Sorry banget baru bisa update tulisan,sekalinya update bahas wiring harnes alias kabel body ,hehehehehehehehehehe 😀
kali ini kita akan membahas pelajaran yg paling dibenci oleh para mekanik!! sama kaya metematika dan fisika yg jadi momok di sekolahan ,dan pelajaran itu adalah KELISTRIKAN 😀
coba rekan2 sekalian tengok gambar dibawah ini
itu adalah gambar skema lengkap dari wiring harness yamaha vixion , gimana mumet bukan , iki piye tooooo nek moco (ini gimana sih mbacanya :red)
nah kalo kita melihat wiring seperti gambar diatas jiannnn mumet tenan mas bro ,tapi tenang kali ini kita akan membahasnya sedikit demi sedikit agar momok yg satu ini dapat di pelajari dg mudah
pada dasarnya kelistrikan pada motor dibagi menjadi beberapa kelompok ,antara lain :
- kelistrikan beban , meliputi :lampu , starter , bel ,dan benda2 yg membutuhkan suplay listrik dari aki / spul
- kelistrikan pengapian , jelas kelistrikan ini dikhususkan untuk pengapian motor , antara lain : cdi dan koil termasuk pula spul pengapian jika masih menganut pengapian ac
- kelistrikan pengisian ,meliputi spul pengisian,rectifier regulator (kiprok) dan aki
nah karena sedemikian kompeksnya makanya kalo dijadikan satu kabelnya terlihat seperti mie ayam ,hahahahahahahahahahahaha 😀
oleh karena itu artikel ini akan saya buat dalam beberapa part agar rekan2 sekalian dapat dengan mudah mengerti,dimulai dari kelistrikan beban terlebih dahulu,ok let’s start
kita mulai dari wiring harnes untuk lampu rem dan bel, silahkan tengok gambar di bawah ini:
wiring harnes untuk lampu rem
wiring harness untuk bel
nah kalo di pecah2 gini tidak terlihat ribet bukan , sekarang untuk warna kabel pada tiap2 pabrikan silahkan tengok tabel di bawah ini:
klik untuk memperbesar
note: jika ada kesalahan dalam memberikan warna kabel mohon revisinya :D,motor yg saya pakai dalam contoh diatas antara lain :honda = supra x125 ,yamaha =mio smile , suzuki =shogun 125 ,kawasaki = ninja250
selamat belajar , semoga berguna dan salam diy 😀
Welcome back kang…. Ditunggu pencerahan ilmu2 selanjutnya
matur suwun masbro , ini baru come back dari jember , jadinya baru bisa bikin artikel lagi 😀
Ilmu yg berguna… Trima kasi…
Memang mumet…
mumet pusing minum baygo* hahahahahahaha 😀
mulane kuwi aq rawani utek2 kelistrikan soale dasare wedinan 😀
Lha wingi kan iso ngunu masang tail light di magic jar milestone njenengan ,wkwkwk 😀
di hand guard kang..iku pun njaluk tulung konco ;lol:
Ditunggu artikel selanjutnya mas eko 😀
wah komputere anyar ki kang.. requestku bisa diamankan gak ya?
Anyar OS’e thok, laptop’e tetep jadul, hehehheehe :D,rekues segera di amankan
sip… pencerahan nih. saya malah lebih ngerti kelistikan. kalau mesin ga ngerti
Mosoooook 🙂
wis,,,pokoke kabel ijo kuwi kabel masa mesti.. (honda).. ojo di tuding FBH lho yo…
Yo ga mesti,lha kabel bel’e honda kan yo ijo 🙂 cuma bedanya kalo hijau tua=ground hijau muda =bel
Eeh bukane nang jember raenek warna hijau, onone kan biru deun hehehehehehehe 🙂
wadooohhh…tumben kena moderasi… 😦 mas ekoooo…!!! 😦
Padahal ga ta protek pake apapun lho,mungkin aki askimet lagi sentimen sama sampean wkwkwkwkwkwk 🙂
waduh..nang ndi wonge iki…jangan jangan lagi ke toilet…
Sik pijet,hehehehehehehe 🙂
mantabh lek, aku kapan ya
kapan apane pan? 😀
mudengku 😀
mosok instalatir ora iso kelistrikan?
wah ketahuan, ngumpetttt
Pingback: BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) – Part2 | DIY4ALL
ilmu maning. suwun kang ngilmune….
Nggih sami2 mas 🙂
Makasih mas infonya kelistrikan ,tadi saya bajak juga tu gambarnya ngk pa kan , ilmu disebarin makin banyak manfaatnya
Monggo masbro hehehehehehehe 😀
pencerahan neh..
mosokkkkk 😀
klakson motor ane kok suaranya kurang keras ya,… apa karena aki nya soak?
kalo sein n lampu dah cukup terang seh…
😦
setelannya kurang pas mungkin mas 😀
atau sudah waktunya ganti
ini klakson motor yg mana ,tornado apa mio-j ?
ternoda om… kemaren kan sempet mati, tapi dah di perbaiki tapi suaranya kurang keras. coba nanti ane coba chass dulu akinya dah…
waktunya ganti tuch klaksonnya 😀
ternoda bukannya tahun 96-98 an ,udah tuwirrrrr kaleeeeeee
wkwkwkwkwkwkwkwkwk 😀
maz bro pnya skema kelistrikanx vario 125 pgfi…..trims
ada mas , minta skema kelistrikan yg mana
atau semua?
Punya wiring Vario 125 PGM FI ga ? Tanya2 ke bengkel AHASS teknisinya pada ga ngerti .
Ada di part 2 kalo ga salah mas
Ada solusi buang limitnya vixon gan?