PERLUKAH SETTING ALTITUDE SAAT NAIK GUNUNG?

06

hallo semua…. 😀 ,posting perdana nich setelah lebaran…..#lebay.com…..hehehehehehehe

Ok seperti judul postingan hari ini kita akan membahas perlu ga sih setting altitude saat kita mo naik gunung ?, nah postingan ini lebih spesifik buat motor2 yg memang altitude nya bisa disetting seperti VARIO 125 , buat motor2 laen kayaknya no problem dech ,maklum motor yg satu ini kan “KATANYA” pake injeksi abal2 dan pake setelan obeng beda dg yg laen,wkwkwkwkwkwkwkwkwkwk :mrgreen:

nah ceritanya nich acara testing yg satu ini sebenarnya tidak saya rencanakan sama sekali , awalnya sepulang dari jember sempat nongkrong di warung di daerah probolinggo sambil nungguin macet,maklum macetnya lumayan parah 😀 , akhirnya saya nekat aja pulang ke mojokerto lewat bromo sekalian pengen ngetes si WTF kuat ga disiksa nanjak ke bromo

dan tidak disangka dg bobot saya yg 80kg dan motor yg totally standart (ga full std sich) bisa masbro/mbaksis nanjak kebromo..asekkkkkkkk

14 12

mancep nang lautan pasir

berikut spek modifikasi dari motor saya:

  • modif roller jadi 14gr
  • ganti per CVT beat
  • busi cr8x platinum
  • bensin premium
  • berat pengendara 80kg belum termasuk barang bawaan
  • setelan klep in=0.12mm ex=0.26mm
  • mode altitude =standart setting di mode1

menurut wikipedia disini ,ketinggian dari gunung bromo adalah 2.392 meter diatas permukaan laut,nah menurut buku pedoman reparasi dari vario125 yg saya baca menyebutkan bahwa mode1 dari seting altitude berlaku maksimal di ketinggian 1000m dpl ,lha kok bisa nich motor mampu melaju tanpa kendala sama sekali, bahkan nanjak di penanjakan yg sangat tinggi itu masih mampu melaju 40km/jam

nah yg ada pertanyaan nich,

1.apa sich perbedaan setting antara mode1-2-dan3?

2.kenapa hanya dg mode1 motor masih bisa jalan sampai ketinggian >2000mdpl?

untuk jawaban pertanyaan 1 masih coba saya selidiki (tanpa bukti kuat dan hanya menggunakan praduga apalagi pake “katanya”adalah = HOAX bagi saya)

nah jawaban buat pertanyaan ke2, injeksi dan karbu sama saja bahkan menurut saya motor dg teknologi injeksi (apapun merek dan sistemnya) tetaplah terbaik karena bensin disemprotkan secara paksa ke ruang bakar sehingga power mesin seolah2 dipaksa untuk terus keluar,beda dg karbu yg pengabutan bahan bakarnya masih tergantung naik-turun piston ,tahu sendiri jika mesin karbu dipaksa melebihi kemampuan powernya pasti bakalan ngokkkkkk……….dan mati……..,nah hal ini terbukti dalam kasus ini meskipun settingan tetap di mode1 ternyata motor tetap dapat naik

nah untuk jawaban pertanyaan 1 ,tunggu artikel saya selanjutnya,sementara kunyah…kunyah poto yg ada dulu (koyo gayane bang haji taufik TMCblog) :mrgreen:

21 18 15 14 12 11 10 08 06 03

 

 

 

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in bromo, jalan2, lautan pasir, motor, pasuruan, probolinggo, vario125. Bookmark the permalink.

94 Responses to PERLUKAH SETTING ALTITUDE SAAT NAIK GUNUNG?

  1. cicakdindingkreatip says:

    sip tu bisa naik ke bromo 😀 ….
    tambahan kang : selain bahan bakar yang di semprotkan … motor injeksi juga terbilang lebih canggih,, soalnya sudah memakai sistem komputeris,, katae orang.. 😀 . ingat injeksi dulunya pertama kali diterapkan pada pesawat lohh….

    YMMF “Yamaha Mio Music Fest…” Kompetisi music yang patut anda coba…!!!

    • ekomoker says:

      yaaaa pake katane 😀
      betul tuch apapun sistemnya , motor injeksi memang lebih canggih dari karbu 😀

    • eza says:

      tetapi bang n rekkk,,, cangih sih canggih tapi kalo menurut ku buat nanjak tetep karbu deh,

      barusan saya naik bromo dan perang di lautan pasir bersama supri 100cc istri berat 78 kg, saya 67 kg barang 6,5 kg.
      pertama-tama emanag waktu naik dari bromo mereka nyalip n ngebut didepan ku…
      begitu menyebrangi lautan pasir dari cemoro lawang yang menuju view poit (Penanjakan) mereka banyak yang istirahat bahkan ada yang jebol.

      kalo motor ane masalahnya ada pada jalan nanjak yang mau ke penanjakan. karena beban terlalu berat bagi motor gua jadi istri saya suruh jalan duluan setelah tidak menajak baru naik lagi begitu bergantian!

      Mungkin abang ini motornya lom di ajak menanjak dari lautan pasir k penanjakan yahhh,,,, karena beban di lautan pasir cukup sulit jika kemarau, terus di tambah menanjak pula.

      Salam Posting blog: EZA cak3eep

      • eza says:

        ohh yaw menambahi, saya ke bromo tgl 12 oktober 2013 dan pulang tgl 13 oktober 2013 minggu jam 12 an turun, akan tetapi sesampai di tosari arah turun dari cemaro lawang saya ketemu Vixion standart buanget keluaran kira2x th 2011-2012 di salip tetapi si vixion itu dlm keadaan meluncur turun tak berbunyi suara motornya (ya,,,, udah lahhh mungkin lagi ngirit bensin saat pulang paling_itu celetus ku kerena sempat jengkel akibat dia gak klaksonn, gak ngerep asal nyonong ae lan mepet.)

        ehh ternyata si dia lagi di dorong ama motor yang belakang nya ketika ada jalanan naik, wakwkwkwkwkwkwk

        tapi ada juga cehhh yang mogok pula akibat selesai menyebrangi lautan pasir BEAT 2013 pgmfi ketika menajaki perbukitan jalan menuju penanjakan ehh mogok pula sempat aku tanya karena ngadat wakwkwkwkwkwk.

        kalo musim hujan okelah bnyak yang bisa melewati lautan pasir.

      • ekomoker says:

        saya ke bromo itu naiknya lewat probolinggo (dari jember) turun ke lautan pasir ya lewat cemoro lawang pulangnya naik ke penanjakan-wonokitri-nongkojajar-porwodadi masbro
        note:berat saya 80kg dg beban bawaan sebesar 5kg

  2. Cah pekalongan says:

    Jozz

  3. sinjo says:

    juoss..
    beda vbelt beat ama vario125 apa kang?

  4. setia1heri says:

    wuih mantep pario nya 😀

  5. lha nek spacy perlu disettig sperti itu juga ndak mas eko kalau mau naik gunung?

    Mendadak Mekanik Gadungan Yang Memang Gadungan

  6. abdoe maggi says:

    jadi pengen nyoba vario ke bromo 🙂

  7. kenthoet says:

    josssssss vario ne lek 😀 ,,, lha mio ku nang cangar ae ngeden hahahaha 😀

  8. Uĵαηg Nυяđιη says:

    Mau nanya mas bro, punyaku beat fi. Aku pengen ganti (atau nyoba dulu) per kopling yg lbh lembek dikit, biar enak buat nyantai aja, ga menghentak, trus juga biar ga gampang los kalo di turunan pd kecepatan pelan. Pertanyaannya, kira2 ganti per kopling punya apa? Trus efek nya apa? Misal jd cepet rusak kah? Trmksh.

  9. Imam Sadikin says:

    Jaketnya merek apa sih penasarin saya! banyak yang trailan juga pastinya kan kang?

  10. Lira says:

    Keren nih hasil modifikasinya.

  11. Uĵαηg Nυяđιη says:

    Oh biar nambah berat roller nya ya?? Tp buat nanjak jd aga berat kali ya he

  12. Uĵαηg Nυяđιη says:

    Oia, vario 110 yg pertama atw yg ke2? Atau emang sama?

  13. ipanase says:

    sangar lek, aku yo pngen rono, ajak2 yo

  14. eko354 says:

    Wah warna Varionya kayak punyaku.
    Berat orangnya juga hampir sama, saya lebih enteng 1 kg.

    Kalo pengamatan saya, sama dgn kata mas Eko, injeksi maupun karbu bisa koq naik ke gunung tanpa altitude setting lebih dulu. Lha saya liat banyak motor injeksi maupun karbu (termasuk Scorpio saya) yg naik ke Cemoro Sewu, Puncak, Tangkuban Parahu, lancar2 aja tuh.

    Tapi performanya nggak bakal 100%, yaa secara teori mesti turun lah. Khan jumlah oksigen untuk pembakaran akan berkurang krn kerapatan udaranya berkurang.
    Kalo di mesin diesel generating set, jelas2 disebutkan bahwa kalo di altitude tertentu, power mesin akan turun (ada tabelnya, kalo ketinggian sekian powernya tinggal sekian).
    Kalo di gas turbine, turunnya power krn pengaruh altitude malah lebih significant lagi.
    Nah di motor, yg menggunakan internal combustion, mestinya sama.

    • ekomoker says:

      nah lho apa gara2 nama kita sama2 eko jadi belinya vario serupa ,hehehehehehehehehe :mrgreen:
      betul tuch pak memang di tempat yg lebih tinggi pasokan oksigen pasti menurun makanya paling enak kalo pake motor/mesin dg teknologi injeksi ,secara otomatis bahan bakar akan menyesuaikan kondisi lingkungan
      meskipun vario tanpa map sensor namun vario dibekal sistem injeksi closed loop(pake o2 sensor) yg memungkinkan fuel adjusment mapping jika campuran bbm mengalami perubahan pada kondisi dan beban kendaraan tertentu

  15. suratiyo says:

    mas ajarin cara seting altitude,kalau ada sekalian videonya.
    suwun

  16. wongndeso94 says:

    Naek gunung ttp joss#pengalaman di Lumajang pake vixion#

  17. avokadojuice says:

    nggak ngerti tentang motor, masbro -__-
    tapi fotonya keren2 bangettt….. *nggak pernah naik gunung,hehe

    **Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/akibat-benturan-kepala_27.html

  18. suratiyo says:

    matur suwun mas ,tak tunggu videonya.

  19. omanfaqod says:

    wah iso disetting maneh yo ba’e…
    (ngremus poto)

    • ekomoker says:

      kriuk…kriuk… 😀
      disetting lagi? bisa dongg kan ada 3 pilihan mode untuk altitude
      mode 1 untuk ketinggian 3000 mdpl
      masalahnya ada nggak gunung setinggi 3000mdpl yg masih bisa di naiki pake matik ? :mrgreen:

  20. suratiyo says:

    mas sdh ada videonya?judul?
    suwun

    • ekomoker says:

      blom masbro , ternyata saya baru tahu kalo youtube mintanya file video format flv , kalo avi masih nunggu untuk diconvert oleh servernya,dan itu yg bikin luamaaaaaa dapet linknya 😦 ,trpaksa manual covertnya dan setelah diconvert dilalah gambar jadi agak gelap jadinya proses pengambilan gambar saya ulang lagi
      #wuasemmmmmbbbb :tepok jidat:

  21. brigade jalan raya says:

    maknyus

  22. Joko says:

    Vario 125 memang banyak keluhan, cuma yg ngeluh kebanyakan malah fansboy sebelah yg notabene nggak pakai. Soal ngorok, nggak brisik banget kok. Soal ndut2an, sekali ganti tipe busi beres, itu juga dikasih gratis. Soal setting altitude, belum pernah setting, enak2 saja dari pantai sampai pucuk gunung.

    • ekomoker says:

      achh saya sich ga ngurusi yg begituan 😀 ,pokok’e beli-pake-beres
      moto saya “masalah ada untuk diselesaikan dan bukan dicaci maki”
      that’s all
      masalah ngorok “it’s just a sound ,ga ada pengaruhnya ke performa” ganti kipas pcx/vario old beres
      mbrebet tinggal ganti busi , nah sepengetahuan saya sejak vario keluaran november 2012 udah ga mbrebet ,pengalaman motor teman2 saya termasuk saya sendiri (punya saya desember 2012) cuma kemaren saya ganti arena mau perjalanan jauh takut ada apa2 soalnya km sudah menginjak 8000++ dan masih idup businya :mrgreen:
      masalah altitude-sudah saya buktikan dg mode 1 bisa naik ke bromo tanpa masalah,meskipun ada perubahan spek mesin namun tidaklah terlalu extreme
      soo…. my suggestion “buy what ever you wont and deal with it” terima juga konsekuensinya :mrgreen:

      • Joko says:

        Masalahnya paling tinggal bodi getar, gara2 tutup aki selalu dibuka tiap servis. Ini bengkelnya kurang kerjaan, wong nggak ada keluhan. Terus cantolan helm yg terlalu masuk. Jadi pinjam kawat gantungan punya supra helm in biar bisa cantolin helm. Sama pingin pasang hid, tapi masih ragu2 sama daya tahannya.

    • ekomoker says:

      kalo HID walaupun banyak yg rekomen bisa ga tekor,tapi saya kok ragu
      secara daya input inverter bisa nyampe 6A saat starting dan 3.5-4A saat sudah menyala dan karena lampu utama vario 125 ada2 maka daya ini =7-8A konstant!!!!
      sedangkan aki cuma 5A tekor dong 😦

  23. rusman says:

    pengaruh adanya O2 sensor kah?
    verza ku berarti aman kalau mau naik ke bromo :D. tapi kapan ya…. ❓ :mrgreen:

  24. syn212 says:

    Mas, aku ngko rencana e arep munggah bromo, setting no ya :p, nek pengen melu y gpp.. hehehe

  25. rengga eka says:

    hai all…salam kenal ane rengga dari kawasan bromo…. ane juga pake vario 125… selama ini nggak ada masalah pakek vario 125.. ane juga g pernah setting altitude … kalau temen2 ke bromo mampir ya….

  26. pak tarno says:

    naik sih naik, tapi mungkin gak akan semaksimal jika seting altitude,
    toh pabrik udah ada datanya di tiap setingan.
    terasa enak nanjak itu juga karena udah cc besar dan mungkin aja udah dimodif.
    jangankan vario 125, pake motor 100cc juga banyak yg bisa sampe penanjakan. ane sering lihat anak2 ABG pake motor supra fit, vega r 102cc dll juga bisa sampe sana. bahkan ada yg boncengan juga.
    ke penanjakan itu yg penting trik bawa motornya, bawa vixi/tigerpun kalo gak bisa trik ya bisa kagok

  27. koboy senior says:

    ternyata, kemampuan vario diluar dugaan ya masbro..
    salut buat AHM, produksi motor yang sangat tangguh..

  28. Mase says:

    jian mantep tenan pario ne

  29. arga says:

    saya punya suzi hayate 125 gan, enak jg di ajak nanjak ke bromo lewat tumpang, dengan kondisi boncengan dengan teman yg berbadan beruang jg, bobot saya sendiri cm 75 kg

  30. Joko says:

    Mas bro…
    Koq g mampir lgi tu sttus powerbankª…

  31. brat
    merubah kelistrikan dari ac ke dc mahal gak seh?

  32. son says:

    gw mau tanya ni,kata orang yang sudah makai,new supra x 125 injeksi tidak kuat nanjak kalau boncengan ?.dan mana yang lebih bagus new spra x 125 injeksi dg new blade 125 ijeksi pada daerah yang banyak tanjakan ? trims.

  33. Karis says:

    aku mbiyen kuat koq ke bromo numpak L300 wakakakak….

Leave a reply to suratiyo Cancel reply