[sharing] problem dan penyelesaian trouble vario 125

white-silver2

selamat pagi semuanya…. moga ga bosen2 yeee bahas vario 125 terus …maklum dech ane cuma punya mongtor matic ya cuma ini…arep di tjap FBH yo wes ben ngahaahahahahahahahaha

ok kali ini kita akan membahas beberapa problem yg sering dijumpai di motor matic vario 125 ini lengkap dg penyelesaiannya….ready….let’s start


dalam catatan saya setidaknya ada 4 problem yg sering ditemui di vario 125 antara lain:

  1. NGOROK ada yg bilang SNORING (boso endi manehhh iki😆 )
  2. MBREBET atau akselerasi tersendat di kecepatan >80km/jam
  3. AKSELERASI NGRENJEL….bahasa tehniknya ane kagak tahu:mrgreen: … saat mesin dingin dan berakselerasi diputaran rendah terasa mesin sedikit bergetar (orang jawa bilang ngrenjel)
  4. AKSELERASI LELET

nah kalo motor vario anda ga ada trouble seperti itu maka saya ucapkan selamat karena motor anda sempurna:mrgreen: tapi kalo ada gejala diatas maka berikut solusinya:

  • NGOROK:

yg punya vario 125 gen awal sebelum iss pasti mengalami hal ini tull nggak😀 ….

gejalanya adalah: setelah KM tertentu (punya ane mulai 350km) saat motor berjalan pada kecepatan 30-60 km ada suara ngorok disisi radiator

analisa suara: suara terjadi karena plastik sliding pieces yg berjumlah 3 biji aus (ketika motor baru sliding pieces ini rapat ketika menginjak km tertentu plastik ini aus) dan mengakibatkan getaran pada moveable drive face plate cover (ram plate) sehingga timbul suara ngorok… karena sisi puley tertutup cover suara ini merambat lewat askruk dan muncul disisi kipas radiator

CIMG0509

solusi : ganti kipas radiator dg punyanya PCX atau VARIO110 dan ganti plastik sliding pieces….. solusi lain buat yg nyari plastik sliding ga nemu2 .. lem aja bagian yg bersentuhan dg plat pake lem besi dan dirapikan serta pastikan ga sampai oblak lagi
note:harga kipas vario110 Rp15.000 dan kipas PCX Rp18.000 (kalo ga naek😆 ) , cara menganti kipas nya bisa lihat di artikel pak erte disini

  • mbrebet

sama ini juga problem klasik buat yg punya vario gen awal

gejala : kecepatan motor tersendat di kecepatan >80 km/jam

analisa : timing pengapian bermasalah

solusi:ganti busi (saya pake ngk platinum buat vixion walau motor saya ga ada gejala mbrebet) – set mode ke defalut pabrik di mode 1 dan bersihkan injektor dg cleaner

note: harga busi platinum Rp.25.000 (sekali lagi “kalo kagak naek:mrgreen: ) – setting mode 1 lihat artikel kemaren disini

  • akselerasi nggrenjel

nich saya kagak tahu bahasa tehniknya apaan:mrgreen: cuma keluhan ini sering saya dapati dari teman2 yg motornya telah berjalan >8000km atau pernah nanjak

gejala : saat mesin baru nyala dan mulai berjalan/ berakselerasi dari 10-30 km/jam terasa mesin sedikit bergetar kalo orang jawa bilang nggrenjel heheheheheheheheh

analisa : kampas kopling ganda slip

solusi : ganti kampas ganda ….watdepak holisit mongtor baru musti ganti kampas ganda!!!😆 mungkin anda pasti bilang geto….. ada solusi sesat murah meriah yg bisa dipake (ga pake biaya malah) yaitu dg membuat coakan/got di kampasnya pake gergaji seperti gambar dibawah

CIMG0508

note:hal ini sudah saya terapkan di semua vario 125 temen2 ane dan ga ada masalah selama ini dan yg jelas GRATISSSS:mrgreen:

  • dan yg terakhir yaitu LELET

masalah yg terakhir ini subyektif …. tapi dg berat bersih motor 112kg apalagi yg nunggang beratnya berlebih kayak ane:mrgreen: secara biasanya pake motor semprot gejala ini jadi problem

gejala : tarikan putaran bawah sedikit lambat (jika dibandingkan dg XEON )

analisa : bawaan orok😆

solusi : ganti per dg per racing variasi atau per std beat dan jika ga ada bisa pake per racing beat rpm 1000 atau per vario 110 rpm max 1500 ditambah pake roller skaywave yg 15gr / solusi sesat murah muriah roller asli dibor kayak motor ane:mrgreen:
CIMG0506 CIMG0507

note: artikel penggantiannya disini

that’s it semua problem sudah solved tinggal pilih, mau ganti parts baru atau pake solusi sesat murah meriah kayak ane atau bahkan ganti motor baru hheheheheheheh😀 semua terserah anda

selamat mencoba-semoga berguna dan salam sesat ehhhhhh salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in altitude, diy, DLC, injeksi, jalan2, mengenal, motor, news, setting, tips, vario125 and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to [sharing] problem dan penyelesaian trouble vario 125

  1. Mas Sayur says:

    rung duwe Pario….
    mben waenek wis etu sing satus seket sese… 😉

  2. mariodevan says:

    mantap joss… gandos

  3. dianabazz says:

    mantap dah artikelnya

  4. Mbak Snoopy says:

    Joss…iki yang ane tunggu….
    Makasih bang brotttt……… :-*
    hahahahahaha

  5. kenthoet says:

    sing mslah mbrebet , nek aq moco nang blog e Mazped kok sing d gnti intake manifold e lek? nggawe manifol vario 125 gen. trbaru .. soale ng gen trbaru smprotan injktor e lbih dkat k ruang bkar ?? cmiiw

    • ekomoker says:

      Memang beda antara vario125 sebelum dan sesudah iss … cuma herannya punyaku ga ada masalah sejak awal… padahal jelas2 sebelum iss… nah aku juga pernah kena keluhan seperti itu tak bersihkan injektor e sama ganti busi beres brot… trus ga kambuh lagi

  6. ibrahim says:

    Kalo pengin akselerasi n top
    speed nya dapt apa aja yng harus di ganti mas broo,,,,
    Tolong pnjelasanya mas bro eko,,,

  7. eko354 says:

    Wah telat mbukak artikele cak ekomoker.

    Vario ISS-ku problemnya no.3, akselerasi nggrenjel waktu start awal. Masih dingin maupun sudah panas sama. Diberisihin di AHASS masih sama. Akhirnya terima nasib aja, nggrenjel yo ben.

    Terimakasih solusinya, cak ekomoker, mau tak coba dulu. Kalo nggak berhasil nanti insya Allah tak ganti yg punya PCX aja (sama gak yaa?).

  8. yirz says:

    mas eko, vario 125 ku wes ganti roller TDR 15 gram karo ganti per cvt beat 1000 rpm plus kampas ganda tak gawe coakan garis2 persis kyo sampean. lah kok kcpatan 0-20 km/jm larine kok lambat yo..? opo kuwi msalahe mas…

  9. woko says:

    nambahin ms eko. kalo grenjel/gregel di awalan. coba ganti per otomatis kopling (yg 3 biji) pake per vario lama. murah 3rb perbiji. semoga berguna🙂

  10. rusman says:

    ikut nyimak suhu…😀

  11. Sabirin says:

    tp skr new vario iss emang maknyuss gan

  12. ismanto says:

    Kalo kecepatan mentok 80km/jam kata bengkel harus ganti rumah roller.kira” gimana gan…?mbok d apusi….heeee

    • ekomoker says:

      Rumah roller sangat jarang rusak….justru rollernya yg pada peyang biasanya…. kalo kecepatan tertahan di 80 coba cek v-belt-roller dan kopling gandanya

  13. Kobayogas says:

    di jakarta ada yang bisa gak yaaaa…
    Sharing OOT ya min… Vespa 946, absolutely state of the art
    http://kobayogas.com/2014/07/13/first-impression-vespa-946-the-masterpiece-and-vespas-state-of-the-art/

  14. sapto says:

    nderek tanglet lik, vario kulo kok cvtne muni teg-teg, kulo serviske ahas sami mawon katanya ndak opo2 niku normal’ tapi semakin hari tambah berisik nyuwun solusine lik. oo…nggih km nembe 8000,
    suwun…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s