[DIY] Alarm motor sistem sentuh

[DIY] Alarm motor sistem sentuh

Bismillah

Seperti judul diatas,kali ini kita akan membuat sendiri alarm motor (kendaraan lain juga bisa) dg sistem sentuh. Tahu sendiri jaman sekarang kejahatan semakin merajalela ,ada baiknya kita semua mencegah hal ini agar tidak ada kejadian yg tidak dinginkan terhadap tunggangan kita

FYI:sebagian besar produsen motor di indonesia tidak menyertakan imobilizer pada unit kendaraan baru yg mereka jual,entah karena memang agar nilai jual bisa ditekan atau hal lain dan setahu saya hanya PCX yg menyertakan imobilizer namun harga jualnya itu lho yg ga nguatin 32jt jeeeeeee😀😀

Ok lets start diy:

Bahan yg diperlukan:

  • 2 bh transistor pnp             type :FCS 9012 & SA 564
  • 1 bh relay 12v DPDT yg berkualitas (omron misalnya)
  • kabel secukupnya

skematiknya:

ALARM sentuh

T1=FCS 9012,T2= SA 564

C9014 - transitor

pinout transistor fcs 9012

a564

pinout transistor SA 564

Keterangan:

  • Probe 1 dapat diletakkan pada baut di sekitar dek motor (tapi dg syarat baut tersebut tidak boleh terhubung dg ground/body /rangka motor)
  • Probe 2 dihubungkan pada ground/negatif  batere motor
  • Supply + dihubungkan pada kabel beban motor (kabel setelah keluar dari kontak)
  • CON 1 , CON 2,CON 3 digunakan sebagai kill switch

tips:        pada motor dg pengapian “AC” Con 2 Kill switch dapat di hubungkan ke ground dan con 3 dihubungkan ke spul kelistrikan

pada motor dg kelistrikan “DC” con 1 kill switch dapat dihubungkan pada supplay + cdi dan con 2 dihubungkan ke cdi (kabel “+” cdi dipotong)

cara kerja:

tangan manusia memiliki resistansi antara 10 kohm sampai 10 megaohm,dan resistansi ini dapat digunakan untuk meng “on” kan transistor1 ,agar mampu mengangkat beban berupa relay maka arus dan tegangannya harus di perkuat dan inilah fungsi dari transistor2.

Setelah tr2 on maka relay akan bekerja dan kontak relay K1 akan membuat supplay negatif tetap mensupplay relay agar terus bekerja

Cara kerjanya adalah ketika kontak dihidupkan maka apabila probe 1 dan ground tidak di sentuh maka motor tidak akan dapat di nyalakan

note:modifikasi terhadap kelistrikan motor dapat membuat garansi kelistrikan anda gugur, soooo DO AT YOUR OWN RISK

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in alarm, diy, motor and tagged , , . Bookmark the permalink.

48 Responses to [DIY] Alarm motor sistem sentuh

  1. marga says:

    wah, jago elektro nih Gan. ajib dah.
    Dulu kakak-ku juga pernah bikin yg beginian di jupe keluaran pertama, pencet tombol start sambil pegang baut cowling bawah dekat pijakan kaki kiri. sekarang udah dijual tuh jupe hehehe..
    Cara kerjanya mirip pada motor skutik misal mio/beat yang harus menarik tuas rem sambil pencet tombol start gitu gan? Tapi ini menyentuh “sesuatu yg sudah ditentukan” yang diinginkan kita, betul gak nih hehehe..

  2. ipanase says:

    mangapppppppppppppp

  3. paedhimas says:

    walaahh…aku wis kadung tuku,je… 150 ewu nang jember… 😦

  4. rusmanjay says:

    sederhana juga rangkaiannya. boleh dicoba nih…

  5. absoluterevo says:

    mantap nice info josssss abis….

  6. Teddy says:

    Koq g bisa ya bos………..wkt sy sentuh relay tetep diam tidak bergerak

  7. cah blora di bekasi says:

    saya udah nyoba mas

    tp efeknya klo musim hjan n bis d cuci ngreset sndiri

    mndg pake relay 4 biji aja kodenya pake handle swit yg anda
    sy udah prktekkan d mtor ane
    alhmdllh dah 2thn waras2 aja.

  8. sigit says:

    Jadi transistornya yg dipakai yg mana 9012/9014

  9. mas gombyok says:

    wah misal ada pideo youentub-nya pasti yang awam kayak gue bisa ikut praktek nich.

  10. luck's star says:

    ndi videone mas ekoooo,,,,???,
    bingung aq nek ra ndeleng lgsg,,,,

    maklum gaptek,,,hehe

  11. Ce poetra says:

    Mas eko,
    q udah bli transistor 9012 ama 564 juga relay,
    trus pie iki?
    Transistor ada 3 kaki,relay ada 5 kaki,
    itu jalurnya kemana aja ya?

  12. Ronan says:

    Maz muhun nanya.
    Dipasaran trutama di inet byk yg jual alat kyk gn.tp ada 2 tipe:
    1.yg klo sensornya kena air malah spt ga pk alat mgkn rangkaian sama yg maz ulas ini.tp bs diakalin dg resistor 100ohm.

    2.klo sensor basah atau badan qt basah malah mtr ga bs distarter alias disentuh ga mempan.itu gmn cr akalinnya maz?bs kah dg cr ditambah resistor spt no.1
    Tq

    • ekomoker says:

      setahu saya ada 2 rangkaian sensor sentuh
      1 pake transistor (seperti rangkaian saya) yg satu lagi pake scr ,nah ciri2 rangkaian sensor sentuh yg pake transistor adalah kabel sensornya cuma 1 karena sisanya pake grounding (body) disekitar motor
      nah ciri2 rangkaian yg pake scr adalah kabel sensornya 2 (salah satunya terhubung dg sumber + )
      kalo yg pake scr kalo sensornya trkena air memang ga bisa nyala masbro karena gate dari scr tergrounding oleh air
      solusinya yaaa mau ga mau ke 2 sensornya ga boleh kena air

      • Ronan says:

        Wah blm ada jamunya hehe
        Oke maz tq atas pencerahannya.btw yg pk scr itu pengkabelan kmn y maz?
        2 sbg sensor (jelas)
        1 ke ground (jelas)
        Yg 2 kabel kemana y maz cz di petunjuknya cm dikshtau kabel ini ke kabel warna ini.
        N 1 lg bs kah yg pk scr dipasang di mtr pengapian ac
        Thanks

    • ekomoker says:

      2 kabel lagi silahkan di ukur pake avometer,harusnya yang 2 itu adalah kontak relay ,namun saya ga tahu apakah kontak NO(normaly open) , apa NC (normaly closed)
      note:nc berarti saat relay belum kerja kontaknya nyambung dan sebaliknya ,dan no saat relay belum bekerja kontaknya ga nyambung dan sebaliknya
      nah kalo buat memutus cdi ac sebaiknya dg men”short” (menyambung) kabel spul pengapian dan ground (itu kalo kontak relay pada alarm NC ),kalo ternyata kontak relaynya NO, bisa dg cara mutus grounding cdi dan disambungkan dg kontak relay alarm

  13. pak tarno says:

    saya awam sekali tentang elektro, tapi ingin sekali praktek.
    pingin nanya beberapa pertanyaan:

    1. mau tanya mas, itu berarti rangkaian utamanya hanya sampai relai pertama ya?
    yg s2 O2 benarkah demikian?
    2. O2 itu dihubungkan ke mana? kok yg di gambar rangkaian tsb gak dihubungin ke apa-apa?

    3. trus kalo relay DPDT itu yg gimana sih, yg kaki 8 apa yg 5?
    4. bisakah diganti dengan relay biasa (relay klakson keong)?

    5. yg dihubungkan ke spul itu ke kabel pengisian apa pengapian? (motor pengapian AC)
    6. berarti tidak semua CON itu dipakai ya?
    7. jadi kalo setelah pencet starter jari kita dilepaskan dari probe apa rangkaian masih berjalan atau motor malah mati? (harus disentuh terus gitu probenya)
    maaf banyak tanya😀 demikian terima kasih. dan semoga dijawab😀

    • pak tarno says:

      maaf pertanyaan no 1 saya ralat.😀
      jadi rangkaian utamanya hanya berhenti sampai pada arus masuk ke relai ya?
      yaitu arus + dan – aja (p2 s2).

      • ekomoker says:

        1. o2 digunakan untuk mengunci rangkaian pak
        ketika rangkaian di sentuh maka relay akan bekerja sesaat , nah agar relay terus dapat bekerja maka dibutuhkan pengunci (lock) dan inilah funsi kontak O2 , yaitu memberikan supplay negatif terus-menerus agar relay tetap bekerja
        2.s udah saya jawab di atas
        3. DPDT = 8 kaki , 2 untuk coil dan 6 untuk kontak
        4. bisa asalkan sama2 DPDT relay
        5. kalo pengapian ac , cara paling efektif adalah menshortkan kabel spul pengapian (sama seperti fungsi kontak)
        6. betul,CON digunakan sesuai sistem kerja pengapian motor pak
        7. sama seperti jawaban no.1

        tambahan : K1 dan K2 adalah kaki coil relay pak

  14. pak tarno says:

    antara suply dan transistor ada komponen apa itu mas? di gambar tertulis K1 351

  15. pak tarno says:

    waw, terima kasih penjelasannya.
    tapi saya mikir, bagaimana jika motor akan diservis? gak mungkin kan kita ngasih tau probe kepada mekanik, namanya juga alarm rahasia.
    jadi perlu sebuah tombol untuk membuat alarm nonaktif dan kembali ke kelistrikan standart motor.
    jika begitu dimanakah saya bisa meletakkan rangkaian saklar penonaktifan sistem ini?

    saya mau beli komponennya, jika kesulitan dalam merangkai mohon jangan nesu kalo saya tanya lagi😀

    • ekomoker says:

      silahkan ditambah toggle switch dan disambungkan ke CON 1 – CON2 – dan CON3
      secara palelel pak , toggle switch memiliki kaki 3 sama dg kontak relaynya jadi waktu nyambungnya usahakan kaki2 yg di pasang sama atau paling tidak kaki COM (kaki tengah / CON3) nya sambung dg kaki yg sama dg kaki con relay , untuk yg 2 bisa dibolak2 terhadap relay

  16. pak tarno says:

    grrrrrr,, pak bos, rangkaian saya blom sukses pak,
    ini mau saya praktekin dari motor dagangan om saya, CB jadul bermesin tiger total. all pengapian dan kelistrikan ya jadi tiger. (kabel bodi juga udah dibeliin 1set tiger)
    mungkin ada masalah di relay pak bos, kaki-kakinya nyambungnya gimana yg bener.
    saya dapet relay yg kakinya ada angka seperti pada gambar berikut

    kaki 1 & 16 udah ketauan. karena untuk koil relay
    tinggal yg no 4,6,8 dan 13, 11, 9

    piss pak bos😀

  17. David says:

    Bisa terima rakit alarm sensor sentuh pakai Timberlake dan klakson ga ya

  18. David says:

    Bisa terima rakit alarm sensor sentuh pakai timer dan klakson ga ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s