gambar minjem pak RT (mumpung orangnya lagi cuti 😀 )
sebelum saya memulai saya minta maaf dulu ,saya disini tidak bermaksud untuk memBC dan mohon kiranya rekan2 sekalian tidak membuatnya sebagai bahan BCan karena kejadian ini sangat kasuistik (namun kita perlu juga untuk berhati2),karena dari sekian banyak vario yg saya tangani (semuanya berjumlah 12 buah) hanya vario ini yg trouble
ok sedikit cerita dulu. kemaren malam (baca:15 feb 2013) salah satu teman saya nelpon ,dia bercerita kalo motor vario miliknya mengalami trouble,yakni ada suara yg aneh dan sangat keras yg katanya asalnya dari arah CVT,untungnya kejadiannya tidak jauh dari rumah saya makanya motor langsung diarahkan kerumah untuk dilakukan pengecekan
karena saat itu hari sudah larut maka beliau saya pinjami motor saya untuk pulang,jadinya motor vario tsb nginep dirumah saya. Awalnya saya menduga rem belakang macet karena waktu motor didorong terasa buerattt buanget (lebay dech …. 😀 ) tapi waktu sudah menunjukkan jam 23:30 yo wisssss besok saja dibongkar
pagi tadi (baca 16 feb 2013),setelah sarapan langsung ngecek rem blk vario,tapi kok remnya ga papa!!! tapi memang ada suara dari arah cvt,wuasemmm mbongkar mesin nich 😀 dan memang benar dugaan saya bahwa cvt bermasalah,masalahnya adalah mur pengunci kampas kopling ganda copot !!! 👿
kampas kopling ganda brodol 😀
yg terjadi adalah copotnya mur pengunci kampas kopling ganda,sehingga putaran roda menjadi berat karena kopling tidak bekerja dan roda menggerakkan piston secara langsung!!,dan juga karena mur ini berada pada sisi dalam mangkuk kopling ganda maka mangkuk dan mur menjadi bersinggungan maka terjadilah suara yg cukup membuat teman saya khawatir 😀
jadi sedikit saran buat rekan2 sekalian ,pada saat service rutin coba sekalian cek kekencangan mur pengunci kampas kopling ganda dan mur2 pengunci yg lain karena hal ini dapat menimpa motor lain juga
last,mohon menanggapi hal ini dg bijak,dan tidak membuat kasus ini sebagai bc melainkan sebagai koreksi terhadap motor2 kita bahwa tidak ada motor yg sempurna di dunia ini apapun merknya!!! dan juga saya belum mengkonfirmasi kepada teman saya apakah beliau pernah membongkar /membongkarkan cvt nya karena beliau baru bisa ngambil tuh motor nanti malem
artikel mengenai cara pembongkaran CVT sendiri akan saya buat besok,tunggu yaaaaaa
beberapa jepretan foto pembongkaran vario tadi pagi :
edyan copot2
kalo megison kan botjor…botjor…botjor,lha kalo ini mrodol….mrodol…mbrodol hahahahahahahahaha 😀
Wow… Selama ada solusinya dari bberapa master, ane ga khawatir… Kebetulan ane juga lg inden vario 125…. Udah setahun lebih ane mantau berita mengenai vario ini…
Nais inpoh… Pencerahan buat ane…
sip mas,pario saya juga aman terkendali kok,cuma memang dulu masih ngorok,sekarang sih ngoroknya sembuh dan kalo mbrebet alhamdulillah ga pernah tuh
ngorok ilange diapain cak??
punya sya msh ngorok smp saiki,cukup mengganggu knyamanan.
Lho..kancinge kemana..? Setahu saya mur di area itu selalu ada kancingannya berupa cincin,kalau nggak ada..,berarti pernah di bongkar dan lupa nggak di pasang kancingnya..
mosok ono massss,kalo di luar mangkuk ganda baru ada ringnya,kalo mur buat kopling ganda semua matik yg saya bongkar (mio-vario-vario125-beat-spacy) ga ada
Tak kiro yg di luar,sory..terlalu semangat..mocone kesusu jadi salah paham.. :oops
dan lagi dudukan kopling ganda kan ada pernya dan cukup keras,jadi per ini berfungsi ganda,mengembalikan posisi puley ke keadaan semula dan mengunci murnya juga
Wah..berarti ada sesuatu yg nggak beres,dan itu PR bagi sampeyan untuk nyelidiki..shg bisa di cegah pada unit yg lain.. 🙂
lha memang’e aku wong pabrikan mas hehehehehe 😀 kalo itu sih urusannya pabrikan QC ne piye? dan lagi saya bukan lagi mekanik beres yg bisa buat LHK (laporan kualitas honda)
😀 😀
Wih, mantab mas. Recomended Montir deh 😀
ayoo tebak siapa saya 😀
sopo yooooooo? dari emailnya kayaknya saya tahu,iki arek IT pabrik sepatu itu ta?
-___-” Pabrik sepatu mana mas bro, hahahaha
Kok ngerti ae yo, padahal gak pakai primary email loh 😀
detektif jooooooooo,mangkakno nek gawe email sing nyeleneh
ngorok ilange diapain cak??
punya sya msh ngorok smp saiki,cukup mengganggu knyamanan.
ganti kipas pake pcx atau vario125,atau sekalian getok as kruk sisi kiri (sisi cvt) ke kanan (arah magnet) sekitar 2mm insya allah sembuh mas,masalahnya sebenarnya ada pada wight roller yg bervibrasi pada dudukannya karena ada gap yg cukup besar (mungkin saat assembly yg masang dan qcnya ngantuk) pada rumah roller jadinya suara ini muncul ,kalo ga pecaya bongkar tutup cvt dan nyalakan mesin,pasti suara ngoroknya tambah parah,nah karena part ini tertutup oleh cover maka jalan suaranya merambat ke sisi radiator karena ada banyak lubang dan bahan kipas yg keras maka pada sisi ini timbul suara mendengung seperti bergema (menjadikan rongga ini seprti spiker)
suwon cak
sami2 mas
kunjungan pertamax 😀
Send from pocin smartphone xtra lemot 😀 😀 😀
monggo mas salam kenal dari wong mojokerto
Bongkar habissss..
Teman” yang suka dgn dunia teknologi,kunjungi blog teman saya yah.http://blogduniatekno.wordpress.com/
ga habis mas,wong cuma cvtnya saja 😀
wedeehh ,,, mungkin pernah dibongkar itu mas trus nguncine kurang rapet jdi nya kendo trus copot mur’e IMHO 😀
konfirmasi dari yg punya motor ,belum pernah dibongkar mas jadi kemungkinan besar torsi pengencangan baut yg kurang,nah herannya kenapa baru kemaren copotnya padahal km motor sudah menyentuh 8725 km
tdi siang tmen ane cmplain masalah yg sama.trims ya.
sama2 mas,tapi hal ini sangat kasuistik,lha wong vario temen saya aja ada yg sudah nyampe 12.000 km tanpa masalah (kalo cuma ngorok kan bawaan orok hahahahahaha 😀 )
Wah mantap lek artikelnya, setiap ad artikel baru saya share dan ane izin share lagi dan lagi biar amalnya kebagian, hehehe……_ sebelumnya salam dari bocah bojonegoro
monggo mas ,artikel saya memang 4 ALL salam kenal juga dari wong mojokerto
kdg2 klo kt abes “Service” motor di beres ato bengekel umum usahakan periksa kmbl motor kt trutama baut2 pengunci nya,kdg2 bs jd baut nya blm terpasang sempurna malah kdg2 tdk terpasang,hal ini gw alami sndr jg tp berhubung bkn di sektor vital jd mase ga mslh bs cari alternatif cm tkt nya baut2 di sektor yg vital itu yg bahaya,gw jg ga bs lgsg vonis itu sbg kesalahan mutlak si mekanik tp gw mengatakan itu keteledoran,kelalaian,trkdg mekanik dah kelelahan ato byknya kerjaan bs mempengaruhi “krg konsentrasi” nah kt sndr jg mst memperhatikannya.
nah itu dia,sebisa mungkin setelah servis di cek dulu baut2 body,mungkin saja ada baut yg lupa / kurang kencang
Terlalu tinggi kali ya target bikin Vario 125 ini. Jadi bikinnya kesusu – susu alias ada unit dimana QC nya lengah, hehe. *Peace 😀
ga komen dech kalo yg ini,hehehehehehehe 😀 namanya juga buatan manusia ga perduli merk,pasti ada aja trouble
Betul.
Bner pak eko, hrus d lhtin skrng kl servis, terkadang suka asal…
betul,sekalian juga cek oli mesin anda kalo habis service,karena pengalaman saya dulu pernah teman saya dikomplain karena yg motor yg dia service lupa ga di isi oli mesin 😦 untungnya motornya belum keluar dari bengkel
vario skrg kok bnyk bnget masalahnya, vario 110 dulu msih normal aja mpe sekarang…., eh thnks bro.atas..info kmaren,,,berhasil ane coba …, ntar ane bikin bahan posting 🙂
masalah vario yg ini kasuistik mas,karena dari sekian banyak teman saya yg pake cuma ini doang yg copot 😀 ,kalo masalah ngorok kan bawaan orok ,nanti dech tak bikin postingan khusus membahas trouble2 vario 125 dan cara mengatasinya
Harusnya Cak Eko nih jadi soldev-nya AHM, ulasan & problem solvingnya lebih jitu dari beres honda….maju terus cak, skalian tak tgg artikel pemasangan alarm tuk injeksi…kebtln lg nungguin verza nih…trauma pengalaman kmrn, megaproku yg digondol maling.
slam kenal dr pasir lereng semeru.
wah bisa saja sampean ini mas,saya mah kalah jauuuuuuuuuuh kalo dibandingkan engineer2 nya AHM 😀
kalo pemasangan alarm untuk injeksi yg ga pake engine stop atau SSS lihat saja postingan yg lalu
Wih..,mantaaaap ilmunya cak…. #lanjootkan
mosok seeeee 😀
padahal ane juga mau beli nich motor buat istri ane kok banyak trouble ya?
ga juga mas,kasuistik kalo trouble yg ini
punya saya aman2 saja tuch
mas…
kalo vario emang begitu kok… itu normal dan wajar. gak perlu berlebihan sebetulnya. emang karakteristiknya begitu.
😉
hahahahahahahahaha,pissss
namanya juga buatan manusia mas,pasti ada aja troublenya,setidaknya ada solusi untuk mengatasinya kan fine2 saja
nunggu pabrikan buat merecall?mo sampe kapan,tahu sendiri AHM kaya gimana 😀
tapi gitu2 di bela para kutang… bukannya mendesak AHM menarik Vario dan service total malah di bilang sekseh, ndut2an cuma hoax, makan busi cuma BC…
😆
terlalu banyak masalah. mending beli metik merk lain.
salam knal mas…
sy jg pnya vario 125.pnya bnyk mslh.apa sy bsa brknjung kerumah?sy bsa mnta alamat n no hp skalian.
thanks
Cek email