[tips]Pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi (2)

maling

Meneruskan posting kemaren   kali ini saya akan membahas tips pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi yg tidak dilengkapi dg sss

Sebelumnya saya minta maaf dulu kalo postingan ini sedikit telat,karena pencarian resource atau bahan untuk postingan ini yaitu wiring diagram untuk motor2 injeksi non sss yg teramat sulit terutama untuk motor2 keluaran pabrik S yg ruibet,tapi nanti saya kasih solusinya

seperti yg saya utarakan pada postingan terdahulu, bahwa pada motor injeksi kita bisa menggunakan sistemnya sendiri untuk mematikannya ,itu berlaku kalo sistem injeksinya ada immobilizer seperti SSS (side stand switch) atau engine stop maka kita bisa memparalelkan saklar tersembunyi kita pada saklar tersebut

sss engine stop

Nah bagaimana kalo motor injeksi tersebut tidak terdapat immobilizer? sebenarnya caranya sangat mudah dan this is the only safest metode ,yaitu memutuskan tegangan yg masuk pada ECU,dg demikian seluruh sistem injeksi akan berhenti

Nah untuk memutuskan tegangan masuk pada injeksi ,kita harus memutuskan kabel positif pada ecu. Berikut diagram wiring untuk motor vixion dan untuk motor2 yamaha yg lain mungkin warna kabelnya sama cmiiw yakni kabel berwarna COKELAT (brown) dan untuk motor honda biasanya kabel berwarna HITAM nah untuk motor2 injeksi yg lain dapat melihat warna kabel yg ada pada kunci kontak selain warna merah (warna merah adalah warna internasional untuk mengidentifikasi warna dari sumber tegangan/aki)

wiring vixion

klik gambar untuk memperbesar

seperti yg terlihat pada wiring di atas tegangan dari aki kabel berwarna merah (no.6) masuk terlebih dahulu pada fuse (sekring) dan kemudian masuk ke kunci kontak (no.4) ,dan kabel yg keluar dari kunci kontak berwarna cokelatlah yg masuk pada ecu dan beban2 listrik yg lain nah kabel coklat yg ke ecu inilah yg kita potong untuk di seri dg saklar/ alarm tambahan

pada pemasangan saklar tambahan untuk motor injeksi diusahakan agar saklar yg digunakan memiliki rating arus yg besar (minimal 5A) karena arus yg diputus cukup besar dan kalo bisa waterproof karena jika terjadi failure pada saklar tambahan maka dapat dipastikan motor tidak akan dapat menyala juga diusahakan pula agar kabel yg potong diusahakan di isolasi dg baik

and last ,maaf jika hanya wiring vixion yg saya bisa tampilkan karena keterbatasan saya mencari wiring2 motor lain,nanti kalo ada pasti akan saya update

sekian dan salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in alarm, diy, kelistriksn, motor, tips. Bookmark the permalink.

180 Responses to [tips]Pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi (2)

  1. Irfan says:

    Mas eko saya mau pasang alarm w/ remote merk golden six di ninja 250 fi. Bisa tolong kirim diagram wiring nya gk mas ? Thx be 4

  2. hylmie syifa says:

    Mas mau tanya, saya mau pasang saklar, klo mau ambil dari qoil yg mana yg diputus.

  3. agung76 says:

    Mas di koil beat injeksi kan ada 2 kabel warna hitam strip putih ama kuning strip dan semuanya postif. Yg saya tanyakan yg keluaran dari ECU warna apa ya? Atau yg dari kontak warna apa? Saya mo pasang CDI booster Zona 13 produk mas joe(jogja produk), harus pasang di koil yg kabel dari kontak. Thanks

    • ekomoker says:

      Coba aja diurut pake ohm meter saya ga apal😀 yg jelas kabel hitam strip putih itu kekontak kalo di motor honda lain

      • agung76 says:

        Mas Eko yang Oke banget tips2nya. Saya mo ganti bolam stop rem dengan LED, yg saya tanyakan kenapa di posisi lampu senja belakang klo pake LED ga mau nyala ya? Sedang yg rem bisa nyala, itu saya hubungkan dengan jalur asli motor. Thanks sebelumnya atas bagi2 infonya.

      • ekomoker says:

        Lampu senjanya pake arus negatif… biasanya ngikut rpm mesin

      • agung76 says:

        Oh ya lupa ada yg kurang, yg rem bisa nyala pake LED tapi panas banget.

      • ekomoker says:

        Tambahi resistor aja

      • agung76 says:

        Solusi buat lampu senja gimana cara nyambungnya ya mas klo pake LED? Minta cara koneksinya dong. Oh ya klo saya pasang CDI booster yg produk Zona 13 itu ke koil kabel hitam nti ada pengaruh ke ECU ataupun di pengapian ya? Sedikit saya beri info bahwa fungsi CDI booster ini arus yg keluar stabil di 15 volt dan tidak mengubah kurva pengapian.

      • ekomoker says:

        Koilnya yg cepat panas kalo diberi tegangan segitu

      • ekomoker says:

        Kalo masalah lampu senja…kan led dibalik aja kutubnya

  4. adi says:

    Mas bro untuk honda REVO pgm fi (2014) cara paling aman buat kunci rahasia sendiri gimana? yang kedua ane searching di google ada pengaman motor namannya smart key/ immobilizer yang berbasis RF-ID (Radio Frequency-Indentification) dari BRT (bintang racing team), ada juga sensor sentuh tapi nama produsen lupa, itu aman gak mas bro? lebih bagus yang mana? trims atas sarannya..

  5. Sabirin says:

    Gan ada ga diagram cara masang ALARM MOTOR merk YOSEKIMOTO untuk Vario 125 iss… thx

  6. awan irawan says:

    mas eko untuk honda beat injection warna kabel masa yg dari CDI warna apa ya.thank

  7. ken says:

    Mas pasang anti maling merek golden six di beat gmna ya?

  8. Aghus says:

    wiring kelistrikan vixion dengan New Vixion sama yh mas?

  9. roy says:

    Mas eko saya mw tnya.. mtor saya vixion,, knpa ya lampu injektor warna orange berkedip trus, gas’nya pun jd gk stabil..

  10. adul says:

    mas, ane mw bikin skalar rahasia neh buat new vixion, yg di kontak nyala tpi mesin gk mw idup, trus klakson nyala jga gmn mas caranya ?
    kalo percobaan buat yg bukan injection berhasil,

  11. cahyono says:

    mas eko numpang tnya nihhh,,,
    ane kn blom lama ni prnah nyoba mtor new vixy ane,,trus ane mo coba psang kunci rhasia d dlm jok,,tau dnger dr mne ane prnah dnger klo mtor FI to ga fungsi klo accu nya jebol,,pikir ktemu pkir ane cba tuh putusin kbel negatip nya di smbungin kevswict yg udh ane siapin…pas prcobaan sh sukses klo swick nya ane ptusin mtor new vixy ane gak mau jalan di starter atw d kick starter,,udh sneng kn ane bwa jlan bntaran ehhhh taunya ngpul mas,,,tuh kira” npa y,pa kbel nya kurang gde pa jalurnya yg salah pa emang slah smuany….di bles y mas

    • ekomoker says:

      Kalo yg dipotong kabel aki nya ya siap2 saklar yg kemampuan menghandel arusnya sangat besar kira2 10-20A konstan dg kabel minimal 12 awg biar ga gampang ngebul…
      Atau pake cara yg mudah potong aja kabel ecu yg warna coklat.. pasti motor ga bisa nyala… enaknya sakkarnya cuma 5-8A udah cukup dg kabel 20awg juga bisa

  12. gigi says:

    mas mo nanya ni.. apakah settong plus co bisa menyebabkan ecu rusak..???

  13. malam juragan… numpang nanya… kalo buat motor soul GT Inject taun 2013 kalo mo matiin mesin tapi kontak tetep on ,, ane musti mutus jalur yang mana ya ??? mohon pencerahannya

  14. yopi says:

    Kbel untuk kontak saklar nya 2 /1 mas yg msk kek ecu????.
    Saya msi krang paham cara pasng kunci kontak rahasia.ini.
    Mohon penjelasan nya lgi.

  15. mas kalo pasang saklar rahasia gitu, ngaruh gak ke aki kering? aki jadi cepet abis gak? thx

  16. Tunggul Wahyudi says:

    Gimana caranya klu masang kunci rahasia pd sistim injeksi honda.yg tau tolong bro infonya.matursuwun

  17. anang says:

    Mas mau tanya kalo pasang alarm buat honda beat fi jalur yg diputus dimana .klo ada diagramnya trimakasih

  18. aldo. says:

    mas motor saya verza 2014 kalo saya bikin kunci rahasia di koil, tp yg saya potong negatif’nya itu pengaruhnya besar gak ke ecu. thx mas.

  19. chachan says:

    gan . apa bisa mio soul edisi pertama dikasih stop engine ? mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s