[tips] pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi

injektion

meneruskan posting tentang artikel alarm motor posting disini nah artikel ini akan memberikan tips cara pemasangan alarm tersebut (atau alarm2 yg lain) pada motor2 ber teknologi injeksi

[diy..] alarm menggunakan magnet

seperti kita ketahui motor2 sekarang hampir semuanya menggunakan sistem pengabutan injeksi yg memang di desain agar dapat menekan konsumsi bahan bakar namun tetap memberikan performa yg baik ,namun karena sistem ini saling terkait satu dg yg lain secara elektronik maka cukup susah untuk kita mengakalinya agar dapat dipasangi alarm

sebagai informasi ,pada sistem injeksi kita harus menonaktifkan beberapa part agar motor dapat berhenti ,antara lain : fuel pump (pompa bensin) , injektor dan sistem pengapian

nah cara yg paling tepat untuk menonaktifkannya adalah menggunakan sistemnya sendiri,lhoooo gimana tuch 😀 nah saya jelaskan dulu untuk motor2 matik,untuk yg laen tunggu yaaaa

pada motor matik2 jaman sekarang sudah dilengkapi dg sistem side stand switch / sss (switch standart samping) nah switch ini memiliki sistem yg dapat melumpuhkan sistem injeksi jika standart di posisikan membuka (buat yg belum mempunyai sss tunggu yaaa nanti artikelnya bareng sama motor sport)

sss

nah pada sensor sss ini dapat kita dapat kita paralel dg saklar atau kalo menggunakan rangkaian saklar sentuh dapat di hubungkan ke jp4(con3) dan jp6 (con2)

ALARM sentuh

skema alarm sentuh

skema sss

diagram sistem sss pada vario

nah saklar / alarm tersebut dapat di paralelkan pada saklar standart samping (kabel warna hijau dan hijau strip putih)

note: pada motor lain mungkin warna kabel berbeda tetapi cara kerjanya sama yakni jika standart dalam posisi terbuka maka switch akan sambung

nah dg dipasangnya alarm tersebut secara paralel pada saklar sss maka diharapkan motor tsb jg dapat di matikan sistem injeksinya namun tetap aman karena sistem immobilizernya menggunakan sistemnya sendiri jadi kita tidak repot2 harus HACKING ecu yg nantinya dapat membuat rusak

nah mudah bukan dan untuk motor2 injeksi yg tanpa sss tunggu di artikel mendatang ok,semoga berguna

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in alarm, diy, kelistriksn, motor, tips. Bookmark the permalink.

70 Responses to [tips] pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi

  1. gogo says:

    ditunggu yg g pake sss 😀

  2. eiscell says:

    maaf kalau 3s nya honda tuh waktu standnya kebuka itu switchnya on apa putus? maksudku kabel/pin GW terhubung dg ground atau terputus?

  3. penggemar ninja says:

    nuggu yg motor batangan..:D

  4. deniboshter says:

    nambah ilmu nih mas broooo……

  5. ridertua says:

    apa aku bilang…blog nya penuh ilmu… hajar terus… semangat berbagi… bermanfaat bagi semua… 😀

  6. ipanase says:

    blog senior memang jossssss, nunggu buat CB 😀

  7. Pokok e sekolah maneh, sip lek

  8. ram says:

    Konsumen motor yang awam masih belum menerima teknologi injeksi..

  9. An_Syahri says:

    Artikel keren lagi nich mas… mantappp mas….

  10. dewadieja says:

    Sipp…ditunggu buat yg batangan,.dipasang buat tiger…eh,tiger ki iseh karbu ding 😀

  11. brigade jalan raya says:

    Blog yang bikin awalnya pusing tapi ga bikin pusing. Xixi

  12. jin.com says:

    Nih blog memang mak nyuzzzzzz…
    ngisi absen hadirr (tekolah lagi)

  13. rusmanjay says:

    mantap nih….. serasa kembali ke sekolah 😀

  14. Pingback: [tips]Pemasangan kunci rahasia pada motor injeksi (2) | DIY4ALL

  15. kenthoet says:

    liat diagram e tok ae wes ngelu aq om 😆
    apalgi klo pas ngrangkaine 🙄 😆

  16. ZULFIKAR says:

    Bahas jg donk sob cara pasang alarm motor yg pk remote di motor injeksi

    • ekomoker says:

      motor injeksi sangat bergantung dari sumber tegangan aki,kalo sampai aki drop wassalam masbro injeksi bakal rewel
      nah sisi jeleknya dari penggunaan alarm remot adalah rangkaiannya terus stand by dan kalo ga sering2 dipake (motornya) bakal menguras muatan aki,jadinya aki cepat tekor

  17. Ce poetra says:

    Pak eko,,,
    klo mo pasang sklar rahasia neng mtor mio soul lawas,
    pie pak eko?
    Mtong kbel sing ndi?

  18. Bayu Alex says:

    wah ktemu jg carany ni…thx bngt masbro…baca2 blog sampean jd makin bnyk tau n jd bs bantuin temen2 yg laen…btw ane lg pengen tau cara bikin regulator anti tekor ni mas…bs minta tlg?…ane yakin bnyk bngt rider2 yg nunggu ni rangkaian…thx sbelumny.

  19. Bayu Alex says:

    pasti berguna masbro…btw kl boleh nanti tlg kirimkan dl email sy cara bikin reguator antitekorny mas…dan skema ini nnt akan sy sebar jg bwt temen2 lain khususny di daerah sy…thx
    tdyk86@gmail.com

  20. ojan says:

    assalam mas bero
    klow mau pasang di motor cb150r gimana ?
    klow pasang y mutus kabel masa sepul merusak icu gc ?!
    makacih?????

  21. ojan says:

    nek motor2karbu sing paling amn gwe kunci rahasia motong kabel pa bos
    kabel posiip kuil, pa kabel positip cdi / geron cdi ?

    • ekomoker says:

      lihat cdinya masbro,pake cdi-dc apa cdi-ac ,kalo cdi dc caranya memotong sumber tegangan + nya ,kalo cdi-ac bisa dg memotong grounding / men”short”kan kabel spul pengapian dg ground

  22. ojan says:

    nahhhhh klow perbedaan y cdi dc sma cdi ac pa ?’?”

  23. bejo says:

    ada cara praktis bro tanpa memotong kabel kelistrikan, suntik aja kabel yg menuju koil kemudian disambungkan kemasa sebelum disambung kemasa dikasih sakelar dl beres deh. motor gak bakalan bs hidup selama sakelar diON kan. (maap kl menurut anda salah ini cm usulan sy)

    • ekomoker says:

      cara mudah namun resikonya besar masbro
      kalo sistem injeksi yg dibuat seperti ini dalam jangkawaktu tertentu transistor driver untuk sistem TCInya jebol
      kalo sistemnya pake karbu+cdi SCRnya yg jebol
      alasannya adalah arus tersebut musti di alirkan ke lilitan koil (harus ada hambatan berupa induktansi) kalo dishortkan ke ground maka beban driver terlampau besar
      makanya rata2 engine stop bawaan motor sistemnya kalo nggak mutusin sumber masuk (batre) ke cdi / ecu (pengapian dc) , ya menshortkan spul pengapian (pengapian cdi ac)

  24. c@mpret says:

    klo buat cb150r piye kang?

  25. Riyo says:

    Cara masangnya gimana kalo di honda vario techno cbs 125..??
    Terima kasih

  26. Riyo says:

    Siap.. Sudah saya lakukan. Dan hasilnya sungguh memuaskan. Thanks Prof.
    Tapi ada satu hal lagi yang ingin saya tanyakan. Saklarnya itu rencana mau saya taruh dijok. Trus yang jadi pertanyaaan saya, misalkan kunci kontak telah dijebol oleh si tangan jail dan ternyata ndak bisa hidup. Trus insting si tangan jail itu berkata, kalau pengen hidup motornya bukalah joknya. Dengan kondisi kunci kontak yang sudah jebol, apakah tombol set jok masih bisa terbuka. Terima kasih.

  27. Riyo says:

    kalo rekomendasi dari prof sebaiknya sklarnya ditaruh dimana..??

  28. retno2009 says:

    Oom saya pernah nyoba paralel sss dgn relay utk nyambung-putusnya.
    Pertanyaan I –Saat relay aktif kan nyambung, jd mesin mati. nah saat relay gak aktif dan saya cek memang posisi di relay putus tapi mesin gak bisa dinyalain seolah2 relay itu tetap nyambung itu kenapa ya?
    pertanyaan II –pada motor CB150R sy pake pengaman yg ada alarmnya ..sudah ok tapi saat motor untuk ngebut , rangkaian pengaman putus dlm hitungan mili detik terus nyambung lagi. Jadi seolah2 ECU mutus alat/pengaman tambahan kenapa ya? saya coba tambahi elco 2200uF..sukses nggak mati lagi meski dipake ngebut. elco 2200 ini agar arus masih ada saat mati sampai 3 detik.

    • ekomoker says:

      Dalam sistem kelistrikan motor …saat kondisi berjalan ada yg namanya voltage spike (tegangannya naik drastis walau sebentar) ..dan noise nya besar sekali… contohnya kalo sampeyan masang audio dimobil pasti terdengar gemresek jika tanpa tambahan supressor…. sama dimotor juga gitu…makanya dalam setiap rancangan elektronik kendaraan bermotor filter catudata sangat penting sekali

  29. deden ruswandi says:

    maaf kang mengenai sss di vario,,bukankah menganut nc (normali close),,,jd bukan di paralel tp di seri,,jd pada saat standar samping nya di tekuk ke dalam,,itu posisi swtch nya kondisi nc,,dan pada saat standar sampingnya poss k luar,,,itu switch dalam kondisi no…jd kalau menurut ane,,kalau kondis nc itu di seri,,tp kalau kondisi no itu di paralel…

Leave a comment