wahhh ciussss enelannnn hehehehehe 😀 ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn
tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn
sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita
peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2 terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)
setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:
jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin
suara yg terdapat pada kepala silinder :
- suara camchain (rantai mesin/kamrat)
- suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
- suara piston
- menentukan suara cam chain:
ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)
note:suara terdengar pada bagian rantai mesin
- menentukan suara sistem penggerak klep
ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)
note:suara terdengar pada kepala silinder
- menentukan suara dari piston
nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1
note:suara terdengar pada bagian blok silinder
setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :
- cranksaft
- sistem kopling
- suara crankshaft
ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft
note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin
- suara sistem kopling
dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama
nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait
demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua
salam DIY
Gan saya mau tanya motor sy supra x 125 cw,klu mesin dingin perseneleng normal,tapi kalau mesin panas kalau perseneleng di injek sengah kopling tapi ga sampai masuk lalu dilepas lagi ada bunyi ctok,klu di injek sengah kopling lalu di lepas lagi bunyi ctok lagi.terimakasih gan atas pencerahannya
Itu ciri khasnya suprax125 mas,soalnya per koplingnya ada 6 biji, kalo mesin dingin memang tidak bunyi karena di redam oleh oli, kalo panas kan oli menjadi encer sehingga bunyinya jadi terdengar jelas
gan mau tanya lagi seputar supra x125 oli yang cocok buat notor supra x 125 selain AHM oli apa?terus gantinya per berapa bulan apa per berapa kilo meter terima kasih atas pencerahannya.
Yg penting SAE ,API service dan JASOnya sama dg yg di rekomendasi oleh pabrikan
Kalo saya baca dari buku manual sih standart minimal olinya adalah SAE:20W50 JASO:MA API service SG, sekedar info aja SAE=kekentalan oli (semakin kecil angkanya semakin encer dan sebaliknya),API service =kualitas oli( S=spark engine A-Z=kualitas semakin tinggi hurupnya semakin bagus) ,dan JASO = klasifikasi kopling (MA=untuk motor dg kopling basah MB=untuk kopling kering)
Penggantian oli sebaiknya jangan lebih dari 2000km atau 2bulan mana yg lebih dahulu di capai, untuk merek cari yg merk terkenal
gan ralat di buku manual saya standar olinya SAE;10-30 JASO MA servis SJ klu ga keliru tapi skrng saya coba pake oli yang SAEnya 15-40 JASO MA servis SL kendanya klu dah panas perseneleng bunyi ctok”dan nambah info gan,sekarang punya saya tututp olinya saya ganti sama tutup oli yang ada termometernya jadi klu panasnya oli mudah”bisa ke cek,trs saya coba jalan munenpuh jarak 40 KM panas olinya saya lihat sekitar 90 derajatan terimakasih.
kalo di buku manual lama saenya 20w50 ,setelah muncul oli mpx baru direvisi masbro
sebenarnya pake oli 20w50 atau 10w-40 sama aja kok sedikit sekali efeknya (kecuali oli palsu)
kalo sampean pengen tarikan lebih yahud bisa pake 10w-40 karena lebih encer namun konsekuansinya bakal lebih sering ganti dan mesin terasa agak kasar
kalo njenegan pengen motor alus ya pake oli kental 20w-50 namun akselerasi sedikit berkurang
pengalaman saya pake oli encer selama 5 th di supra fit (dari awal pake castr** power1 sae 15w-40) setelah 5th tak coba bongkar dan saya ukur mulai ketebalan kampas kopling sampe keausan piston dan liner piston ternyata fine2 saja
Kmaren itu ane suruh bongkar lg sama bengkel teman ane,kita periksa noken as+bering.gigi sentrik.klep+sealx,busing klep sama platuk klepx,gigi sentrikx jg d periksa masih bgs maseko,tp kata teman ane itu kemungkinan besar lat tensionerx yg sdh aus.tp kt periksa jg kmaren nekanx msh bagus,tp ga tau jg ya maseko yg nama aus itukn ga bisa d lihat dengan kasat mata,contohx ky kmaren ane habis ganti kampas kopling,kata teman ane pin dowelx masih bgs tp shabis itu kick starter d selah kadang kena kadang ngelos,jd kmaren itu ane beli pin dowel 3bj yg YGP 28rb trus ane suruh bongkar lg ganti pin dowelx ssudah itu kick starter jd bgs ga ngelos lg.jd yg nama benda aus itu ga bisa d lihat dengan kasat mata,benar ga maseko kalo salah d betulkn.
Kalo tensioner vega setahu saya pake per langsung ga kaya latnya megapro, jadi kayaknya susah untuk aus kecuali geretan2 pada bodi latnya sudah aus jadinya latnya ga bekerja karena los
Blokx blum pernah d papas maseko,Kmaren itu ane suruh bongkar lg sama bengkel teman ane,kita periksa noken as+bering.gigi sentrik.klep+sealx,busing klep sama platuk klepx,gigi sentrikx jg d periksa masih bgs maseko,tp kata teman ane itu kemungkinan besar lat tensionerx yg sdh aus.tp kt periksa jg kmaren nekanx msh bagus,tp ga tau jg ya maseko yg nama aus itukn ga bisa d lihat dengan kasat mata,contohx ky kmaren ane habis ganti kampas kopling,kata teman ane pin dowelx masih bgs tp shabis itu kick starter d selah kadang kena kadang ngelos,jd kmaren itu ane beli pin dowel 3bj yg YGP 28rb trus ane suruh bongkar lg ganti pin dowelx ssudah itu kick starter jd bgs ga ngelos lg.jd yg nama benda aus itu ga bisa d lihat dengan kasat mata,benar ga maseko kalo salah d betulkn.
Terkadang keausan part tidak bisa di lihat pake mata telanjang ,kecuali part yg bergerak memang bisa kasat mata kalo sudah parah habisnya ,contoh keausan plat kopling sebenarnya cuma 0.5 – 0.8 mm, bahkan keausan linier silinder cuma 0.10 mm kan ukuran se kecil itu agak susah mas kalo di lihat dg mata telanjang
Tp maseko udh sy tanya2 kebeberapa bengkel,yg senior2 yg terkenal d kota ane,kmaren pernah jg ane tanyakn sama kepala mekanik beres yamaha d deket rumah ane,nama dealerx karya mandiri motor,td siang ane tanya2 jg sama mekanik beres yamaha d kota ane yg brlogo 3s dealer besar malah dcoba raiding ymh vega ane sama kepala mekanik dealer besar td malahan ni mekanik nanya2 sama ane berulang2 ini vega thn brp mas katax trus ane jawab,thn 1999 mlhn d coba ngangkat gasx sampe full malahn dia rada ga percaya sampei2 ane d minta nunjukin stnkx,nama dealerx CV.UNION JAYA.semua pada bingung ngasih jawabanx,maseko malah semua bengkel bilang bgs,ga ada yg rusak.maseko tp ane yg bingung itu bunyi itu tetap ada,tp kdng ga ada.terima kasih maseko atas semua jawaban2x.kalo boleh tau maseko ni domisilix dmana?…..kalo ane domisili d martapura kalimantan selatan.
domisili saya di mojokerto jawa timur masbro 😀
bunyi mungkin bisa karena detonasi (over kompresi) , atau pula rangkaian dekompresi pada noken as yg kurang pas pada saat pemasangan atau sudah aus masbro
salam kenal mas brow…, saya ada sedikit problem nih sama motor vixion saya, kadang2 vixi saya ini kalo nginjek jalan bergelombang dan berlubang terus pada posisi gigi 2 , rpm nya kira2 2000 s.d. 3000 rpm ko ada jedak jeduk ya? tapi kalo jalannya bagus ga ada tuh suara jedak jeduk…
itu di gigi 2 apalagi kalo di 3,4,5,… aneh nya kalo gas nya di kencengin ga ada suara2 aneh itu…udah di cek ke beres nya g dapet juga tuh penyakitnya…. soalnya mereka test drive di jalan yang bagus sih… terimakasih solusinya
jedak jeduknya di rangka apa di mesin mas?
aduh maaf nih baru sempet buka lagi, di mesin mas yang jedak jeduknya…
curiga di sekitar kopling, tolong kasih pencerahan ya
coba cek karet dumper kopling house dan sekalian bushing koplingnya
Maseko kalo ekselerasi masih oke topspeed jg msh oke.kmaren ane tanya lg sama kepala mekanik beres yamaha katanya itu masalahx dari rumah kopling yg sdh aus,soal bunyinya itu keluarx pas mau jalan aja.mungkin jg ya maseko soalx kampas ganda vega lama ane blm pernah dganti.malahan kemaren itu spatu kopling gandax d kasih besi pake las 3titik katax udh aus ujung profilx,tp untuk mangkok gandax masih bgs ga tergerus/ga beralur.jd maseko apakh ane harus beli kampas ganda 1set sama spatu koplingx.soalx kalo yg YGP kn beli hrs satu set.kira2 brp ya mas hargx,kemaren ane tanya d toko sparepart katax hrgx 275rb itu blm harga mangkok gandax, apkh memang segitu hargax maseko.
Nah kalo gitu agak jelas gambarannya masbro, coba sampean cek as kampas ganda, biasanya asnya longgar
gan astrea grand ane bunyi kletek tapi posisi gigi netral,klo di gigi 1 suara hilang,mohon pencerahanya gan..ada apa ya
bisa dari kampas kopling gandanya masbro,mungkin saja as kampas ganda sudah tergerus atau atau karet damper sudah keras
Brow, mw tny, mtor new absolute revo110,saat mesin dpnasi sampai 10 menit,ada suara,jdak,jdak,jdak,,trus ,aku matiin,lalu coba hidupkan lagi,masih trdngar dngan jlas, kira” kerusakan pda bagian pa? Thnx pncrahannya,
setelah mesin panas apakah suaranya masih ada?
kalo masih ada mungkin ada keausan pada silinder head motor njenengan,kalo dari pengalaman saya , mesin revo / blade kalo sampe telat ganti oli bisa heboh suara mesinnya,hal ini dikarenakan bearing nokenas aus,suaranya kayak helikopter 😀
ini yg ane alamin gan, honda blade ane, mesinnya jadi gak enak,…soalnya sering telat ganti oli,..pas kemaren servis masi begitu juga, suara mesin kasar, tp kalo masalah tarikan enteng banget,..cuma suara mesinnya doang rada kasar,..apa harus ganti bearing sama noken asnya gan..?? mohon dibantu,….
nb : Motor ane New Honda Blade tahun 2011 km 25ribuan
Bearing nokennya aja mas… cuma nyopotnya naudzubillah susahnya 😀
Assalamualaikum, mau tanya mas di vixion saya kok suara mesinya ada suara ngir ngir pada saat motor masuk gigi dan di tekan setengah kopling pdahal mtr saya ini baru, itu apa emang wajar ato ada kerusakan pada mesin mtr saya
Itu sih suara kopling masbro,kalo dirasa tidak ada keluhan mengenai performa motor ya dianggap normal aja,atau paling gampang coba dengarkan aja suara dari motor nvl yg lain apakah sama dg motor njenengan
mau tanya mas…motor saya honda newmegapro…waktu jalan rpm di atas 4000 kok ada suara rreeeekk…rrreeeekkk…rrrreeeek pada silinder head ya….kata mekanik ahass itu gak apa apa…apa benar udah ciri khas nya begitu??padahal kemarin udah di stel klep nya…tapi masih tetap suara itu muncul lagi..mohon pencerahanya…terima kasih sebelum nya…
apa sebelumnya suara tsb ga ada? coba cek motor nmp yg lain apakah ciri2 suaranya sama dg motor sampean,kalo memang suara tsb aselinya tidak ada maka bisa disimpulkan ada keausan pada silinder head motor sampean
coba cek temlar dan noken asnya sekalian juga bearing2nya masbro
padahal itu motor baru lho….gejalanya pada km 500..sekarang suaranya tambah keras…tapi top sped nya masih normal…115 kpj….untuk nmp yang lain ya bersuara tapi nggak sekeras punya saya….gimana ya..trims..
coba cek bearing noken asnya masbro , jika noken dan temlar baik2 saja,kemungkinan bearing noken as yg oblak
itu sparepart nya yang asli ahm sudah ada belum ya di pasaran?? Kalau kata dealernya katanya mo di ganti,tapi backup sparepartnya itu lho yg nunggu lama…sedangkan motor cuma satu…trims pencerahan nya…mending keluar uang dikit lah dari pd motor nginep…hehehe…
kalo bearing sich buanyak mas , yg penting kodenya sama ,malah sampean bisa pilih2 merk 😀 ,merk bearing aseli bawaan motor biasanya pake NTN namun ada juga yg merk KOYO ,namun dari dulu saya lebih ngefans sama SKF dan FAG
lha itu kira kira habis berapa ya y kl noken,timlar,bearing2 di ganti(spare part kualitas ahm) mohon pencerahan….trims
coba di cek dulu apakah memang aus noken sama temlarnya
kalo bearing noken paling <150 rb sepasang
Numpang tanya Mas, apakah wajar bila suara mesin terdengar kasar (kondisi motor idle) walau sudah ganti Oli dengan yang lebih kental (dr SPX 10W30 Botol Orange rekomendasi pabrik, saya ganti ke Motul 5100 10W40),
Nah dr yang saya alami, suara kasar itu baru akan menghilang ketika menekan kopling dan kembali lagi terdengar bila kopling dilepas (tidak ditekan), Apakah ini berarti ada problem pada setelan kopling ?
Terimakasih sebelumnya
Resiko oli encer ya gitu mas,suara mesin jadi jelas terdengar namun akselerasinya jadi lebih baik dan juga mesin lebih cepat optimal panasnya
kalo pake oli kental masih bunyi mungkin saja ada yg aus
OK thanks infonya
tp saya penasaran dengan clucth bearing nya mungkin problemnya ada disana
bisa jadi bearing atau juga bos2an kopling housenya sudah oblak mas
Gan, ane mau nanya nih tentang tiger revo ane..
1. Kalo langsam suara mesin’y itu kasar banget, trus ada bunyi di bagean kanan (kopling) “ktek-ktek” gitu, itu penyebab’y apa ya? Apa harus ganti kopling set??
2. Kalo mesin udah lama pake alias panas banget, pas over gigi turun / mau nyalip kurang tenaga maka turun gigi dulu pas di tarik suka ada suara ngelitik tapi keras, apa tuh?
3. Sama kalo mesin udah panas, terus kena lampu merah sementara masih masuk gigi 1 pas kopling di lepas setengah suka kerasa “cetak” di bagean mesin, kaya nyangkut gitu tapi motor sih diem, dari apa tuh?
Mohon di reply ya, kalo bisa sih lgsg di no. Ane 089630001646
Thx ya..
1.kalo bunyi pada bagian kanan bisa jadi karena damper kopling sudah keras atau bos2an kopling house oblak
2.kalo mesin panas power mesin turun bisa jadi karena setelan klep terlalu kendor/terlalu rapat,mungkin juga karena noken as dan temlar aus
3.masalah sama seperti poin 1
masbro, sy mohon pencerahan
Mtr sy jupiter z ’05
Kalo langsam bunyi klok2
Trus kalo pas lg jalan trus lepasin grip gas..wkt mtr hampir brenti, mtr jd anjrut2 ky mtr kopling manual yg msk gigi 3 tp tuasnya gak ditarik
Pdhal mtrku msh otomatis, bkn kopling manual.
Anjrut2nya di iringi bunyi klok2 ky wkt langsm diatas..
Itu penyebabnya apa ya masbro??
Makasih sblmnya.
bisa jadi kampas kopling ganda sampean pernah diganti dan terlalu mepet dg mangkok kopling ganda , sehingga meskipun putaran mesin masih rendah namun sudah nyantol kampasnya
Sumber bunyi ada di blok kanan(blok kopling)
Terima kasih masbro..
Emang kampas ganda baru
Dan dibuat agak mepet
Kata teman biar responsip
Eh malah ngrespotsip
hehehehehehehe ,sekalian dicek juga dampernya masbro , kali aja karet2 udah pada getas dan keras
Udah sipp skrg Masbro..
Justru masalah timbulnya dari karet itu
Temanku pasang karet pake diameter sdikit lb bsar..makanya jd lbh mepet.
Td siang sy bngkar sndri saking geregetan risih ama itu bunyi.
Karet sy ganti pke pnya yg original wkt beli kampas itu.
Mangkok yg tdnya beralur sy bubut skalian sdikit plus dialusin kembali.
Skrng suara mesin udah kembali anteng.
Akselerasi jg gak jauh2 amat ama wkt diubah kmrn.
Sy emang ga bgtu pengen ekstrim2 bngt.
Standard2 aja tp sdikit lbh maknyuzz dari yg standard pd umumnya hehehehe
Oke..makasih bngt ya masbro
Salam persahabatan dari wong Jateng
Ok sama2,salam kenal juga dari wong mojokerto 🙂
askum.mas brow tlng pencerahanya,.hönda megapro suara mesinya ngecek..waktu di bngkar ..noken y,platuk y.rante ktng ,msh bagus, kok suaranya berisk .tlng mas brow .anto
Waalaikum salam wr.wb Sudah di cek bearing noken as sama karet tensionernya masbro?
assalamu’alaikum mas bro, sya mw tnya nih tntang vario110 cw sya yg bnyix kya ad pasirx d bgian mesin dpan d bwah jok, klo d bwah 50 km/h psti suara it sllu ad, it knpa ya mas bro.,?!
dn stu lg mas bro, klo tarikan lemot/berat it knpa ya, pdhal sya udh gnti olix dn yg ccok buat vario sya pke oli apa ya mas bro.,?!
kalo oli pake aja yg khusus matic dg ciri JASO (MB)
masalah suaranya bisa jadi ada keausan di kepala silinder / klep renggang
kalo tarikan lemot bisa jadi v-belt / roller aus
Mau tanya mas,,,
mesin jupi z ane kalo pada angkatan rendah slalu ada bunyi tuk,tuk,tuk,kya ada yg kebentur gitu,
trus kalo tambah gas ada suara tik,tik,tik,makin di gas makin kenceng suaranya…
masalah nya apa ya mas?tolong bantuannya…
makasih,,
klep terlalu renggang / ada keausan di kepala silinder
mas honda cs1 saya kalo mesin dingin ada suara tektek gitu tapi cuma sbentar trus waktu digeber2 kondisi netral di bagian kiri mesin ada suara kaya rantai gitu yg ngikutin rpm mesin kira2 apa penyebabnya ?? mohon jwbannya . terima kasih
bisa jadi rantai mesin kendor masbro
berarti rantai mesinnya minta ganti ya ??
Bisa jadi waktunya ganti atau lat nya macet, lat macet bisa jadi karena penggantian oli yg telat sehingga oli menggumpal dan membuat gerakan lat sedikit tersendat
berarti rantai mesinnya minta ganti ya ??
lat sih udah ganti tapi tetep gitu, oli mesin 1500-2000km ganti …
ya rantai mesinnya sudah saatnya ganti masbro
Bang bos,motor blade ane suara mesin kasar,kalo pagi di panasin kenalpot ngebul asap putih,mesin cepet panas.padahal baru 3 minggu bongkar mesin,ganti kopling ganda,ganti seher + korter 50,sama ganti rante keteng.soalnya kemaren2 juga kaya gitu (nebul kenalpotnya)abis di benerin masa begitu lagi.kasih tau dong kenapa.ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈
kalo ngebul putih mungkin pada knalpot masih ada sisa2 olinya masbro
nah kalo masih kasar bisa jadi bearing noken as motor sampean sudah aus bin oblak , dan so pasti kalo bearing sampe oblak dijamin motor bakal kayak helikopter suarannya 😀
Om Ќªl☺ motor ane blade mo ganti seher karisma apa aja yg harus di rubah,tp standart soalnya buat di pake harian.ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈
Tinggal di over size dan tinggal menyesuaikan squis area aja mas,pen seher blade dan karisma sama saja kok, setelah itu tinggal seting sepuyer karbu dan beres
Apa ga sebaiknya pake seher vario,ukuran seher vario dan blade kan sama tuch sama2 50mm tapi seher vario lebih jenong,Jadinya kompresi lebih padat dan akselerasi lebih maknyus namun konsekuensiya ya pake pertamax
Trus sama bering2 yg ada di mesin mo ane ganti juga om,pake bering yg pelornya lebih banyak,ngaruh ğª om
bearing dg pelor lebih banyak otomatis sumakin besar pula gesekannya(jadi lebih berat) namun mesin jadi lebih alus , kalo pengen yg enteng pake bearing keramik
Ќªl☺ pake yg keramik kuat ğª & kelebihan’a apa om ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈
kelebihan bearing keramik adalah lebih licin dan mampu berputar lebih cepat dan temperaturnya lebih rendah karena gesekannya lebih minim ,makanya ada yg ngomong kalo bearing ini bearing resing alias bearing high speed
askum bos moker. Tanya keluhan glmax ane nih, blok mesin sebelah kiri (spul magnet)kok jauh lebih panas dr yg kanan. apa tu normal. Ditunggu ya jawabannya “trims
ga ada suara2 aneh dari sisi magnet mas? mungkin ada gesekan berlebih pada sisi magnet?
kayaknya gada deh. Tp apakah magnet bisa bergeser. Krn dl q coba putar magnet(wkt stel klep) dg kunci ring 14 bisa tp skrg gk bs kyknya magnetnya geser lebih masuk dr lubang magnet
kalo geser ga bisa mas ,kalo sampe geser berarti kurang kencang bautnya
kalo sisi magnet panas mungkin spul menaggung beban sangat besar,misal:lampu diganti model halogen dg rating >30w atau diubah ke fullwave dan dipasangi aki yg cukup besar >10A shg menyebabkan spul over heated
ok bosmoker ntar q cek perkabelannya,coz msh standar.
trims yo bos atas semua ilmunya “pengeran sing mbales”
Asalammualaikum bro..
Mau nanya nih sob. . .
aku habis masang kopling pada motor supra 125r
pas mau jalan kok suara ya krek…krek. . ,krek ya. . .!
apa ada yang harus di ganti
tolong penjelasan nya. . .
pasang kopling maksudnya pake kopling manual , apa ganti kampas kopling?
kopling manual.
cek karet dumper kopling utama , cek karet dumper kampas kopling ganda jika kopling ganda cuma di matikan dg cara di ganjal pake ring yg besar , terakhir cek bearing penekan kampas kopling dan as stut penekannya terhadap keausan
makasih sob
Wah mntap jg infonya sgt berguna.tq
halo mas brow, saya mw nnya kalo kampas kopling yamaha force one yang bagus apa ya….? jwaban.a saya tunggu ya…
pake yg ori aja
masih mas
bos?mau tanya gmna ya cara ganti gear pompa oli grand yang praktis,trims sblmnya ya?
Cara bongkar: rusak bagian ger yg dari karet pake obeng – dg di pukul pake palu,cabut keluar karet dan gearnya, sisa dudukan gear dpt dilepas dg menahan as gear pake tang lancip trus tinggal diputar pake tang,cara memasangnya: cabut as, potong ulir as kira2 3 ulir(3mm an) trus buat got di atas ulir pake gergaji besi,masukkan lagi asnya pasang gear pompa oli ,karena sudah ada gotnya putar as nya pake obeng – yg kecil sampai rapat ,and you are done
mau tanya gan, si meggy punya saya itu kalo mesin panas di lepas koplingnya pelan2 itu berderik, ada suara krek krek krek gt.. mhon infonya gan
karet dumper rumah kopling sudah aus masbro
salam super,heheheheh…kayak mas teguh aja yaaa?, Gini lo mas, saya udah buaca semua postingan di blog ini, tapi belum ketemu perihal tentang kerusakan pada potor saya. sekarang saya mau minta pencerahaan”, motor saya suzuki smash tempaan thn 2005 ( motor tua ), ada terdengar suara gamelan pada blok sebelah kanan. Makin di gebyer tu suara makin tambah banyak pariasi suaranya. gini lo mas” suaranya klentong-klentong-klentong + klatak-klutuk-klitik, pokoknya rame deh…., apa perlu d benahi atau di masukkan ke musiom barang antik. ok mas, sambil nanya sambil bercanda, supaya jangan terlalu tegang, yo masssss , Ma”acihhhh
hahahahahaha
kayaknya ada keausan pada silinder head sampean masbro , cuma suaranya beresonansi pada blok sebelah kanan
coba cek bagian kepala silinder dari keausan,antara lain:noken as, temlar , klep & rantai mesin
dan sekalian coba cek karet dumper , bearing dan bushing pada area kopling
hallo”,.. mas ekomoker (Ekonomis Memberi Obrolan Kepada Rekan ) gimana….?. Oh ya tadi malam Aku posting Sekitar jam 2:05 dini hari waktu bagian BanjarMasin KAL-SEL. Brosing jam 6:45 sore hari, ternyata udah ada jawaban dari mas eko, langsung ta bongka tu motor ama temen yang sedikit memahami perbengkelan tentang motor ojor(tua). Setelah di bongkar di bagian silinder, ternyataaaaa………? y7675425tgghtiu (atinya rantai mesin kendor seperti karet kolor aki-aki jompo) bisa di bayangkan giman kendornya hi hi hi …. tambah lagi pengecang rantai mesin bisa di bikin kripik kalo d goreng. Pokoknya ojor abisssss tu seperpart. nah makasih banyak atas sarannya yang tepat mengenai permasalahan untuk suzuki tua punya aku.
Salam Sukses selalu….. Wasalam.
wah selamat ,motor anda kembali sehat , hehehehehehehehehe 😀
mas mau tanya dong..
jd gini waktu itu ane ke bengkel
lalu bongkar blok depan. setelah
slesai blok mesin jd bunyi.. apa
mekanik ada yg salah pasang
atau ada kendur? terdengar
saat tidak di tarik gas..bunyi
seperti di blok sebelah kanan?
bunyi apa ya gan? mtr ane mocin gan
mohon pencerahan nya.. terima kasih 🙂
waktu bongkar blok apa klep sudah di sekur masbro? kalo belum bisa jadi setelan klepnya berubah karena biasanya kalo blok dibongkar tanpa diskur kotoran2/kerak2 nya sedikit nganjel klep dan membuat setelan klep sedikit rapet , pas selesai dipake kotoran akan terdorong oleh bbm dan membuat setelan klep jadi lebih kendor
asalamualaikum, mas bro mau tanya dong.
1. ukuran conecting rod punya supra x 100 sama kah ukurannya dengan punya supra x 125 / karisma ? bisa ga di pasang di as kruk nya supra x 125 ?
2. tungganganku supra x 125 2009, tapi dah 2x ganti stang seher ( conecting rod ) dan sekarang suara aus stang sehernya nglicik lagi, ada isu apa betul conecting rod nya supra x 125 itu gampang kena / aus
Thanks ya mas bro .
Langkah kerja suprax 125 dan supra x 100 beda mas bro,panjang setangnya juga beda, yg sama cuma lobang pen sehernya ,jadi ga bisa di tukar2,isu kalo setang seher supra x125 gampang aus jelas tidak benar,lha wong punya saya aja 7th juga blom ada gejala aus
Biasanya setang seher supra x125 cepat aus karena saat pemasangan askruk di ketok2 pake palu,soalnya bearing askruk sisi kiri memang di desain agak seret waktu masang istilah bengkel sih suaian paksa,dan harus pake special tools buat masangnya(crank case puller buat mbongkarnya dan satu lagi saya lupa namanya buat memasang askruk),kalo asal pukul alamat askruk bakal melintir
mas menanggulangi mimisan oli pada kopling tempel gimana caranya. apa ganti oreng sel..?, kalau di ganti yang pas oreng sel apa yaaaa?. mohon pencerahannya. makasih Wasalam
masalahnya kopling tempel itu selalu kurang presisi barangnya ,cara satu2nya ya pake aja kalter kopling yg udah ada as stutnya koplingnya ,sekarang kan sudah murah harganya masbro ,terakhir beli merek snd cuma 300rb an udah dapat kumplit dan yg pasti lebih presisi dan sealnya bisa pake seal as kopling yamaha fizr
ooooo….? gitu ya solusinya, makasih atas sarannya. wasalam
MAS EKO……., AKU PENGEN NAMBAH CC MOTOR MEGAPROKU JADI 200 CC…., KOMPONEN APA AJA YANG HARUS AKU SEDIAKAN? MATURNUWUN UNTUK INFONYA
kalo pengen torsinya lebih nampol pake as kruk dan blok silinder tiger langsung pnp sama megapro jangan lupa rantai mesin dan tensioner juga pake tiger
halo mas bro…aq mu nanya nich?motor supra 125,udah aq ganti piston kase yg ukuran 75,trus stang seker,pelatuk,noken as,yg aq tanya klo stasioner halus tp klo masuk gigi buat narik kok ada suara ngelitik tu apanya ya?tolong pencerahanya…mksh..!
kemungkinan sebabnya karena :kompresi mesin terlalu tinggi sehingga knoking ,atau ada keausan pada karet dumper koplingnya
gan misi sebelumnya saya mau nanya dong,kalo motor CB125T pas di gigi 3nya bunyi bleduk2 trus motor kyk ga mau nyala(ngejim) gitu gan,kira2 kenapa ya gan ?? sekian terima kasihh 🙂
apa pada gigi 1 & 2 ga ada gejala yg di maksud? coba pada saat gigi1 atau gigi2 rpm dinaikkan ,kalo gejala tersebut muncul berarti ada kesalahan setingan pada karburator (terutama main jet)
mas eko, salam kenal,
saya punya motor new jupiter MX, suara nya kasar banget mas bro
suara langsam nya juga ga mau datar, bunyi duk2 saat langsam kira2 itu apa nya ya mas bro yang rusak, kemarin semapt cek ke bengkel katanya harus ganti noken as, memang sih noken as nya sedikit aus mas bro
suara langsam nya juga ga mau datar,
————————————-
ini maksudnya motor ga mau langsam (naik turun rpmnya)
salah sati ciri kerusakan pada silinder head adalah suaranya timbul di semua rpm terutama rpm tinggi
klo mau ganti noken as cek sekalian temlar ( pelatuk klep) karen kedua benda ini saling terkait
salam kenal mas eko…mau nanya ni mas…saya punya kharisma 2005, mesin halus, tidak keluar asap, gas masih ringan, buat tanjakan juga masih kuat dan roso…tapi kalo pas nyalain motor pas stasioner gitu ada bunyi tek-tek kalo ga salah sebelah kanan…tapi kalo gas ditarik suara itu hilang…kira2 apanya ya itu mas….matur suwun
setelan klep terlalu longgar masbro
Salam kenal mas bro Eko….
Sy bru beli gl max 96, blok silinder dan knalpot sudah punya megapro, pertanyannya kenapa suara kasar sekali disekitar blok mesin, dan apabila gigi dimasukkan kok terdengan bunyi “nguk.. nguk……” gitu, kena apa ya….?
Makasih sebelumnya ya mas bro Eko…
mesin kasar bisa jadi noken as dan temlar sudah aus
kalo suara nguk..nguk.. ,kurang spesifik masbro pertanyaannya , suaranya muncul pada rpm berapa dan di posisi sebelah mana suara tersebut timbul?
Bunyi nguk…. nguk…. itu pada rpm berapapun asal gigi dimasukkan dan lepas kopling, tapi kalo kopling ditarik bunyi hilang mas bro….
bisa jadi gigi primer sampean aus , bunyi tersebut mengindikasikan adanya singgungan antar gear diluar batas toleransi ,coba di bongkar dan di teliti lagi gigi primernya masbro,kali aja ada gigi yg rompal terutama gigi yg ada pada kopling house
Ok thx mas bro
Mas mau nanya supra x 125 saya udah ganti klos ganda kompli sama loncengnya terus klos udah ganti komplit serumahnya atau sama gigu besarnya tapi kok masih ada suara tok2 yaa di rpm rendah atau langsam,,saya pake part merek federal semua,, mohon pencerahan nya mas
kalo di putaran tinggi masih ada ga suaranya mas
ini klos ganda maksudnya kampas kopling ganda apa mangkok kopling ganda?
MAS eko ikutan numpang tanya,aku baru beli neotek97 sktr 3 bln yg lalu,mesin masi std,cdi kiprok karbu knlpot std mtr,pertanyaannya: knpa mesinnya gmpang banget pnes mpe terasa di kaki ,tk cek oli lewt tutup klep naik muncrat,oli tak pake shell ax 7, sebelumnya prima xp masalahnya sam saja gmpang pns,tarikan mtr masi oke,jdi bingung mas,1 lgi mas ada sedikit rembesan oli keluar dari lobang pernafasan mesin apa itu normal mas eko? tolong bantuannya mas, maf klo uda bnyk tanya, makasi sblmnya mas.
gl-max apa gl-pro?
kalo gl-pro memang agak panas ,maklum 160cc pendingin udara
gl-max saya dulu setelah pake jeroan tiger juga jadi panazzzz maklum lah mesin generasi tahun 80an ,masih banyak hambatan geseknya , beda sama nmp yg mesinnya minim gesekan
gl pro mas eko, thn 97..berarti itu gp2 y mas? soale rencana mo tak bawa tour keliling bali ama temen2 hari raya nanti,jadi gk mungkin macet di jalan mas mesinnya? maklumlah mas ne pertama kaline punya mtr laki dr dulu cm mtr bebek aja,
trus klo masalah rembesan oli dr lobang pernafasan mesin itu normal gk mas eko?
makasi banyak mas ts bantuannya.
normal alias ga papa masbro asalkan sebelum perjalanan jauh olinya diganti dulu
masalah rembesan di pernafasan mesin itu normal ,yaaaaa memang gitu wong uap oli kena debu jadinya ya kotor
pengen lebih dingin ya pake oil cooler , ,dan sebisa mungkin dibikin low friction
caranya:
1.pake piston dg body yg pendek dan per seher yg tipis agar gesekan dg booring silinder lebih sedikit
2.pake roller rocker arm
3.pake bearing mesin keramik / bearing dg jumlah pelor lebih sedikit (namun resikonya kalo sampe telat ganti oli ya mesin bubar jalan )
klo misal pasang oil cooler perlu penyesuaian banyak gk mas? apa ud ad yg tingl plek buat pro neotek mas? oy mas kalo neotek noken as uda pke bering ke 2 sisi belum mas?
biasanya sich ganti kalter kopling pake punyane tiger yg tanpa lobang kabel rpm,trus di tempat tadi dibor dan di tap buat baut jalur masuk ke oil cooler,jalur keluarnya tinggal melubangi sisi kiri silinder head (lobang biasanya di atasnya busi)
ooyaa dari awal mesin neotech di pasarkan (di tiger sejak 1994 dan gl-max glpro tahun 1995) sudah pake bearing ganda pada noken asnya , kalo di max / pro black engine (alias mesin gl-series) bearing noken asnya cuma satu (di sisi kanan/ sisi rantai mesin) sedang satunya lagi pake bos2 an
mas, mau nanya ada kereta Jetwin 100cc gigi 2 gak bisa di pake bunyinya krek2 di gir kalo gigi 1,3,4 bisa. rusaknya apa ya? thx
rusak transmisinya ,musti belah mesin tuch
kerusakan seperti ini pernah saya alami (motor orang sich),biasanya karena salah/terbalik dalam memasang gigi bintang (yg buat pindah gigi)
lokasi gigi bintang ada dibalik kopling,kerusakan terjadi karena sang empunya motor ganti as perseneling set (dibongkar sendiri sama temennya 😀 ) dan waktu masang giginya terbalik sampe gigi tersebut retak , jadinya gigi 2 rompal (terutama gigi di counter shaft) ,dan gigi 3 cuma cuil sedikit
Mas, motor saya supra x 125R thn 2010. belakangan ini kalau panasin mesin waktu pagi hari selalu ada suara yang berisik dari dlm blok mesin. suara dok..dok..dok.. Kadang keluar suara tek.. tek.. tek.. juga. Setiap kali manasin dalam kondisi mesin dingin, dan berkurang ketika mesin sudah panas. saya pakai oli mesin SHell advance AX7 10w-40, sebelumnya pakai MPX 10w-40. menurut diagnosa njenengan, masalahnya apa ya yang terjadi pada meain motor saya?? mohon batuannya.
resiko pake oli encer masbro 😀 ya gitu dech suara mesin tambah rame tapi akselerasi enteng
namun kalo dirasa cukup menganggu cukup stel ulang klepnya aja,kalo setandartnya supri 125 in-ex 0.03mm , kalo disetel 0,05mm pasti bunyi kalo pagi / mesin dingin
hello…mas bro…n slm knal…
gw mau nanya neh…motor daytona gw mesin knanny klo dri rpm tinggi langsung ke rpm rendah trdengar suara tik…tik…tik….
kira2 apany yg rusak y masbro…
thank’s before.
itu mesin daytona=mesin motor?
Om mau tanya nih , ane kan punya motor mio udh lama ga di pake , trus pas ane pake 1 bulan tau” mesin nya jadi panas bgd om , panas nya ga wajar poko.a panas bgd deh sampe plastik meleleh klo nempel ..
ane pikir seher nya yg rusak trus ane ganti pake seher 58,5 eh malah tambah parah panas nya baru nyalain sebentar aja panas nya udah panas bgd ..
Kira” apa tuh ya om yg rusak ..
mohon bantuan nya ya om 🙂
tnx
setingan karbu terlalu irit atau jalur pendinginan yg dari kipas magnet tersumbat
harusnya kalo panasnya seperti itu motor bisa overheat dan macet lho mas,apa motor sampean ga pernah overheat trus macet?
ehh ini mas apa mbak yaaa? hhehehehehe 😀
saya cwo om , tapi jngan panggil mas , panggil nama ajh ,hhehehe …
yeah tau dah tuh udah pernah digituin ,
tadi saya bawa kebengkel kata nya platuk nya 22 nya udah rusak trus noken as nya jga rusak dikit. ..
saya di mintain 1jt baru biar motor saya sehat lg ..
bener ga tuh om ?
walah mahal banget masbro,noken aftermarket aja cuma 350 rebu ,coba cek aja daftar harga part njenengan di yamaha online catalogue
saya cwo om , tapi jngan panggil mas , panggil nama ajh ,hhehehe …
yeah tau dah tuh udah pernah digituin aph belom ,
tadi saya bawa kebengkel kata nya platuk nya 22 nya udah rusak trus noken as nya jga rusak dikit. ..
saya di mintain 1jt baru biar motor saya sehat lg ..
bener ga tuh om ?
yaaaa segitu dech kalo partnya ori semua