MENGENAL MICROCONTROLLER

microcontroller atau lebih sering dikenal dengan ic program adalah sebuah ic (integrated circuit) yg fungsinya dalam rangkaian elektronika  dapat diatur sesuai dg kehendak hati sang pembuat /perancang. uenak tho jadi dg ic ini kita bisa membuat rangkaian apa saja (meskipun ada limitasinya) hanya dg memprogramnya😀

inilah jawaban teknologi atas pertanyaan para perancang (designer) eletronika tentang sebuah simplisitas dari sebuah rangkaian

dahulu kala ketika teknologi analog masih menjadi tren,para perancang elektronika dibuat repot dg tuntutan para konsumen akan barang / alat elektronika yg lebih simple,mungil,multifungsi,dan low cost,namun seiring perjalanan waktu pada tahun 1971 ditemukanlah microcontroller pertama didunia oleh intel corp dg nama 8008,dan inilah dasar tonggak bersejarah dalam dunia embedded programming

berbeda dengan masa lampau, kini chip2 microcontroller ini banyak kita temui di sekitar kita dari remote tv sampai kendaraan luar angkasa

 

namun dari segala kelebihan microcontroller justru banyak diantara para penghobi elektronika justru mengindari penggunaan ic jenis ini hanya karena kesulitan dalam menulis kode programnya

memang saya akui ketika pertama kali bergelut di dunia embedded programing ini saya merasa kesulitan karena saya harus juga menguasai kode program dan cara men”download”nya ke dalam ic,ribet memang tapi saya mengangapnya justru disinilah letak funnya hehehehehe😀 kalo ga ribet kan ga seru karena banyak orang yg bisa

namun halangan2 tersebut dapat saya atasi setelah gabung dan diskusi di forum2 elektro luar seperti edaboard dan avrfreak,maklum belum ada forum2 sejenis dari lokal indonesia sini yg terbuka seperti forum2 tersebut😦,dan pada akhirnya meskipun saya hanya bisa 1 macam ic tersebut namun saya sudah cukup puas

fyi:ic yg saya kuasai adalah avr series dan bascom-avr compiler sebagai program development toolsnya

dan kedepan jika memang bisa akan saya usahakan juga membuat posting diy dg microcontroller agar rekan2 juga dapat belajar bersama2 dan sekali lagi mohon maaf jika nantinya ic-ic yg saya pakai akan banyak menggunakan seri avr 8 bit seperti ATmega & ATtiny series,karena menurut saya kedua seri micro inilah yg saya anggap memenuhi syarat sebagai ic multipurpose dan low cost alias murah meriah

sekedar info aja attiny yg paling populer seperti attiny2313 harganya cuma Rp 18.000 – Rp 20.000 saja , dan atmega yg paling populer seperti atmega8 harganya berkisar antara Rp. 22.000 – Rp.30.ooo saja.hehehehe:mrgreen: murah kan,namun jika dikemas dan dibuat secara pro maka harga jualnya juga dapat melambung tinggi lho,dan ujung2 juga pemasukan (duit-duit,hehehehehe) ,walaupun murah namun jangan anggap enteng ic2 ini karena saya juga memakainya dalam alat2 yg saya buat

sekian dan salam diy

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

18 Responses to MENGENAL MICROCONTROLLER

  1. paedhimas says:

    tak dhisiki..mumpung yang punya warung lagi ke belakang… *sambil tolah toleh.. 😉

  2. paedhimas says:

    wah…blog e profesor kie… perlu kopdar suatu saat nanti kayaknya…

  3. ipanase says:

    wah duwur ki main mikro, alat2 e yo josssssssssssssssssssssss, newbie nunut suhu😀

  4. marga says:

    hmm.. manggut-manggut
    (asline bingung hehehe – cah IPS ra reti elektro:mrgreen: tapi jadi lebih tau karena berkunjung ke sini)

  5. rusmanjay says:

    wow………….. mantap banget alat bikinannya😀
    microcontroller programer buat atmel saya udah punya tapi lama ga dipake. ga ngerti bahasa asemblernya:mrgreen:.
    udah coba belajar tapi ga ngerti2😆

    • ekomoker says:

      pake yg seri berapa mas,atmel stk 500 kah?

    • ekomoker says:

      oooo itu seri 8051,beda sama avr mas dan bahasa basic nya ada tuch buat seri 8051dan memang sekarang yg seri 89c udah discontinue karena ribet downloadnya pake protokol hvpp (high voltage paralel progamming) gantinya ada 89s series yg sekarang bisa di download menggunakan usb(pake usb downloader tentunya)

  6. penggemar ninja says:

    bisa oprek ECU vixion nich..:D

    mantab.

  7. hari says:

    Menurut pengalaman mas yang bagus untuk peralatan kecil-kecil yang bagus pake yang mana mas (PIC, ATMEGA, atau lainnya)? mksh

    • ekomoker says:

      Saya lebih cenderung ke micro buatan atmel avr seperti seri atmega/attiny alasannya selain mudah mencari barangnya juga gampang burningnya dan yg pasti murah meriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s