaya.. hehe
josssssss vario ne lek 😀 ,,, lha mio ku nang cangar ae ngeden hahahaha 😀
kalo naik dari probolinggo malah ga terlalu nanjak,masih lebih nanjak cangar , beda lagi kalo dari purwodadi-nongkojajar lebih nanjak
Mau nanya mas bro, punyaku beat fi. Aku pengen ganti (atau nyoba dulu) per kopling yg lbh lembek dikit, biar enak buat nyantai aja, ga menghentak, trus juga biar ga gampang los kalo di turunan pd kecepatan pelan. Pertanyaannya, kira2 ganti per kopling punya apa? Trus efek nya apa? Misal jd cepet rusak kah? Trmksh.
pake punyane vario110 masbro , sekalian lobang rollernya di kasih peloran dan dilem biar agak berat
Jaketnya merek apa sih penasarin saya! banyak yang trailan juga pastinya kan kang?
jaket= FLM ,kalo celana pake AXO
Keren nih hasil modifikasinya.
matur suwun
Oh biar nambah berat roller nya ya?? Tp buat nanjak jd aga berat kali ya he
iya masbro , resiko roller berat
sama kayak gir diperkecil , akselerasi lemot top spit dapet
Oia, vario 110 yg pertama atw yg ke2? Atau emang sama?
vario mmc dan vario techno 110 sama persis masbro mesinnya , kalo vario125 udah beda , malah vario125 mesinnya mirip sama pcx
sangar lek, aku yo pngen rono, ajak2 yo
sekalian inreyen NVL?
wkwkkwkkww, josss kui v125 2 v ne
hehehehehe , sebenarnya pengen membuktikan dan memberi edukasi bahwa tanpa setting altitude pun vario sanggup nanjak sampai >2000mdpl
jossssssssssssssssssssssssssss
Wah warna Varionya kayak punyaku.
Berat orangnya juga hampir sama, saya lebih enteng 1 kg.
Kalo pengamatan saya, sama dgn kata mas Eko, injeksi maupun karbu bisa koq naik ke gunung tanpa altitude setting lebih dulu. Lha saya liat banyak motor injeksi maupun karbu (termasuk Scorpio saya) yg naik ke Cemoro Sewu, Puncak, Tangkuban Parahu, lancar2 aja tuh.
Tapi performanya nggak bakal 100%, yaa secara teori mesti turun lah. Khan jumlah oksigen untuk pembakaran akan berkurang krn kerapatan udaranya berkurang.
Kalo di mesin diesel generating set, jelas2 disebutkan bahwa kalo di altitude tertentu, power mesin akan turun (ada tabelnya, kalo ketinggian sekian powernya tinggal sekian).
Kalo di gas turbine, turunnya power krn pengaruh altitude malah lebih significant lagi.
Nah di motor, yg menggunakan internal combustion, mestinya sama.
nah lho apa gara2 nama kita sama2 eko jadi belinya vario serupa ,hehehehehehehehehe
betul tuch pak memang di tempat yg lebih tinggi pasokan oksigen pasti menurun makanya paling enak kalo pake motor/mesin dg teknologi injeksi ,secara otomatis bahan bakar akan menyesuaikan kondisi lingkungan
meskipun vario tanpa map sensor namun vario dibekal sistem injeksi closed loop(pake o2 sensor) yg memungkinkan fuel adjusment mapping jika campuran bbm mengalami perubahan pada kondisi dan beban kendaraan tertentu
mas ajarin cara seting altitude,kalau ada sekalian videonya.
suwun
on progress ,alias lagi uplot ke youtube pideonya 😀 ditunggu aja artikelnya
Naek gunung ttp joss#pengalaman di Lumajang pake vixion#
sippp 😀
nggak ngerti tentang motor, masbro -__-
tapi fotonya keren2 bangettt….. *nggak pernah naik gunung,hehe
**Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/akibat-benturan-kepala_27.html
matur suwun mbak’e sing ayu dhewe
Aku kok gak nate di panggil mbak ayu ki piye tho… 😦
Inggih mbak’e sing ayu deweeee
matur suwun mas ,tak tunggu videonya.
sipp
wah iso disetting maneh yo ba’e…
(ngremus poto)
kriuk…kriuk… 😀
disetting lagi? bisa dongg kan ada 3 pilihan mode untuk altitude
mode 1 untuk ketinggian 3000 mdpl
masalahnya ada nggak gunung setinggi 3000mdpl yg masih bisa di naiki pake matik ?
mas sdh ada videonya?judul?
suwun
blom masbro , ternyata saya baru tahu kalo youtube mintanya file video format flv , kalo avi masih nunggu untuk diconvert oleh servernya,dan itu yg bikin luamaaaaaa dapet linknya 😦 ,trpaksa manual covertnya dan setelah diconvert dilalah gambar jadi agak gelap jadinya proses pengambilan gambar saya ulang lagi
#wuasemmmmmbbbb :tepok jidat:
maknyus
nggeh masbro 😀
Vario 125 memang banyak keluhan, cuma yg ngeluh kebanyakan malah fansboy sebelah yg notabene nggak pakai. Soal ngorok, nggak brisik banget kok. Soal ndut2an, sekali ganti tipe busi beres, itu juga dikasih gratis. Soal setting altitude, belum pernah setting, enak2 saja dari pantai sampai pucuk gunung.
achh saya sich ga ngurusi yg begituan 😀 ,pokok’e beli-pake-beres
moto saya “masalah ada untuk diselesaikan dan bukan dicaci maki”
that’s all
masalah ngorok “it’s just a sound ,ga ada pengaruhnya ke performa” ganti kipas pcx/vario old beres
mbrebet tinggal ganti busi , nah sepengetahuan saya sejak vario keluaran november 2012 udah ga mbrebet ,pengalaman motor teman2 saya termasuk saya sendiri (punya saya desember 2012) cuma kemaren saya ganti arena mau perjalanan jauh takut ada apa2 soalnya km sudah menginjak 8000++ dan masih idup businya
masalah altitude-sudah saya buktikan dg mode 1 bisa naik ke bromo tanpa masalah,meskipun ada perubahan spek mesin namun tidaklah terlalu extreme
soo…. my suggestion “buy what ever you wont and deal with it” terima juga konsekuensinya
Masalahnya paling tinggal bodi getar, gara2 tutup aki selalu dibuka tiap servis. Ini bengkelnya kurang kerjaan, wong nggak ada keluhan. Terus cantolan helm yg terlalu masuk. Jadi pinjam kawat gantungan punya supra helm in biar bisa cantolin helm. Sama pingin pasang hid, tapi masih ragu2 sama daya tahannya.
kalo HID walaupun banyak yg rekomen bisa ga tekor,tapi saya kok ragu
secara daya input inverter bisa nyampe 6A saat starting dan 3.5-4A saat sudah menyala dan karena lampu utama vario 125 ada2 maka daya ini =7-8A konstant!!!!
sedangkan aki cuma 5A tekor dong 😦
pake yg 18 w aja bro….:p….btw emang vario 125 oke2 aja dipake buat ke bromo kok….mantap dechhh
pengaruh adanya O2 sensor kah?
verza ku berarti aman kalau mau naik ke bromo :D. tapi kapan ya…. ❓
kapan2
kaya lagunya koes plus
Mas, aku ngko rencana e arep munggah bromo, setting no ya :p, nek pengen melu y gpp.. hehehe
wis tak setting ngunu lho wingi,kari munggah thok
nek awakmu wani 😀
hai all…salam kenal ane rengga dari kawasan bromo…. ane juga pake vario 125… selama ini nggak ada masalah pakek vario 125.. ane juga g pernah setting altitude … kalau temen2 ke bromo mampir ya….
bloh juga kalo ada waktu masbro…. 😀
naik sih naik, tapi mungkin gak akan semaksimal jika seting altitude,
toh pabrik udah ada datanya di tiap setingan.
terasa enak nanjak itu juga karena udah cc besar dan mungkin aja udah dimodif.
jangankan vario 125, pake motor 100cc juga banyak yg bisa sampe penanjakan. ane sering lihat anak2 ABG pake motor supra fit, vega r 102cc dll juga bisa sampe sana. bahkan ada yg boncengan juga.
ke penanjakan itu yg penting trik bawa motornya, bawa vixi/tigerpun kalo gak bisa trik ya bisa kagok
sing penting sampe bromo pak……hahahahahahahah 😀
ternyata, kemampuan vario diluar dugaan ya masbro..
salut buat AHM, produksi motor yang sangat tangguh..
yoi masbro tapi bodnya ampunnnn dechhhhh tipizzzzzzz 😆
resiko motor value seabreg harga minim :tepok jidat:
jian mantep tenan pario ne
mosooooooooookkkkkkkkkkkk
bukannya paspampres lebih mantabbb masbro ehhh#
kaborrrrrrrrrrrr
hmmmmmm……
#njipuk boto dibalangke pario
weitsssssssssssssss
ditangkis pake tameng silihan soko captain america
wakakkakakkkkk ono2 wae
saya punya suzi hayate 125 gan, enak jg di ajak nanjak ke bromo lewat tumpang, dengan kondisi boncengan dengan teman yg berbadan beruang jg, bobot saya sendiri cm 75 kg
hayate memang maknyus mas , cuma agak repot nyari sparepartnya disini (di mojokerto) 😀
Mas bro…
Koq g mampir lgi tu sttus powerbankª…
Lagi repot masbro 😀
brat
merubah kelistrikan dari ac ke dc mahal gak seh?
ga juga cuma butuh kiprok tiger/mp aja trus donlot wiringnya tiger aja buat panduan
ooo
gw tanya2 di kaskus sekitar 275rb an…
beneran gak ya?
kalo lihat het ya memang segitu
itu yg ori .yg imitasi cuma 45-80ribu
gw mau tanya ni,kata orang yang sudah makai,new supra x 125 injeksi tidak kuat nanjak kalau boncengan ?.dan mana yang lebih bagus new spra x 125 injeksi dg new blade 125 ijeksi pada daerah yang banyak tanjakan ? trims.
Sama aja kang… kan basic mesin sama aja… coba gear belakang naikkan 2mata biar rada ringan
aku mbiyen kuat koq ke bromo numpak L300 wakakakak….
Wakakakak… aku mbiyen numpak win tahun 97-98 an
Woohh…motor roso kui