wahhh ciussss enelannnn hehehehehe 😀 ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn
tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn
sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita
peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2 terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)
setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:
jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin
suara yg terdapat pada kepala silinder :
- suara camchain (rantai mesin/kamrat)
- suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
- suara piston
- menentukan suara cam chain:
ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)
note:suara terdengar pada bagian rantai mesin
- menentukan suara sistem penggerak klep
ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)
note:suara terdengar pada kepala silinder
- menentukan suara dari piston
nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1
note:suara terdengar pada bagian blok silinder
setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :
- cranksaft
- sistem kopling
- suara crankshaft
ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft
note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin
- suara sistem kopling
dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama
nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait
demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua
salam DIY
mas broo… mtr saya gl max neotech 2005, kalau pagi di panasi dlm keadaan mezin msh dingin knp suara mesinya kasar sekali ya.. bunyi cklok cklok gtu, tp kalau ud di pake jalan dan mesinya udh panas suaranya ilang, kira2 ada masalah di mananya ya.. mohon pencerahanya mas.. broo
oli belum naik ke silinder tuch masbro jadinya ya kalo dingin ada suara2 kasar gitu
kalo suaranya terlalu berisik coba dicek kelonggaran celah klepnya mungkin celahnya terlalu lebar ,ukuran setandartnya in=0.10 mm ex=0.10 mm ,kalo pengen lebih makyussss in =0.10 mm ex =0.12mm
Slm knal mas bro saya adi, mau tanya mas bro motor saya supra x thn 2002 keluhanx adlh,
Motor saya klu d nyalakan suka da suara brisik krek..kreek..klu kopling d mskan 1 suara itu makin jelas pa lagi pas posisi jln suarax smkin keras & bnyk yg blng itu sekerx kena tp dj jg yg blng klu g kelep ya rantai kampratx tp g prnah keluar asapx larixpun jg msh normal,
Mohon di jwb kira2 tu apax ya mas bro??
kalo rpm di naika suara semakin keras berarti masalahnya timbul dari kepala silinder (bisa dari klep-temlar-noken as)
mas salam kenal soko cah magelang.
mas mau tanya ,motorkalau dimasukin gigi satu ataub2 terus di buat boncengan suarane terus rasane grek grek kuenceng , apanae mas menurut peyan .sik rusak.
rantai dan girnya sudah aus masbro / jarak main bebasnya terlalu sedikit (rantainya kekencengan) , setandartnya 12-15 mm
bukan dari rantai ketengnya ya mas bro… ? soalnya kemarin2 suaranya masih halus,nda separah ini, makasih mas bro..atas informasinya
lho ini rantai roda bukan rantai mesin(rantai keteng) masbro
Mas eko mohon bantuannya
Saya sudah ganti tensioner, suara derik ato derak ya bingung mas nyebutnya seperti suara getar tapi ngayun trrrrrrrr……..trrrrrrrr kedengerannya dari bagian depan kiri.
tapi dari rpm rendah sampe di gas tambah kenceng suaranya.
kata bengkel bisa camchain bisa juga noken as, piye mas.
kalo di gas tambah kencang ada kemungkinan suara timbul dari cylinder head, bisa jadi karena klep-noken as-temlar yg aus masbro atau yg paling simple setelan klepnya kendor
masbrow suaranya dari mesin.
kalo suaranya dari mesin berarti koplingnya yg abis / selip ,bisa kopling ganda (kalo motor bebek) / kopling utama (pada sport)
Mas, shogun98 saya kok ga ada tarikannya ya? Gigi4 udah gabisa nambah speed lagi, apa itu di sehernya? lubang knalpotnya juga hitam om. satu lagi, jika di rpm tinggi kaki sering kesetrum, itu kenapa ya om? mau servis besar biar ga dikerjain sama pihak bengkel
coba cek tekanan kompresinya,bisa jadi kompresinya lemah
kalo sering kesetrum mungkin koli motor sampean bocor
Apa saya musti kebengkel?
koli itu opo om? kok bisa bocor
maaf om, jadi tindakan saya musti gimana? apa harus bawa kebengkel buat servis besar? motor tua 98 hihi
Shogun dikasih karbu apa ya om yang cocok?
hahahaha sory koil maksudnya,maklum ngreplay sambil nyoder ya gutu dech
kalo memang ga bisa bongkar sendiri ya minta bantuan bengkel masbro,setidaknya sampean punya patokan apa saja yg mo dibongkar
Udah gaada tarikan, bensin boros, dan geteran di step itu kerasa banget pas di rpm tinggi, pendapat master gimana?
Kalau diganti knalpotnya sama nob1 apa nambah powernya? sungkemm 😀
mending dicari dulu masalahnya ,masalah knalpot entar dulu dech mending duitnya buat mbetulin jeroan mesin
kalo masalah boros dan ga ada power lihat setelan karbunya, masalah getaran berlebih sampean cek sekalian balancing askruk dan ganti juga bearingnya biar getaran mesin jadi agak minim
dan juga cek sekalian karet2 mounting mesin (kalo ada,kalo mesinnya ga pake karet mounting ya karet mounting swing arm sampean cek kali aja swing armnya sudah agak oblak )
Shogun dikasih pe28 cocok gak om?
kalo keadaan mesin belum di ubah mending ga usah pake karbu venturi besar masbro,cuma menang boros doang
lain cerita kalo mesin sampean udah di bore up,pake klep lebar ,noken kompetisi dan cdi unlimitter baru karbunya bisa pake yg venturi lebar
ibaratnya nich,orang kurus kering dipaksa buat makan seember,kira2 sanggup ga ,wkwkwkwkwkwkwkwkwkw 😀
Tadi ane baru kebengkel mas, pas mau ganti oli, dari bawah gaada yang keluar, ane sempet ketakutan mesin jebol. terus ane tanya kalau mau mulus berapa, katanya 900an udah bagus itu mesin, dari depan ampe belakang, termasuk ring seher, seher, stang seher, leher, keteng dll, apa bener biayanya segitu mas?
pake karbu rx king, apa manipulnya mesti diganti om?
ya ganti lah ,karbu ori shogun kan model baut,kalo karbu rx model sok2 an,pake aja manifold variasi
Pertanyaan ane ketinggalan 1 om, wajar ga 900 ribu untuk ganti seher, stang seher, ring seher, laher, keteng, pokonya daleman mesin yang vital diganti, wajar harga segitu om?
Oiya, tadi ane abis dari bengkel juga, apa knalpot bisa kesumbat om? bisa bikin tarikan kendor? musti di bobok biar normal?
sijuki shogun ,daleman mesin harga 900rb? yakin tuch pak part ori ,harga rantai kamratnya aja setara neotech 😀
paling nggak dana buat restorasi mesinnya nyape 1-1,2 jt an mas ,itu kalo pake part yg full ori
kalau knalpot kesumbat ngaruh ke tenaga om? kalau kesumbat berarti musti di bobok?
kalo kesumbat ya dibedhel alias di bobok 😀
selain koplingnya aa nya mas ,apakah kira kira karet damper kopling atau bearingnya.
kalo karet damper yg aus harusnya bunyinya hanya saat akselerasi spontan saja
Mas … salam kenal ya
… setiap hari motor laju ke gunungkidul, Mega Pro 2003, double stater,
Klo mesin dibawah 60 km/jam, suara tenang,
tapi ketika diatas 60 km/jam, mesin mulai muncul suara berisik tambahan, klo saya menyebutnya kempreteg – tek-tek-tek, dan sepertinya kok dari bagian atas mesin,
Naah, kemungkinan temlar dan noken as ( baru aja ganti bearing nya ) atau malah kena stang sekernya ( oversize belum ada 1 tahun )
Apanya mas kira-kira … ?
kalo dari gejalanya sich ada keausan pada silinder head,bisa jadi karena noken as yg aus atau temlarnya yg aus (namun biasanya ke2 benda ini saling terkait,artinya kalo nokennya kena pasti temlarnya juga kena 😀 )
kalo stang seher sich kayaknya nggak masbro kecuali saat diblayer ada suara menderak namun terdengar didalam mesin baru dech curiga setangnya
emm.. tapi body dari silinder head nya sendiri rusak apa gak yaa Mas ?
klo ganti noken as dan templar biaya sampe berapa kira-kira…,
pernah browsing,
kayaknya noken as : 180.000, klo temlar belum tau juga berapa…
kalo body silinder head kayaknya agak susah mas kalo aus
masalah harga ,ampun dech saya ga apal , udah 3th ini saya out dari bengkel 😀
hehe..
.. akhirnya sabtu kemaren ke bengkel Mas,
Tapi baru tahap survey,
.. ( 3 bengkel sekaligus ), 2 bengkel mengatakan setangnya, 1 bengkel mengatakan temlar dan noken as,
.. yaa, baru spekulasi juga siiih mereka, yang pasti kata mereka harus dibongkar dulu baru akan ketahuan mana yang bikin suara, 😀 waaaah,
Okeeey Mas, maturnuwun buat sharingnya,
seperti yg saya jelaskan diatas ,kalo setangnya yg kena kemungkinan besar nggak,kecuali motor sampean sudah pernah kehabisan oli
dan lagi kalo satng seher kena itu bunyinya hanya saat diblayer cepat kalo stasioner justru ga bunyi parah,mungkin bunyi tersebut karena damper kopling motor sampean yg sudah keras,soaalnya bunyi setang seher yg aus sama karet damper kopling rusak sama persis,agak susah mbandinginnya bedanya cuma kalo stangnya yg kena suaranya agak didalem mesin,kalo kopling yg kena suaranya lebih keras dan lebih diluar
Bengkel gak bisa selesain 1 hari, motor akhirnya belum jadi dibongkar,
Pernah Mas, kehabisan olie, jadi mungkin betul juga
Pie klo dari suara, kok kayaknya dari luar dan keras,
damper kopling sama kampas kopling sama gak Mas ?
ya itu tadi kalo pernah khabisan oli ya siap2 ganti stang seher,namun kalo suaranya dari luar ,kemungkinan damper koplingnya yg aus masbro
Motor saya bagian tengah bunyi tek tek tek dan agak bergetar jga..
Kira” apa’a yah..?
Apa pen seker rusak dan kruk as gx balance..
wah masih kurang jelas pertanyaanya masbro
itu bunyinya saat putaran mesin berapa,kondisi mesin panas/dingin,munculnya suara saat diblayer atau bagaimana?
kalo masalah getaran berlebih bisa jadi karena askruk yg kurang balance atau karet2 mounting (kalo ada) yg aus atau bisa juga karena baut mesin kendor
Gan tlg ne gan motor ane jupiter z 2005, saat motor dingin kayak ada bunyi di tengah mesin, besi beradu besi, kira kira itu ap ya?
kalau panas masih bunyi ? ,rpm mesin?
slm knl mas bro..
q pny tirev 2007..
mesinnya ne ksar bgt..
kl bru d panasi suaranya g sbrp.tp kl ud d panasi sekitr 10 mntan suara toktoktok klr.kyknya c dr calter knan..tp wkt d setengah kopling suaranya brkrg dkt..smkin pnas smkn keras suaranya..q da prnh gnti kmpas kopling.gnti rntai kamret.ud prnh d sruh kelingkan matahari kopling house tp ttp g ilang suaranya..kta bbrp bengkel ad yg sranin gnt kopling house.ad yg bilang gnti kamrat sm karetnya…ud setaun ne q bgung..mhon bantuannya q hrs gmn..
kalo di naikkan rpmnya masih bunyi mas mesinnya?
kalomasih bunyi berarti suaranya dari kepala silinder (bisa klep,noken atau temlar) ,kalo di naikkan justru malah berkurang suaranya maka ada keausan pada sistem penggerak nokennya (LAT,kamrat dan karet tensioner)
kalo kopling house yg aus suaranya hanya muncul kalo di blayer (disentak) saja
Kyknya c tmbh cepat tempo bunyi..
Ne mlah tmbh bunyi cikcik bagian block kop ats pas panas…
Pny recom bengkel yg bs ngecek ma bnerin di surabaya gak gan..
Kl mw konsul lbh jelas lg.q hbgi cp..nmr tlp ap gmn gtu..
Replay 0838.5419.5751..please
yaa itu tadi yg saya sebutkan diatas permasalahnnya
kalo bengkel di sby yg recomended ini saya yg saya ga tahu 😀 mungkin teman2 di komunitas tiger tahu
Dlu kn q gnti kamrat..
Beda gak pengaruh ma mesin kl pkk kamrat ori honda indonesia.soalnya kata ahas.mending pkek asli jepang..
Cz bunyi mesin tu keluar keras pas kondisi panas dan idle…
Kl bwt jln uda brkurang..
kalo saya sich rekomen yg jepang,soalnya kamrat ori yg indonesia biasanya malah terlalu kencang jadinya mesin mendengung
cuma hargan ori jepang bisa bikin tongpesssss 😀 ,lhawong tahun 2004-2005 dulu aja harganya masih 270-280 rebu,tahu tuch sekarang harganya berapa
kalo yg ahm lokal sekitar 170rb an
Mas, mau nanya.
pemasangan LAT terbalik pda tiger 05 emang ngaruh y, soalny tadi sy bongkr trus pas dipasang lagi malah bunyi cik cik cik pada putarang langsam.. mksh
ga masalah mas,bisa bolak2 kok
mungkin per LATnya sudah lemah mas
mas saya mau tanya motor saya smash waktu d stater pakek kick stater ada suara tek tek setelah nyala gigi dimasukan satu di gas terdengar suara klotak klotak tp saat mesin panas suara tsb hilang. jadi menurut masnya apa yg rusak.
oli terlalu kental jadinya agak lama naiknya atau bisa jadi ada keausan pada mesin motor sampean
sayang kurang jelas disisi mesin sebelah mana bunyinya ?
mas saya mau tanya motor saya smash waktu d stater pakek kick stater ada suara tek tek setelah nyala gigi dimasukan satu di gas terdengar suara klotak klotak tp saat mesin panas suara tsb hilang. menurut masnya apa yg rusak.
oli yg terlalu kental dan belum naik atau setelan klep longgar masbro
atau bisa juga noken /temlar/klep aus namun itu kalo saat mesin panas masih tetap bunyi 😀
mas mau nanya,,,mtr ane jup z abis gnt kmps kopl..abis di pasang mlh ad bunyi tok..tok tok kyk kyk per engkol lepas..kira2 apanya mas broo..?/
coba dicek karet dampernya ,baik karet damper kopling house maupun kopling ganda
Mas bro ane punya supra 125 thn 2010 km baru 8000 ,masalahnya diwaktu mesin hidup,tdk terdengar suara kasar dan mendengung,,tp disaat motor dijalankan dan ketika gas diturunkan terdengar suara mendengung.mohon pencerahanya mas bro.
apa motor sampean pernah bongkar kopling? mungki saat pemasangan kopling ganda, slave gear kopling ganda terlalu banyak muntirnya
mas mo nanya ni motor saya jupiter z . klo jalan tarikanx berat terus ada bunyi tek tekx di mesin. kadang abis jln trs di netralkan ky ada yg msh muter didlm mesin . kira kira itu penyebabx ap ?
bisa jadi setelan klep terlalu rapat atau kampas kopling aus
mas bro,saya punya prima 89 ,sewaktu jalan msk gigi 1bunyi kretetek..kretetek….tp msk gigi selanjutnya gak lg…apa masalahnya mas bro…
rantai roda terlalu kendor atau gigi perseneling sedikit rompal masbro
mas. mtor ane nvl . stiap di gas tnpa kopling kok ada suara berderik terrrrrrrrrrr di mesin sblh kiri, tp saat gas pke kopling ga kdengeran. mnta solusinya gan. km bru 520..
mas. mtor ane nvl . stiap lg jalan trus di gas tnpa kopling kok ada suara berderik terrrrrrrrrrr di mesin sblh kiri, tp saat gas pke kopling ga kdengeran. mnta solusinya gan. km bru 520..
coba claim ke dealer aja masbro kan ada garansinya
apa di motor NVL yg lain ga ada suara2 seperti motor sampean?
Mas mau nanya mtorku supra thn 05, engine ngk bs bnyi.. Pdhal pengapian bgus,bensin lncar.! Kira 2x ap yg perlu di cek.?
coba cek cop busi / businya dan kompresinya masbro
barangkali businya sudah mati atau kompresi terlalu rendah
note:kompresi terlalu rendah biasanya karena klep tidak menutup dg sempurna akibat terganjal oleh kerak /klep bengkok
coba silinder di isi pake oli mesin yg masih baik lewat lobang busi,trus tutup lobang tsb pake tangan dan di slah beberapa kali.hal ini bertujuan buat memancing kerak agar rontok dan tidak mengganjal klep
takaran yang dimasukin ke lobang businya berapa liter om? 1/4?
walah dikit aja masbro paling 2 sendok
Mas,,,ak punya vixion kalo putaran idle bunyi glak2 dalam mesin apa nya,,,tp lo rpm tinggi siara nya hilang,,
bisa jadi LAT atau rantai mesin aus masbro
Mas eko motor ku blum pernah dibongkar mesinya,,yang dimaksud slave gear ama muntirnya apa mas eko tolong pencerahanya,makasih.
seperti terlihat di gambar,ada 2 buah gear, gear utama yaitu gear yg tebal nah gear yg kecil itulah yg dinamakan sleave gear
gear ini dapat diputar2 dan maksimal kalo ga salah bisa di offset(diputar) hingga + 4 1/2 mata ,nah disini lah letak mendengungnya ,biasanya saat pemasangan kopling ganda gear ini terlalu banyak muntirnya,normalnya cuma + 1 1/2 mata offsetnya masbro
Mas bro, kebetulan pnya sya motor revo 100cc keluaran tahun 2007,
sya mw tnya knpa stiap msukin gigi kedpan itu gk dha ngenjutanny mas?
Thu tmbul mslhny dri mna mas?
kopling gandanya aus masbro
suhu, revo110 karbunya diganti sama rx king cocok ga? apa ada yang musti diganti sono sini?
pake karbu shogun aja ,pake karbu king kegedhean,kecuali motor situ udah di bore up ,ganti klep lebar dan pengapian racing baru dech pake karbu gedhe rada ngepek 😀
Nah kalau shogun make karbu apa yang cocok? mesinnya masih standaran om hihi:D
karbunya gl-max
Make karbu gl max efektif menambah powernya ga om?
nambah power sich nggak terlalu banyak tapi akselerasinya yg bakal terdobgkrak drastis
dan setahu saya klep shodun itu dulunya menjadi klep yg paling lebar dikelas bebek 110cc sekitar 24-26an mili,dg saumsi tsb maka karbu dg venturi 22-24mm yg paling cucok 😀 dan karbu gl-max kan 24mm juga ,atau pake keihin pe24 nova dash juga bisa
Menurut master mending karbunya glmax opo pe24 om?
note: mending gl max or pe24 keihin atau mikuni om?
mikuni 24 flat alias karbu skep kotak cocok buat akselerasi ,pe 24 dan gl max ,cocok buat speed tinggi ,silahkan pilih sesuai kantong dan kebutuhan
emang harga mikuni24 sama pe24 atau gl max beda jauh om?
jauhhhhh buanget kalo yg ori,dulu mikuni flat 24mm harganya nyampe 1,7-1,8 jt , pe24 antara 800-1,2 jt , gl-max 700 ribuan
oiya om, mesin standaran gamasalah kan cuman ganti karbu mikuni24 kotak?
ya itu tadi kalo mesin standart palingan menang borosnya doang :mrgreen:, akselerasi memang meingkat namun top spitnya yg ga terlalu naik drastis
Kalau make mikuni kotak yang kw gimana om? setinganya bisa dapet ga?
mending pake karbu gl-max ori daripada karbu kotak kw
sama kayak pe28 abal2,repotttt nek arep setting , ga nemu2 😀
bisa langsam tapi ga bisa enak akselerasinya
biar akselerasi jos mending gl max apa pe24 keihin bro?
pertanyaan terakhir mas, knalpot mempet pengaruh sama akselerasi dan kehematan bensin mas?
pake pe24 masbro
knalpot mampet berefek pada perolehan tenaga yg kurang maksimal sehingga pengendara cenderung menaikkan throttel dan inilah yg menyebabkan boros bensin
Kira kira knalpot ori buat shogun masih ada gak bro? kisaran berapa?
kalau bobok knalpot suaranya bisa mesen gak terlalu keras kan bro, kayak knalpot standar?
mana nih omnya? mau bobok dilema, lagi nunggu keterangan dari master 😀
knalpot shogun baru ada kok,tapi harganya yg lumayan
kalo pengen bobok silahkan saja ,ga jadi masalah
Mas eko gimana cara membedakan kampas kopling habis sama kampas sentripugal abis,berapa km biasanya harus ganti,apakah harus sama rumahnya.mohon pencerahanya
kalo kampas kopling habis biasanya pada rpm tinggi mesin seolah2 tertahan
kalo kampas sentrifugal yg habis ,akselerasinya yg tertahan
berapa km harus ganti?wah kalo ini ga ada patokan pasnya di buku manual ,tapi sebagai patokan aja >3th kalo rutin ganti oli dg pemakaian wajar
mas bro mau tanya nih….mtor stria fu klo digas ada suara tiktiktik….mkin digas makin laju…tpi klo gas trun ilang….ap masalahnya ya,,,ap noken asnya ya
bisa jadi
atau shim tappetnya yg sudah aus
Slam knal mas bro……
Mau tanya ini mas bro …..
Kenapa suara motor saya itu kalau pada saat tidak di tarik gas atau pada saat di kasi hidup suaranya keras habis lembe lagi dst…
Kira2 apanya mas bro yang rusak….
setelan klep longgar atau sistem penggerak klep di kepala silinder ada keausan
mas .
Sya minta tl0ng sangat ni mas .
Mtor q smash 2005 .
Mtor ny udh semi korekan .
Sya bingung mas .
Shabis turun msin ganti stang npp std .
Ko kupling ny kendor trus , stelah aq coba starin dg kcptn 120 kmh , tu msti baut pengencang yg di ganda nya lngsung kndor , pdhal sya udh bulak blik q kncengin tu baut ampe bunyi . He
Yg jdi pertanyaan ny gni mas .
Ada suara di bgian blok kop , ( klung – klung – klung ) , suaranya kyak seher l0nggar gtu . Tpi kalo baut kupling ny sya kncengin . Tu tuk awalan mulus tu msin .
Sya mh0n bntuan ny mas . Mksh .
saat memasang mur kopling baik mur kopling utama maupun kopling ganda pasti ada ring special,mungkin saat pemasangan ,ring ini lupa dipasang atau terbalik

note: ring specialnya biasanya ga rata alias sedikit cembung dan bertulis kan “OUT SIDE” nah sisi ini biasanya dipasang menghadap kita,atau ringnya berupa plat dg nok sejumlah 4 buah yg menjepit murnya
seperti ini nich bentuk ringnya
maaf mas susunan masang ringnya gmn ya mana yang pertama dan menghadap kmna
mas eko. .mt0rku fu baru 900km. .tapi suara di head bunyi klitik klitik gt. .pdhal pke pertamax. Apa adjuster tensi0nernya udah ga brfungsi lg? Baru 900km lh0w?hehe
mungkin shim tappet ya aus atau abnormal alias trlalu tipis ,jadinya bunyi dech
permisi mas, sy mau nanya , kebetulan sy masih awam banget ini sama urusan motor,
motor sy Honda Astrea tahunnya lupa,
mas, jangka waktu penggantian oli mesin itu sebenernya berapa km pemakaian ?
kalo suara mesin tiba2 keras macam dipakein knalpot blombongan itu kenapa ?
mesin motor bunyi tik tik tik itu kenapa ? apa rantai kamrat nya ? 2 bulan ini kebengkel digantiin rantai kamrat 2 kali. motor biasa dipake PP kira2 50km an perhari.
terimakasih,
penggantian oli disarankan oleh bengkel tiap 2000km atau 2bulan mana yg lebih dahulu dicapai(jangan terkecoh dg iklan oli yg bisa di pake sampe 4000 km,punyaku tak coba cuma 1500 km olinya berkurang cukup banyak)
untuk lebih amannya sich 1500km ganti,kalo buat motor tua jangan coba2 pake oli encer karena suara mesin bkal tambah parah,pake aja oli 20w50
untuk masalah rantai kamrat,kalo bisa saat ganti sekalian ganti juga rol tensionernya,karena yg cepat kalah justru karet rolnya bukan rantainya (supra fit saya 5 th cum ganti 2kali rolnya,setelah 9th baru tak ganti rantainya)
siang gan numpang curhat ni ..
motor ane jupiter z.mesin sebelah kanan berisik banget, ada bunyi tek tekx. ky ad baut yg kendoor gitu..klo dpake jln pas gas turun jlnx los ky kt lg pencet kopling. bgitu jg pas lg manasin digas dikit trus kontak dmatiin ky masih ad yg muter dalam mesin. kira kira penyebabx ap y gan ? tolong kasih masukan gan..
alo ga salah mesin jupiter pake balancer mesin (cmiiw),jadinya kalo mesin mati masih ada sisa putaran dari balancer ini
kalo msalah bunyi,coba cek karet dumper kopling dan karet dumper kampas kopling ganda
mas aku punya motor juviter Z 2009 bunyi mesin kasar dan terdengar begitu berisik dan bergetar begitu kencang ketika dijalankan maupun tidak. kayaknya apa tu mas penyakitnya.saya udah ke bengkel mas nanya gitu tp jwban berbeda2 ada yang bilang kelahar dinding terus ada jg karet kopling”ada jg yang bilang stang sehernya.MOHON PENCERAHAANYA MAS
dibaca dulu mas postingannya,kira2 suaranya seperti apa? rpm berapa suara muncul?dan di sebelah mana sumber suaranya?
coba di kroscek dg membaca postingan 😀
Om mo tanya motor [g̲̅u̲̅e̲̅] shogun th 96 dah ganti seher pake thunder 125.Ќªl☺ di gas’nya nutur jalan biasa tapi Ќªl☺ langsung di betot ko nembak2 Ƴǎ̜̣̍c̳̿ƗƗ kenapa ya om apa ya masalahnya.ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈
bisa jadi settingan karbunya belum mksimal masbro,kalo dari gejalanya bisa karena main jet terlalu besar atau jarum skep nya terlalu kurus
coba karbunya pake yg besar pe24 misalnya
selamat malam gan….
sepeda mtor saya Vario CW 110cc keluaran thun 2010,kyk.nya ada masalah pada sektor mesin,..pada saat kondisi idle (nggak jalan) suara mesin alus2 aja gan,..tapi setelah d buat jalan atau mesin sudah panas gtu,..ada suara klotok2 gt gan,…yg sya denger sih dari sisi mesin tepatnya dari kipas radiator,..apa kerusakan.nya bkan dr kipas radiator? ,,bukan dari drivebeltnya gan.,.
pencerahannya gan….
trimakasih….^^
pada sisi radiator tidak ada komponen yg bergesekan masbro,kemungkinan dari sisi drive belt yg bunyi tapi merambat ke sisi radiator suaranya,kasus yg sama dg wtf ngorok
bukan kerusakan noken as atau camshaft semacam gtu gan? soalnya dr sisi mesin sprtinya gan….u,u
trimakasih bwt pencerahnnya gan..
up up…^^
kalo dari sisi mesin,biasanya bunyinya di semua kondisi dan rpm , kalo dari sisi drive belt suaranya muncul hanya saat berjalan saja
ini gan rekaman suara dari mesinnya
mskipun gk jelas sewaktu d bleyer,..tapi kedengeran sehabis d beleyer suara anehnya gan
http://www.4shared.com/music/MqEJUr6I/Sound_clip_01.html
kayaknya suara berasal dari bearing kopling ganda masbro ,mungkin bearingnya oblak
ciri2nya kalo ban diputar (mesin mati) ada suara gesekan pada sisi drive belt
kalo servis kisaran abis brp gan?,…:/
ya gan..trnyata dr sisi drivebelt,…itu bukan rollernya jg yg kena? u,u
makasi infonya agan ekomoker…^^
bisa jadi rollernya kena dg catatan kalo suaranya masih muncul saat motor berjalan
bearingnya murah kok 15rb an kalo ga salah , cuma ongkos bongkar-pasangnya yg mahal 25-30 ribu:D
Motor saya supra X 125 apa bila mesin panas dlm keadaan jalan dgn kecepatan 80 km/jam maka akan keluar suara.narmal kah itu?
coba di kroscek dg motor supra x yg lain apakah suaranya sama?
kalo ga sama ,kira2 suaranya muncul pada bagian mana?
bro, mau tanya, membobok knalpot itu perlu waktu berapa lama?
oiya menurut master nih, kalau oli gampang abis, boros bensin, dari knalpot keluar asep putih dan busi item itu kenapa bro?
musti digimanain itu motor?
bobok knalpot bisa 2-3 jam an masbro tergantung tukang yg bobok
kalo keluar asap putih disertai berkurangnya oli mesin itu tandanya musti beli motor baru,wkwkwkwkwkwkwkwk
bcanda masbro ,itu tandanya ada kebocoran oli pada ruang bakar bisa jadi karena seher dan ringnya aus atau seal klep lemah
Shogun kebo nih kwkwkw
kalau ganti seher atau ringnya lama ga om?
untuk mengganti seal klep sama seal buat kick starter berapa lama ya om? mau dittinggal motor cuman 1 tapi keadaan sibuk hihi 😀
kalo cuma bongkar head paling 1hari selesai mas ,dg catatan bengkelnya ga ruameeee 😀
susah nyari bengkel sepi, mau lebaran pada nyervis motornya haha:D
6jam cukup kah om untuk ganti seher sama ringnya? untuk shogun kebo perlu berapa duit yak om?
6jam cukup,dg catatan sampean kenal sama tukang bubutnya 😀
Ane gakenal om wkwk 😀
Masbro kenapa Ƴɑ̤̈ª motor saya Ķālāu mesin ήƔα̲̅ sudah agak panas ada bunyi seperti rantai klep kendor tp kata mekanik honda itu bukan rantai klep, , kira kira apa ήƔα̲̅ Ɣά̲̣̥ƞƍ rusak mas bro.
kalo panas saja bunyinya? bisa jadi setelan klep longgar
Masbro motor q tiger tahun 2012, ada masalah apa om dengan mesin motor к̲̣̣̥ü, kalo mesin ny agak panas ada bunyi tek, tek, tek, kalo rpm ήƔα̲̅ sedang tinGgi itu bunyi tambah kenceng , tolong masbro kasih tau saya apa ήƔα̲̅ Y̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊n̶̲̥̅̊g̶̲̥̅̊ Ω̶κ̣̇υ̲ rusak
setelan klep terlalu longgar masbro
aww..mas mau nanya motor ane honda kharisma th 2003 kalau kick starter d selah kadang kena kadang ngelos kenapa ya..? apalagi mesin masih panas..lebih susah lagi di selahnya..mohon infonya..
kampas kopling selip atau aus bro 😀
mau tny nih..mtor q jupiter mx th 2005 udh 601.000km..aku bru gnti oli shell advan tp kok mlh tarikanny berat,bwt kec diatas 60km harus jrak jauh thx
bisa jadi kampas kopling mulai selip atau setelan klepnya terlalu rapat
Mas bro,sy mw tny !!!
Mtor sy yamaha jupiter z 05 stiap mw masukin gi2 kadang2 susah kdu 2x bru msuk,trus suka g mw balik..trus suara dmesin dlm kasar bgt ky ad yg g lncar jln’e ky ad yg beradu..sy ud pake kopling manual,suara’e deg..gedeg..gedeg..kta bengkel hrus gnti rumah kopling sma kopling ganda…tlng ksih solusi’e mas biar g slah
kalo pake kopling manual kenapa pake kopling ganda?,coba karet dumper di cek,sekalian mekanisme pemindah giginya dicek masbro
Trus klo rumah kopling’e ane gnti ap msin jd alus ap gmna mas???
paling tidak suara engine noisenya berkurang masbro , namanya motor kan buanyak sekaleee tuch part2 yg bergerak dan saling terkait
udh tk bawa k bengkel ktany klepnya nggembos mas..klo bneren abis brp y? klo d biarin gt dampaknya apa?
wah kalo HETnya coba cek online catalogue nya yamaha aja masbro , efeknya banyak karena kunci motor 4 langkah itu ya silinder headnya,termasuk didalamnya adalah klep 😀
ciri2 nya klep bocor apa mas? soale aq gk tau mesin mtor mas mhon pencerahannya
coba cek businya kalo ada kerak yg banyak menempel berarti ada kebocoran,dg catatan seher dan silinder dinyatakan normal , satu lagi asap knalpot berwarna putih dan tidak terlalu tebal keluar pada rpm tinggi
asslkm bro…saya mau tanya nih..motor saya karisma 04..saat mesin idle ada bunyi glek-glek tp saat masuk gigi1 suara tsb hilang.. juga ketika awalan mtor mau jalan ada bunyi berderak dibagian mesin,kemarin pas ganti seher stang seher dicek masih baik2 saja…kira2 apa ya mas yg rusak? Kemudian mesin ada bunyi kerrrr pada putaran menengah tp ketika putaran tinggi suara itu hilang…mohon pencerahannya..terimakasih
dumper kopling aus masbro,dumper kopling utama dan kopling ganda
permisi salam kenal masbro…., sy baru beli motor seken pulsar 135 thn 2010 dari pembeli pertama. minta tolong skr sy ada masalah dngn suara mesin ny yg bikin galau yaitu klo sedang jalan d rpm 4000 keatas ada suara kerrrr….. klo sedang berboncengan atau bawa beban suara terdengar dr rpm lebih rendah. nah klo d.posisi diem mesin hidup suara itu tdk ada, mohon pencerahan ny dr masbro eko…
trims tambah sukses selalu..
cek rantai rodanya masbro
bos, ukuran karbu shogun fd110jadul itu berapa mm?
Kalau shogun kebo dipasang pe 24 gimana om? cocok ga tuh?
Sebelumnya selamat lebaran bro, terimakasih udah jawab semua pertanyaan kita:D
kalo ga salah sich 16mm an
Dipasanagin pe24 gimana bro?
Mas eko ,shugun 04 punya mertua,disaat masuk gigi 1,kadang kadang jalanya seperti pakai kopling laki,padahalkan motor bebek,apa masalahnya ya,,,,mas yang namanya dumper kopling itu yang mana,terus gejalanya yang jelas gimana.ok master motor mohon pencerahanya,
kopling gandanya terlalu mepet masbro

dumper kopling itu=karet kopling
kayak gini nich contoh bentuknya (ini kalo ga salah karet dumper kopling honda)
Ms bro blok kopling vega 04 bunyi mndngung saat jaln dari gi2 1s4 itu apanya kra2 mas?
koplingnya dibuat manual apa masih setandart?
asalamualaikum mas eko
mo tanya lagi yg kesekian kali. Kemarin q iseng buka bak magnet glmax neotech trus q tarik2 magnetnya dia geser/gerak kluar-masuk kurleb 1mm. Laher kruk asnya ikut gerak juga tp kyknya gak oblag,cuma bergeser kluar masuk. Apanya yg kena tu mas trus solusinya? Trimakasih pengeran sing mbales
berarti dudukan bearing askruk longgar masbro , cara nya bisa dg di sok ulang atau ganti crank case 😀
oiya lupa. apakah dinding magnet sebelah dalam bergelombang coz punyaku bergelombang.trus msn kasar ampe q gk pernah gas lbh dr setengah krn getar serem
getaran terjadi karena dudukan bearing askruk longgar
wah tbh serem aja crankcase yg kena, brarti laher seharusnya rapat untuk menahan posisi kruk as biar gk geser2 gt mas. ato mungkin da mur/baut yg krg rpt diarea kopling gt mas hingga askrukx bs bergeser (berharap mukjizat) suwun mas
kalo ada baut yg kurang kencang pasti mlintir crankcase sampean dan oli pun pasti bocor
mungkin dulunya sampean sering telat ganti oli masbro,kalo pengen ngirit sich di sok aja lobangnya pake kuningan
Assallammu’alaikum mas bro sy mw tny ni mtor sy jupiter Z 2005,kemaren abiz gnti gi2 primer,am dumperkoplik tp msh sma aj g ilang bunyinya..ciri’e klo lg Rpm rendah suara bunyi mesin glotok2 kya’e dri sisi dalem mesin tp klo di Rpm tinggi/dbwa ngebut suara’e ilang mas bro..itu kira2 apa’e y mas bro.. Ane ud brapa x kbengkel tp te2p aj g ilang2 bunyinya.. Mhon solusi’e y mas bro.. Trima ksh
waalaikumsalam wr. wb
kalo boleh tahu apakah saat kopling diinjek bunyi masih ada mas?
Kopling manual,klo kopling dtarik msh mas,cuma ilang’e klo ud kenceng bru suara glotok2nya g ad tp pas gas ud trun mesin melambat bru ad lg suaranya,kya’e dbagian magnet mas karna pas sy lg buka tu2p magnet jelas bgt suaranya mas
Tp mas bro pas ane bka bok keteng suara’e ad dbagian magnet jelas bgt malah dbagian blog kopling adem aj g ad suara yg glotok2 Pada 14 Sep 2013 11:01, “Muhamad Ridwan” menulis:
> Assallammu’alaikum mas bro sy mw tny ni mtor sy jupiter Z 2005,kemaren > abiz gnti gi2 primer,am dumperkoplik tp msh sma aj g ilang bunyinya..ciri’e > klo lg Rpm rendah suara bunyi mesin glotok2 kya’e dri sisi dalem mesin tp > klo di Rpm tinggi/dbwa ngebut suara’e ilang mas bro..itu kira2 apa’e y mas > bro.. > Ane ud brapa x kbengkel tp te2p aj g ilang2 bunyinya.. > Mhon solusi’e y mas bro.. > Trima ksh >
gan mau nanya nih, q punya v ixion thn 2009,belakangan ini dipinjam adik q sampek berapa bulan dan lupa ganti oli, akhirnya piston dan bloknya baret suara sangat berisik. lalu saya bawa kebengkel dan ganti blok ama pistonya.tapi sekarang pada saat mesin baru di hidupin/msh dingin suara mesin halus,setelah bbrapa saat mesin hidup suaranya kasarnsekali , kira2 apanya masbro ? klep, timlar, bos klep noken as semua ok !
apakah bearing2 daleman mesin diganti juga masbro?
masalahnya kalo sampai piston baret berarti bearing2 daleman mesin juga pasti oblak,cirinya adalah getaran mesin jadi lebih besar dari pada saat motor belum ganti blok&seher
Mas meeh takon kie..motor ku supra 125 th 06..klo di buat jlan ada suara ngukkk nya kenceng..penyebab nya apa mas..suwun
karet dumper kopling aus masbro
Klo sleave gear nya kyak nya gak ya mas..aku tekok bengkel jarene iku..kantonge jebol kie mas nek ganti iku…pencerahane mas..
♏ªτůя ΠůώůΠ