BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) Part-1

wh-harness

Sorry banget baru bisa update tulisan,sekalinya update bahas wiring harnes alias kabel body ,hehehehehehehehehehe 😀

kali ini kita akan membahas pelajaran yg paling dibenci oleh para mekanik!! sama kaya metematika dan fisika yg jadi momok di sekolahan ,dan pelajaran itu adalah KELISTRIKAN 😀

coba rekan2 sekalian tengok gambar dibawah ini

wiring vixion

itu adalah gambar skema lengkap dari wiring harness yamaha vixion , gimana mumet bukan , iki piye tooooo nek moco (ini gimana sih mbacanya :red) :mrgreen:

nah kalo kita melihat wiring seperti gambar diatas jiannnn mumet tenan mas bro ,tapi tenang kali ini kita akan membahasnya sedikit demi sedikit agar momok yg satu ini dapat di pelajari dg mudah

pada dasarnya kelistrikan pada motor dibagi menjadi beberapa kelompok ,antara lain :

  1. kelistrikan beban , meliputi :lampu , starter , bel ,dan benda2 yg membutuhkan suplay listrik dari aki / spul
  2. kelistrikan pengapian , jelas kelistrikan ini dikhususkan untuk pengapian motor , antara lain : cdi dan koil termasuk pula spul pengapian jika masih menganut pengapian ac
  3. kelistrikan pengisian ,meliputi spul pengisian,rectifier regulator (kiprok) dan aki

nah karena sedemikian kompeksnya makanya kalo dijadikan satu kabelnya terlihat seperti mie ayam ,hahahahahahahahahahahaha 😀

oleh karena itu artikel ini akan saya buat dalam beberapa part agar rekan2 sekalian dapat dengan mudah mengerti,dimulai dari kelistrikan beban terlebih dahulu,ok let’s start

kita mulai dari wiring harnes untuk lampu rem dan bel, silahkan tengok gambar di bawah ini:

wiring harnes1

wiring harnes untuk lampu rem

wiring harnes2

wiring harness untuk bel

nah kalo di pecah2 gini tidak terlihat ribet bukan , sekarang untuk warna kabel pada tiap2 pabrikan silahkan tengok tabel di bawah ini:

DAFTAR WARNA KABEL1

klik untuk memperbesar

note: jika ada kesalahan dalam memberikan warna kabel mohon revisinya :D,motor yg saya pakai dalam contoh diatas antara lain :honda = supra x125 ,yamaha =mio smile , suzuki =shogun 125 ,kawasaki = ninja250

selamat belajar , semoga berguna dan salam diy 😀

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in diy, kelistriksn, mengenal, motor. Bookmark the permalink.

41 Responses to BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) Part-1

  1. gc133hijrah says:

    Welcome back kang…. Ditunggu pencerahan ilmu2 selanjutnya

  2. gc133hijrah says:

    Ilmu yg berguna… Trima kasi…

  3. Erit07 says:

    Memang mumet…

  4. setia1heri says:

    mulane kuwi aq rawani utek2 kelistrikan soale dasare wedinan 😀

  5. Gosong says:

    Ditunggu artikel selanjutnya mas eko 😀

  6. eiscell says:

    wah komputere anyar ki kang.. requestku bisa diamankan gak ya?

  7. rusmanjay says:

    sip… pencerahan nih. saya malah lebih ngerti kelistikan. kalau mesin ga ngerti :mrgreen:

  8. Mas Sayur says:

    wis,,,pokoke kabel ijo kuwi kabel masa mesti.. (honda).. ojo di tuding FBH lho yo… :mrgreen:

  9. Mas Sayur says:

    wadooohhh…tumben kena moderasi… 😦 mas ekoooo…!!! 😦

  10. Mas Sayur says:

    waduh..nang ndi wonge iki…jangan jangan lagi ke toilet… :mrgreen:

  11. ipanase says:

    mantabh lek, aku kapan ya

  12. Pingback: BAHAS KELISTRIKAN (WIRING HARNESS) – Part2 | DIY4ALL

  13. sinjo says:

    ilmu maning. suwun kang ngilmune….

  14. Purwono says:

    Makasih mas infonya kelistrikan ,tadi saya bajak juga tu gambarnya ngk pa kan , ilmu disebarin makin banyak manfaatnya

  15. kasamago says:

    pencerahan neh..

  16. klakson motor ane kok suaranya kurang keras ya,… apa karena aki nya soak?
    kalo sein n lampu dah cukup terang seh…

    😦

  17. raincbc says:

    maz bro pnya skema kelistrikanx vario 125 pgfi…..trims

  18. dwi hariadi says:

    Punya wiring Vario 125 PGM FI ga ? Tanya2 ke bengkel AHASS teknisinya pada ga ngerti .

  19. andi says:

    Ada solusi buang limitnya vixon gan?

Leave a comment