FULL WAVE,HALF WAVE DAN CERITA TENTANG GELOMBANG

Setelah kemaren2 bahas artikel DIY (Do It Yourseft) mulu,kini yg saya bahas tentang apa itu FULL WAVE & HALF WAVE ,mungkin sobat2  sekalian sering mendengar akan istilah2 tersebut namun justru bingung ketika disuruh menjawab apa itu FULL WAVE & HALF WAVE:mrgreen:

Nah pada kesempatan kali ini akan saya bahas ,apa itu half wave / full wave , kelebihan dan kekurangannya lengkap beserta circuit dan simulasinya,ready let’s start😀

Istilah Full wave dan half wave sebenarnya datang dari sirkuit penyearahan (rectification circuits),dalam tehnik rektifikasi dikenal 2 cara dalam pelakukan perubahan dari arus AC kearus DC,yaitu penyearahan gelombang penuh alias full wave dan penyearahan setengah gelombang alias half wave.Dan dalam tehnik rektifikasi tidak jauh2 dari benda yg bernama DIODE

 diode

                Sedikit catatan mengenai diode ,diode adalah komponen elektronika yg berfungsi menyearahkan arus listrik,arus listrik hanya dapat mengalir satu arah saja ,contoh:tegangan positif (+) hanya dapat mengalir dari anode ke katode saja ,jika dibalik maka tegangan positif tersebut akan di blok oleh semikonduktor di dalam diode sehingga tegangannya tidak dapat mengalir,dan sebaliknya tegangan negative hanya dapat mengalir dari katode ke anode dan tidak bisa mengalir jika terbalik

Dalam tehnik rektifikasi ada 2 konfigurasi diode dalam sirkuitnya ,antara lain:

  • single half wave configuration:

halfwave

  • Bridge fullwave configuration:

 fullwave

Konfigurasi ini lebih sering dikenal sebagai kiprok

Beberapa bentuk bridge diode :

 bridge diode

                Setelah mengetahui sirkuit ,bentuk dan cara kerja dari diode,nah sekarang menginjak bagai mana ke2 konfigurasi ini bekerja beserta kelebihan dan kekurangannya😀

  • Cara kerja dari halfwave rectifiying

halfwave2

Selama tegangan ac output dalam kondisi high state (kondisi output bertegangan +) maka sesuai dg cara kerja diode tegangan ini di akan diteruskan ke output sampai output ber nilai 0 / low state (kondisi output bertegangan -),terlihat pada grafik osiloskop diatas (garis biru =input , garis merah = output) bahwa ketika tegangan beranjak dari 0 ke + 12 volt maka output pun mengikuti , nah justru ketika tegangan turun dari 0 ke -12 volt karena sifat penyearahan dari diode maka tegangan outputnya = 0 volt ,karena hanya setengah dari gelombang tegangannya(hanya gelombang + yg terektifikasi) ini lah maka konfigurasi ini dinamakan HALFWAVE RECTIFICATION atau penyearahan setengah gelombang

Kelebihan dan kekurangan dari halfwave rectification:

  1. Rangkaiannya sangat Simple
  2. Sangat cocok sebagai batre charger karena ada keadaan output yg 0 volt,dan kondisi ini berfungsi untuk mengistirahatkan sel batre dari kejenuhan (stress)akibat charging

Nah kekurangan dari system ini antara lain:

  1. Terdapat ripple noise(tegangan naik –turun) yg besar sehingga jika digunakan sebagai power supplay untuk system audio menjadikan output audionya terdapat noise/hum tergantung dari frekuensi tegangan inpunya
  2. Dg output yg naik turun maka diperlukan waktu 2x lebih lama untuk melakukan charging batre
  • Cara kerja dari fullwave rectifier

full wave2

                Untuk menjelaskan cara kerja dari full wave rectifier silahkan lihat gambar dibawah ini :

 fullwave3

Gambar ini menunjukan kondisi output ketika input dalam keadaan high state,terlihat pada grafik osiloskop ketika input high state tegangan positif output di supplay oleh D1 dan output negative disupplay oleh D4 , namun ke2 tegangan ini tidak saling bertabrakan karena ditahan oleh D1 dan D3,lagi2 karena sifat penyearahan diode 😀

 fullwave4

                Gambar ini menunjukan kondisi output ketika input dalam keadaan low state,terlihat pada grafik osiloskop ketika input low state tegangan positif output di supplay oleh D2 dan output negative disupplay oleh D4,D1 dan D3 berfungsi sebagai penahan

Karena saat high state maupun low state keadaan output selalu bertegangan maka konfigurasi ini dinamakan penyearahan gelombang penuh atau FULLWAVE RECTIFIER

Beberapa kelebihan dan kekurangan fullwave rectifier:

  1. Output lebih stabil karena kondisi output selalu bertegangan
  2. Lebih cepat dalam melakukan charging
  3. Ripple noise lebih sedikit sehingga cocok digunakan sebagai power supplay audio system

Namun fullwave juga memiliki kekurangan,antara lain:

  1. Rangkaian lebih komplek alias ribetttt:mrgreen:
  2. Karena kondisi output high state lebih lama dari halfwave maka jika digunakan sebagai batre charger memiliki potensi over charging lebih besar

Nah sekaran sobat2 sekalian sudah jelas bukan perbedaan antara ke 2 sistem ini😀 , last semoga artikel ini berguna dan salam DIY

jika ada yg kurang jelas monggo lewat kolom komentar😀

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in ac, dc, diode, fullwave, gelombang, halfwave, kelistriksn, mengenal. Bookmark the permalink.

39 Responses to FULL WAVE,HALF WAVE DAN CERITA TENTANG GELOMBANG

  1. Yoshi says:

    wah josss sangat nih ilmunya.
    Mantab

  2. wih jos kang😀 , biasanya penyearah fullwafe itu digunakan pada kendaraan yang konsumsi energi listriknya besar😀 ,, betul ngak kang ..
    http://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/08/01/mengganti-shock-absorber-belakang-mio-j-dengan-miliknya-x-ride-ground-clearance-lebih-tinggi/

  3. Mas Sayur says:

    masio gak ngerti… sing penting absen 😳

  4. sinjo says:

    mantep ilmune, tapi aku iseh bingung kang….

  5. gc133hijrah says:

    Alhamdulillah… Akhirnya apdet lg.
    Maaf lahir batin kang…..

  6. Enny Mamito says:

    terus terang aku gak ngerti..tp seneng bisa berkunjung di blog ini..kunjungan perdana 🙂

  7. rusman says:

    AC ke DC outputnya kalau ga salah dikali akar 2 ya?
    misal : 12 VAC = 12 x akar 2 VDC
    begitukah?

    • ekomoker says:

      wah lali aku masbro hehehehehehe😀
      yg jelas kalo menggunakan konfigurasi full bridge tegangan outputnya lebih besar
      seeeeekkkk tak tanya sama mbah google doeloe😀

  8. mantribiker says:

    ini yang ane cari postingan kelistrikan motor. Nambah ilmu lagi. Makasih sobat..

  9. eko354 says:

    Sangat bermanfaat, Mas. Illustrasinya jelas banget.

  10. pico says:

    Kirain mau bahas pemasangan lampu projie di motor.

  11. setia1heri says:

    ngelu aq ngerti kode2 ngene iki:mrgreen:

  12. Tri_Aja_Gunung_Kidul says:

    siiiip….
    ono ilmu sinyal antena ora..tipi neng kampung ku banyak semutnya..padahal antena wis duwur bgt…ora sanggup tuku parabola ki..hihi

    • ekomoker says:

      pake booter masbro😀
      ada sich rumusnya cuma musti bikin sendiri dan jumlah elemennya juga banyak tergantung jumlah stasiun tv yg tercover daerah sampean😀

  13. lionel says:

    Mas sy kan barusan beli headlamp led rtd yg rendah daya hi beam 15w & low beam 8w yg katanya setara dg hid 8000k


    Mtr saya msh pk kelistrikan AC & semua msh standard.
    Gmn cr pasangnya ya mas apakah kelistrikan hrs diubah ke DC dulu atau lgsng PNP?
    trz gmn cr ubah ac ke dc yg aman dg spec lampu spt itu tnp takut trj overcharge
    Thank
    Oh ya ini skema cara pasangnya

    • ekomoker says:

      mustinya harus pake kelistrikan dc masbro agar lednya awet
      yaaaaa pake kiprok tiger dan sistem pengisiannya dibikin fullwave

      • lionel says:

        Akirnya ke bengkel mas pasangnya sb kagak ngerti haha.
        Tp cm ubah ac ke dc tnp gnt kiprok.tp gini mas stlh gw pasang & tnyta terang teman gw jd kepingin & pasang jg di jupiter mx nya dibengkel yg sama tp mslhnya dia baru pasang 1 hari lgsng padam lampunya pdhl gw udh 1mggu lbh ga mslh.
        Stlh ditest pk aki mmg lampu ga nyala tp lampu led nya sj ktk dicolokin pk adaptor 3v nyala.mgkn problemnya ada di led drivernya..
        kira2 bs dibenerin ga mas led drivernya? mslhnya klaim garansi gak bs sb kabelnya udh dipotong & apa seh fungsi led driver?
        Oh ya klo ga slh led nya type luxeon.
        Makasih sebelumnya mas

      • ekomoker says:

        led sebenarnya tegangannya ga lebih dari 4V berapapun dayanya , nah fungsi dari driver adalah menurunkan tegangan masuk agar sesuai dg kebutuhan LED nya
        jadi tanpa driver led akan langsung terbakar kalo diberi tegangan >4v

  14. novi anto says:

    mas punya rangkaian dalam kiprok mio ga?
    klo punya mohon d share dong + cara kerjanya
    hehehehe…..

  15. Lonnie says:

    Hello there, I found your site by the use of Google while looking for a
    similar matter, your site came up, it appears great. I’ve bookmarked
    it in my google bookmarks.
    Hello there, simply turned into aware of your blog via Google, and found that it is really informative.
    I am going to watch out for brussels. I will appreciate should you proceed this
    in future. Many folks will be benefited from your writing.
    Cheers!

  16. HersaNA says:

    pada sistem fullwave supaya potensi overchargingnya bisa diminimalisir caranya gimana?
    misal pada motor semua serba standard, tapi dirubah jadi fullwave alasannya pengen ngambil jalur lampu dari aki (stabil+awet katanya)…jadi supaya aki awet gimana?

    • ekomoker says:

      Kalo itu sih pake aja kiprok orinya tiger … didalam kiprok tiger ada current sensing jadi ketika arus masuk sama dg arus yg ada di aki sistem pengisian dicut off

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s