[DIY]..BUAT SENDIRI PCB(PRINTED CIRCUIT BOARD)

pcb

Kali ini saya akan membahas benda yg paling penting dalam jagad elektronika yakni PCB alias printed circuit board dan bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah

Sedikit cerita,dahulu ketika masih sekolah di STM saya sering bereksperimen membuat barang2 elektronika (sampai sekarang sih hehehehe  :D ) namun hambatan terbesar dalam merealisasikan rangkaian tersebut adalah ketersediaan papan sirkuit alias pcb. Berbagai macam cara saya tempuh dari pake pcb lobang sampai menggambar di pcb polos pake spidol anti air namun hasilnya tetap kurang memuaskan

Sebagai tuntutan agar produk2 yg saya buat untuk klien saya agar produk2nya layak jual maka mau tudak mau saya harus mengupgrade pembuatan pcb saya,ga mungkin tooo pake pcb lubang dijual untuk keperluan industri bisa malu saya hehehehehehe  walaupun barangnya secara fungsi ok namun kalo secara aestetik kurang bisa ga laku mas brooo

Ok ga usah basa –basi lets start te tutorial,bahan2 yg diperlukan:

  1. Komputer yg terinstal software pembuatan pcb (eagle,diptrace,protel,pcb desiger,)dll
  2. Printer laser,atau kalo ga punya bisa juga ke toko fotokopi terdekat (jangan ke warung kopi,nanti yang punya warung bingung hehehehehe)
  3. Pcb polos ,bisa pcb fiber atau pcb biasa (pertinax)
  4. Serbuk FeCl alias ferit chloride (bener ga sih namanya)
  5. Setrika listrik
  6. Stell wool atau kalo ga ada bisa pake serabut pembersih panci yg stainless
  7. Bor listrik untuk pcb & mata bornya

Metode yg digunakan dalam pembuatan pcb ini adalah toner transfer metode,jadi kalo bisa waktu printing set ke maksimal aja dan program yg saya gunakan untuk pembuatan pcb adalah EAGLE

Ok lets start:

  • Buat layout pcb yg di inginkan di komputer dan pastikan sudah sesuai

ImageImage

  •  Print layout yg buat dan set ke B/W menggunakan kertas art paper yg paling tipis atau kalo tidak punya kertas artpaper bisa menggunakan kertas hvs biasa ,untuk yg tdk punya print laser seperti saya ,bisa meminta bantuan ke penyedia jasa printing/fotokopi terdekat,yg penting fotokopi yg digunakan menggunakan toner bukan tinta

 DSC05002

Hasil printing menggunakan kertas artpaper (kertas bekas kalender)

  • Siapkan pcb yg akan di cetak dan bersihkan menggunakan steelwool agar bercak2 noda hilang

DSC05003

pcb fiber yg telah dibersihkan

  • Potong kertas printing tadi dan tempelkan ke pcb (sisakan ujung2 kertas kira2 2-3 cm agar mudah menempelkannya),dan kemudian digosok dg setrika listrik sampai merata kurang lebih 2-3 menit

DSC05006

Pcb yg telah diseterika

  • Dinginkan pcb sebentar dan setelah dingin masukkan pcb kedalam air kurang lebih 8-10 menit sampai kertas dapat dengan mudah dilepas

DSC05010

Pcb setelah direndam dan dibersihkan kertas2nya

  • Potong pcb sesuai ukuran dan celup kedalam larutan ferit chloride sampai pcb yg tidak digambar luruh dan yg tersisa hanya jalur yg kita gambar saja

DSC05012 DSC05015 DSC05014DSC05018

Pemotongan & pencelupan pcb

  • Bersihkan sisa toner yg menempel di pcb kemudian pcb siap dibor

DSC05020

Pcb yg sudah bersih dan siap di bor

  • Pcb yg sudah jadi siap di rakit

DSC05022 DSC05023

Pcb yg sudah jadi dan sudah dirakit

Gambar diatas merupakan proses pembuatan pcb dari 5 digit digital tachometer , untuk tutorial pembuatannya nati aja yeeeee

Note:Pcb yg saya buat ini hanya sebagai rapid prototyping agar klien2 dapat mengetahui hasil jadi produknya,walaupun nantinya saya pesan juga pcbnya ke pabrik agar lebih bagus karena dapat pula dicantumkan nama klien2 saya di maskingnya

Salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in diy and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to [DIY]..BUAT SENDIRI PCB(PRINTED CIRCUIT BOARD)

  1. ipanase says:

    wow main tacho plus mikro, aku pake transparansi😀 disini glossy susah

  2. rusmanjay says:

    ooo……. gitu caranya. soalnya dulu waktu sekolah saya pake spidol permanen buat bikin layout di PCB kalau ga dibikin sablon😀

    • ekomoker says:

      developingnya terlalu lama mas kalo pake sablon dan kalo pake spidol kurang rapi dan cara inilah yg menurut saya terbaik dan tercepat dalam membuat suatu rangkaian prototipe

Leave a Reply

