meneruskan posting tentang artikel alarm motor posting disini nah artikel ini akan memberikan tips cara pemasangan alarm tersebut (atau alarm2 yg lain) pada motor2 ber teknologi injeksi
seperti kita ketahui motor2 sekarang hampir semuanya menggunakan sistem pengabutan injeksi yg memang di desain agar dapat menekan konsumsi bahan bakar namun tetap memberikan performa yg baik ,namun karena sistem ini saling terkait satu dg yg lain secara elektronik maka cukup susah untuk kita mengakalinya agar dapat dipasangi alarm
sebagai informasi ,pada sistem injeksi kita harus menonaktifkan beberapa part agar motor dapat berhenti ,antara lain : fuel pump (pompa bensin) , injektor dan sistem pengapian
nah cara yg paling tepat untuk menonaktifkannya adalah menggunakan sistemnya sendiri,lhoooo gimana tuch 😀 nah saya jelaskan dulu untuk motor2 matik,untuk yg laen tunggu yaaaa
pada motor matik2 jaman sekarang sudah dilengkapi dg sistem side stand switch / sss (switch standart samping) nah switch ini memiliki sistem yg dapat melumpuhkan sistem injeksi jika standart di posisikan membuka (buat yg belum mempunyai sss tunggu yaaa nanti artikelnya bareng sama motor sport)
nah pada sensor sss ini dapat kita dapat kita paralel dg saklar atau kalo menggunakan rangkaian saklar sentuh dapat di hubungkan ke jp4(con3) dan jp6 (con2)
skema alarm sentuh
diagram sistem sss pada vario
nah saklar / alarm tersebut dapat di paralelkan pada saklar standart samping (kabel warna hijau dan hijau strip putih)
note: pada motor lain mungkin warna kabel berbeda tetapi cara kerjanya sama yakni jika standart dalam posisi terbuka maka switch akan sambung
nah dg dipasangnya alarm tersebut secara paralel pada saklar sss maka diharapkan motor tsb jg dapat di matikan sistem injeksinya namun tetap aman karena sistem immobilizernya menggunakan sistemnya sendiri jadi kita tidak repot2 harus HACKING ecu yg nantinya dapat membuat rusak
nah mudah bukan dan untuk motor2 injeksi yg tanpa sss tunggu di artikel mendatang ok,semoga berguna
salam DIY
ditunggu yg g pake sss 😀
sipp di tunggu yaaa
maaf kalau 3s nya honda tuh waktu standnya kebuka itu switchnya on apa putus? maksudku kabel/pin GW terhubung dg ground atau terputus?
kalo ke buka switchnya ketutup mas
tapi kok saya pernah baca di moto plus soal 3s hond kalau kerendam banjir gak masalah karena kalau shortpun mesin tetap hidup… apa q salah baca ya?
lha kan kalo kerendem banjir hambatan airnya kan beda dg di jumper
lha kalo sampe short ya bisa ga nyala,beda kalo putus
nuggu yg motor batangan..:D
sipppp ditunggu yaaaaa 😀
nambah ilmu nih mas broooo……
monggo mas
apa aku bilang…blog nya penuh ilmu… hajar terus… semangat berbagi… bermanfaat bagi semua… 😀
sip pak RT , trims dukungannya
blog senior memang jossssss, nunggu buat CB 😀
sing ditunggu apane hayoooooo?
jossssssssssss 😀
Siap lek ane tunggu
Pokok e sekolah maneh, sip lek
sipp sama2
Konsumen motor yang awam masih belum menerima teknologi injeksi..
lha kedepan semua motor akan di injeksikan,mau ga mau kita juga harus siap masbro
Artikel keren lagi nich mas… mantappp mas….
sippp
Sipp…ditunggu buat yg batangan,.dipasang buat tiger…eh,tiger ki iseh karbu ding 😀
diparalel aja sama saklar engine stop ,kan tiger masih ada tuch engine stopnya
Blog yang bikin awalnya pusing tapi ga bikin pusing. Xixi
hehehehehe betul mas,ini lagi belajar nulis di blog 😀
Nih blog memang mak nyuzzzzzz…
ngisi absen hadirr (tekolah lagi)
monggo
wah, jan joss..
mosok seee pak
mantap nih….. serasa kembali ke sekolah 😀
sipp
Pingback: [tips]Pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi (2) | DIY4ALL
liat diagram e tok ae wes ngelu aq om 😆
apalgi klo pas ngrangkaine 🙄 😆
kan sudah dikasih panduannya,kalo motor dg sss bisa diparalel dg saklar sss kalo motor tanpa sss bisa di seri dg kunci kontak atau bisa diparalel dg engine stop (kalo ada)
Klo buat vixion ch gmna.?
tinggal dipotong kabel ecu yg warna cokelat (tanpa garis) dan disambung dg saklar tambahan masbro
Bahas jg donk sob cara pasang alarm motor yg pk remote di motor injeksi
motor injeksi sangat bergantung dari sumber tegangan aki,kalo sampai aki drop wassalam masbro injeksi bakal rewel
nah sisi jeleknya dari penggunaan alarm remot adalah rangkaiannya terus stand by dan kalo ga sering2 dipake (motornya) bakal menguras muatan aki,jadinya aki cepat tekor
Pak eko,,,
klo mo pasang sklar rahasia neng mtor mio soul lawas,
pie pak eko?
Mtong kbel sing ndi?
motong kabel cdi yg warna hitam (yg tanpa garis2 lho ya)
ok.thankz,,,,,,,
wah ktemu jg carany ni…thx bngt masbro…baca2 blog sampean jd makin bnyk tau n jd bs bantuin temen2 yg laen…btw ane lg pengen tau cara bikin regulator anti tekor ni mas…bs minta tlg?…ane yakin bnyk bngt rider2 yg nunggu ni rangkaian…thx sbelumny.
😀 sama2 masbro ,semoga ilmunya bermanfaat
pasti berguna masbro…btw kl boleh nanti tlg kirimkan dl email sy cara bikin reguator antitekorny mas…dan skema ini nnt akan sy sebar jg bwt temen2 lain khususny di daerah sy…thx
tdyk86@gmail.com
assalam mas bero
klow mau pasang di motor cb150r gimana ?
klow pasang y mutus kabel masa sepul merusak icu gc ?!
makacih?????
mending sich motong kabel supplay ecu masbro lebih aman
kabel sumber ecu cb150r kalo ga hitam ya merah strip hitam
nek motor2karbu sing paling amn gwe kunci rahasia motong kabel pa bos
kabel posiip kuil, pa kabel positip cdi / geron cdi ?
lihat cdinya masbro,pake cdi-dc apa cdi-ac ,kalo cdi dc caranya memotong sumber tegangan + nya ,kalo cdi-ac bisa dg memotong grounding / men”short”kan kabel spul pengapian dg ground
nahhhhh klow perbedaan y cdi dc sma cdi ac pa ?’?”
perbedaan fisik apa cara kerjanya nich?
ada cara praktis bro tanpa memotong kabel kelistrikan, suntik aja kabel yg menuju koil kemudian disambungkan kemasa sebelum disambung kemasa dikasih sakelar dl beres deh. motor gak bakalan bs hidup selama sakelar diON kan. (maap kl menurut anda salah ini cm usulan sy)
cara mudah namun resikonya besar masbro
kalo sistem injeksi yg dibuat seperti ini dalam jangkawaktu tertentu transistor driver untuk sistem TCInya jebol
kalo sistemnya pake karbu+cdi SCRnya yg jebol
alasannya adalah arus tersebut musti di alirkan ke lilitan koil (harus ada hambatan berupa induktansi) kalo dishortkan ke ground maka beban driver terlampau besar
makanya rata2 engine stop bawaan motor sistemnya kalo nggak mutusin sumber masuk (batre) ke cdi / ecu (pengapian dc) , ya menshortkan spul pengapian (pengapian cdi ac)
klo buat cb150r piye kang?
Tinggal potong kabel sumber + ecu masbro, kalo buat honda kalo ga hitam ya merah strip hitam
Cara masangnya gimana kalo di honda vario techno cbs 125..??
Terima kasih
Sambungin sama side stand switch
Kabel apa yang diputus Prof.. Bisa dikasih contoh gambarnya sekalian ta Prof..
Terima kasih.
Ga usah diputus mas… kabelnya diparalel aja sama saklar
Siap.. Sudah saya lakukan. Dan hasilnya sungguh memuaskan. Thanks Prof.
Tapi ada satu hal lagi yang ingin saya tanyakan. Saklarnya itu rencana mau saya taruh dijok. Trus yang jadi pertanyaaan saya, misalkan kunci kontak telah dijebol oleh si tangan jail dan ternyata ndak bisa hidup. Trus insting si tangan jail itu berkata, kalau pengen hidup motornya bukalah joknya. Dengan kondisi kunci kontak yang sudah jebol, apakah tombol set jok masih bisa terbuka. Terima kasih.
Trus gmn solusinya Prof..??
Kan kunci jok jadi satu sama kunci kontak mas…. solusinya ya paralel aja saklarnya dan taruh dibeberapa tempat
Jadi tetap saja bisa kebuka tu joknya ya Prof..??
kalo rekomendasi dari prof sebaiknya sklarnya ditaruh dimana..??
Terserah sampeyan tapi diusahakan ga gampang terlihat ….taruh aja di batok depan dikasih braket(pangkon)
Ok. Terima Kasih.
Oom saya pernah nyoba paralel sss dgn relay utk nyambung-putusnya.
Pertanyaan I –Saat relay aktif kan nyambung, jd mesin mati. nah saat relay gak aktif dan saya cek memang posisi di relay putus tapi mesin gak bisa dinyalain seolah2 relay itu tetap nyambung itu kenapa ya?
pertanyaan II –pada motor CB150R sy pake pengaman yg ada alarmnya ..sudah ok tapi saat motor untuk ngebut , rangkaian pengaman putus dlm hitungan mili detik terus nyambung lagi. Jadi seolah2 ECU mutus alat/pengaman tambahan kenapa ya? saya coba tambahi elco 2200uF..sukses nggak mati lagi meski dipake ngebut. elco 2200 ini agar arus masih ada saat mati sampai 3 detik.
Dalam sistem kelistrikan motor …saat kondisi berjalan ada yg namanya voltage spike (tegangannya naik drastis walau sebentar) ..dan noise nya besar sekali… contohnya kalo sampeyan masang audio dimobil pasti terdengar gemresek jika tanpa tambahan supressor…. sama dimotor juga gitu…makanya dalam setiap rancangan elektronik kendaraan bermotor filter catudata sangat penting sekali
maaf kang mengenai sss di vario,,bukankah menganut nc (normali close),,,jd bukan di paralel tp di seri,,jd pada saat standar samping nya di tekuk ke dalam,,itu posisi swtch nya kondisi nc,,dan pada saat standar sampingnya poss k luar,,,itu switch dalam kondisi no…jd kalau menurut ane,,kalau kondis nc itu di seri,,tp kalau kondisi no itu di paralel…
Wah apa saya salah baca datasheet ya 😀