[diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kuping

wahhh ciussss enelannnn hehehehehe :D ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

mesin cbr150

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

note:suara terdengar pada kepala silinder

noken as

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

note:suara terdengar pada bagian blok silinder

blok motor

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin

bandul askruk

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

kopling assy

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

898 Responses to [diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

  1. dian says:

    mas broo… mtr saya gl max neotech 2005, kalau pagi di panasi dlm keadaan mezin msh dingin knp suara mesinya kasar sekali ya.. bunyi cklok cklok gtu, tp kalau ud di pake jalan dan mesinya udh panas suaranya ilang, kira2 ada masalah di mananya ya.. mohon pencerahanya mas.. broo

    • ekomoker says:

      oli belum naik ke silinder tuch masbro jadinya ya kalo dingin ada suara2 kasar gitu
      kalo suaranya terlalu berisik coba dicek kelonggaran celah klepnya mungkin celahnya terlalu lebar ,ukuran setandartnya in=0.10 mm ex=0.10 mm ,kalo pengen lebih makyussss in =0.10 mm ex =0.12mm

    • Adi Riwut says:

      Slm knal mas bro saya adi, mau tanya mas bro motor saya supra x thn 2002 keluhanx adlh,
      Motor saya klu d nyalakan suka da suara brisik krek..kreek..klu kopling d mskan 1 suara itu makin jelas pa lagi pas posisi jln suarax smkin keras & bnyk yg blng itu sekerx kena tp dj jg yg blng klu g kelep ya rantai kampratx tp g prnah keluar asapx larixpun jg msh normal,
      Mohon di jwb kira2 tu apax ya mas bro??

  2. mas salam kenal soko cah magelang.
    mas mau tanya ,motorkalau dimasukin gigi satu ataub2 terus di buat boncengan suarane terus rasane grek grek kuenceng , apanae mas menurut peyan .sik rusak.

  3. dian says:

    bukan dari rantai ketengnya ya mas bro… ? soalnya kemarin2 suaranya masih halus,nda separah ini, makasih mas bro..atas informasinya

  4. carly says:

    Mas eko mohon bantuannya
    Saya sudah ganti tensioner, suara derik ato derak ya bingung mas nyebutnya seperti suara getar tapi ngayun trrrrrrrr……..trrrrrrrr kedengerannya dari bagian depan kiri.
    tapi dari rpm rendah sampe di gas tambah kenceng suaranya.
    kata bengkel bisa camchain bisa juga noken as, piye mas.

    • ekomoker says:

      kalo di gas tambah kencang ada kemungkinan suara timbul dari cylinder head, bisa jadi karena klep-noken as-temlar yg aus masbro atau yg paling simple setelan klepnya kendor

  5. masbrow suaranya dari mesin.

  6. Shaido says:

    Mas, shogun98 saya kok ga ada tarikannya ya? Gigi4 udah gabisa nambah speed lagi, apa itu di sehernya? lubang knalpotnya juga hitam om. satu lagi, jika di rpm tinggi kaki sering kesetrum, itu kenapa ya om? mau servis besar biar ga dikerjain sama pihak bengkel

    • ekomoker says:

      coba cek tekanan kompresinya,bisa jadi kompresinya lemah
      kalo sering kesetrum mungkin koli motor sampean bocor

    • ekomoker says:

      hahahaha sory koil maksudnya,maklum ngreplay sambil nyoder ya gutu dech :mrgreen:
      kalo memang ga bisa bongkar sendiri ya minta bantuan bengkel masbro,setidaknya sampean punya patokan apa saja yg mo dibongkar

      • Shaido says:

        Udah gaada tarikan, bensin boros, dan geteran di step itu kerasa banget pas di rpm tinggi, pendapat master gimana?
        Kalau diganti knalpotnya sama nob1 apa nambah powernya? sungkemm :D

      • ekomoker says:

        mending dicari dulu masalahnya ,masalah knalpot entar dulu dech mending duitnya buat mbetulin jeroan mesin
        kalo masalah boros dan ga ada power lihat setelan karbunya, masalah getaran berlebih sampean cek sekalian balancing askruk dan ganti juga bearingnya biar getaran mesin jadi agak minim
        dan juga cek sekalian karet2 mounting mesin (kalo ada,kalo mesinnya ga pake karet mounting ya karet mounting swing arm sampean cek kali aja swing armnya sudah agak oblak )

      • Shaido says:

        Shogun dikasih pe28 cocok gak om?

    • ekomoker says:

      kalo keadaan mesin belum di ubah mending ga usah pake karbu venturi besar masbro,cuma menang boros doang
      lain cerita kalo mesin sampean udah di bore up,pake klep lebar ,noken kompetisi dan cdi unlimitter baru karbunya bisa pake yg venturi lebar
      ibaratnya nich,orang kurus kering dipaksa buat makan seember,kira2 sanggup ga ,wkwkwkwkwkwkwkwkwkw :D

      • Shaido says:

        Tadi ane baru kebengkel mas, pas mau ganti oli, dari bawah gaada yang keluar, ane sempet ketakutan mesin jebol. terus ane tanya kalau mau mulus berapa, katanya 900an udah bagus itu mesin, dari depan ampe belakang, termasuk ring seher, seher, stang seher, leher, keteng dll, apa bener biayanya segitu mas?
        pake karbu rx king, apa manipulnya mesti diganti om?

    • ekomoker says:

      ya ganti lah ,karbu ori shogun kan model baut,kalo karbu rx model sok2 an,pake aja manifold variasi

      • Shaido says:

        Pertanyaan ane ketinggalan 1 om, wajar ga 900 ribu untuk ganti seher, stang seher, ring seher, laher, keteng, pokonya daleman mesin yang vital diganti, wajar harga segitu om?
        Oiya, tadi ane abis dari bengkel juga, apa knalpot bisa kesumbat om? bisa bikin tarikan kendor? musti di bobok biar normal?

    • ekomoker says:

      sijuki shogun ,daleman mesin harga 900rb? yakin tuch pak part ori ,harga rantai kamratnya aja setara neotech :D
      paling nggak dana buat restorasi mesinnya nyape 1-1,2 jt an mas ,itu kalo pake part yg full ori

    • ekomoker says:

      kalo kesumbat ya dibedhel alias di bobok :D

  7. selain koplingnya aa nya mas ,apakah kira kira karet damper kopling atau bearingnya.

  8. Yunanto Rudi Utomo ( utomo_fb@yahoo.co.id ) says:

    Mas … salam kenal ya
    … setiap hari motor laju ke gunungkidul, Mega Pro 2003, double stater,

    Klo mesin dibawah 60 km/jam, suara tenang,
    tapi ketika diatas 60 km/jam, mesin mulai muncul suara berisik tambahan, klo saya menyebutnya kempreteg – tek-tek-tek, dan sepertinya kok dari bagian atas mesin,

    Naah, kemungkinan temlar dan noken as ( baru aja ganti bearing nya ) atau malah kena stang sekernya ( oversize belum ada 1 tahun )

    Apanya mas kira-kira … ?

    • ekomoker says:

      kalo dari gejalanya sich ada keausan pada silinder head,bisa jadi karena noken as yg aus atau temlarnya yg aus (namun biasanya ke2 benda ini saling terkait,artinya kalo nokennya kena pasti temlarnya juga kena :D )
      kalo stang seher sich kayaknya nggak masbro kecuali saat diblayer ada suara menderak namun terdengar didalam mesin baru dech curiga setangnya

      • Yunanto Rudi Utomo says:

        emm.. tapi body dari silinder head nya sendiri rusak apa gak yaa Mas ?

        klo ganti noken as dan templar biaya sampe berapa kira-kira…,

        pernah browsing,
        kayaknya noken as : 180.000, klo temlar belum tau juga berapa…

    • ekomoker says:

      kalo body silinder head kayaknya agak susah mas kalo aus
      masalah harga ,ampun dech saya ga apal , udah 3th ini saya out dari bengkel :D

      • Yunanto Rudi Utomo says:

        hehe..
        .. akhirnya sabtu kemaren ke bengkel Mas,

        Tapi baru tahap survey,
        .. ( 3 bengkel sekaligus ), 2 bengkel mengatakan setangnya, 1 bengkel mengatakan temlar dan noken as,
        .. yaa, baru spekulasi juga siiih mereka, yang pasti kata mereka harus dibongkar dulu baru akan ketahuan mana yang bikin suara, :-D waaaah,

        Okeeey Mas, maturnuwun buat sharingnya,

    • ekomoker says:

      seperti yg saya jelaskan diatas ,kalo setangnya yg kena kemungkinan besar nggak,kecuali motor sampean sudah pernah kehabisan oli
      dan lagi kalo satng seher kena itu bunyinya hanya saat diblayer cepat kalo stasioner justru ga bunyi parah,mungkin bunyi tersebut karena damper kopling motor sampean yg sudah keras,soaalnya bunyi setang seher yg aus sama karet damper kopling rusak sama persis,agak susah mbandinginnya bedanya cuma kalo stangnya yg kena suaranya agak didalem mesin,kalo kopling yg kena suaranya lebih keras dan lebih diluar

      • Yunanto Rudi Utomo says:

        Bengkel gak bisa selesain 1 hari, motor akhirnya belum jadi dibongkar,

        Pernah Mas, kehabisan olie, jadi mungkin betul juga

        Pie klo dari suara, kok kayaknya dari luar dan keras,
        damper kopling sama kampas kopling sama gak Mas ?

    • ekomoker says:

      ya itu tadi kalo pernah khabisan oli ya siap2 ganti stang seher,namun kalo suaranya dari luar ,kemungkinan damper koplingnya yg aus masbro

  9. banu says:

    Motor saya bagian tengah bunyi tek tek tek dan agak bergetar jga..
    Kira” apa’a yah..?
    Apa pen seker rusak dan kruk as gx balance..

    • ekomoker says:

      wah masih kurang jelas pertanyaanya masbro
      itu bunyinya saat putaran mesin berapa,kondisi mesin panas/dingin,munculnya suara saat diblayer atau bagaimana?
      kalo masalah getaran berlebih bisa jadi karena askruk yg kurang balance atau karet2 mounting (kalo ada) yg aus atau bisa juga karena baut mesin kendor

  10. Hudy says:

    Gan tlg ne gan motor ane jupiter z 2005, saat motor dingin kayak ada bunyi di tengah mesin, besi beradu besi, kira kira itu ap ya?

  11. yulianto says:

    slm knl mas bro..
    q pny tirev 2007..
    mesinnya ne ksar bgt..
    kl bru d panasi suaranya g sbrp.tp kl ud d panasi sekitr 10 mntan suara toktoktok klr.kyknya c dr calter knan..tp wkt d setengah kopling suaranya brkrg dkt..smkin pnas smkn keras suaranya..q da prnh gnti kmpas kopling.gnti rntai kamret.ud prnh d sruh kelingkan matahari kopling house tp ttp g ilang suaranya..kta bbrp bengkel ad yg sranin gnt kopling house.ad yg bilang gnti kamrat sm karetnya…ud setaun ne q bgung..mhon bantuannya q hrs gmn..

    • ekomoker says:

      kalo di naikkan rpmnya masih bunyi mas mesinnya?
      kalomasih bunyi berarti suaranya dari kepala silinder (bisa klep,noken atau temlar) ,kalo di naikkan justru malah berkurang suaranya maka ada keausan pada sistem penggerak nokennya (LAT,kamrat dan karet tensioner)
      kalo kopling house yg aus suaranya hanya muncul kalo di blayer (disentak) saja

      • yulianto says:

        Kyknya c tmbh cepat tempo bunyi..
        Ne mlah tmbh bunyi cikcik bagian block kop ats pas panas…
        Pny recom bengkel yg bs ngecek ma bnerin di surabaya gak gan..
        Kl mw konsul lbh jelas lg.q hbgi cp..nmr tlp ap gmn gtu..
        Replay 0838.5419.5751..please

    • ekomoker says:

      yaa itu tadi yg saya sebutkan diatas permasalahnnya
      kalo bengkel di sby yg recomended ini saya yg saya ga tahu :D mungkin teman2 di komunitas tiger tahu

      • yulianto says:

        Dlu kn q gnti kamrat..
        Beda gak pengaruh ma mesin kl pkk kamrat ori honda indonesia.soalnya kata ahas.mending pkek asli jepang..
        Cz bunyi mesin tu keluar keras pas kondisi panas dan idle…
        Kl bwt jln uda brkurang..

      • ekomoker says:

        kalo saya sich rekomen yg jepang,soalnya kamrat ori yg indonesia biasanya malah terlalu kencang jadinya mesin mendengung
        cuma hargan ori jepang bisa bikin tongpesssss :D ,lhawong tahun 2004-2005 dulu aja harganya masih 270-280 rebu,tahu tuch sekarang harganya berapa
        kalo yg ahm lokal sekitar 170rb an

  12. supri says:

    Mas, mau nanya.
    pemasangan LAT terbalik pda tiger 05 emang ngaruh y, soalny tadi sy bongkr trus pas dipasang lagi malah bunyi cik cik cik pada putarang langsam.. mksh

  13. purwanto says:

    mas saya mau tanya motor saya smash waktu d stater pakek kick stater ada suara tek tek setelah nyala gigi dimasukan satu di gas terdengar suara klotak klotak tp saat mesin panas suara tsb hilang. jadi menurut masnya apa yg rusak.

    • ekomoker says:

      oli terlalu kental jadinya agak lama naiknya atau bisa jadi ada keausan pada mesin motor sampean
      sayang kurang jelas disisi mesin sebelah mana bunyinya ?

  14. pur says:

    mas saya mau tanya motor saya smash waktu d stater pakek kick stater ada suara tek tek setelah nyala gigi dimasukan satu di gas terdengar suara klotak klotak tp saat mesin panas suara tsb hilang. menurut masnya apa yg rusak.

    • ekomoker says:

      oli yg terlalu kental dan belum naik atau setelan klep longgar masbro
      atau bisa juga noken /temlar/klep aus namun itu kalo saat mesin panas masih tetap bunyi :D

  15. edy susanto says:

    mas mau nanya,,,mtr ane jup z abis gnt kmps kopl..abis di pasang mlh ad bunyi tok..tok tok kyk kyk per engkol lepas..kira2 apanya mas broo..?/

    • ekomoker says:

      coba dicek karet dampernya ,baik karet damper kopling house maupun kopling ganda

      • Muhaimin says:

        Mas bro ane punya supra 125 thn 2010 km baru 8000 ,masalahnya diwaktu mesin hidup,tdk terdengar suara kasar dan mendengung,,tp disaat motor dijalankan dan ketika gas diturunkan terdengar suara mendengung.mohon pencerahanya mas bro.

      • ekomoker says:

        apa motor sampean pernah bongkar kopling? mungki saat pemasangan kopling ganda, slave gear kopling ganda terlalu banyak muntirnya

  16. fadil says:

    mas mo nanya ni motor saya jupiter z . klo jalan tarikanx berat terus ada bunyi tek tekx di mesin. kadang abis jln trs di netralkan ky ada yg msh muter didlm mesin . kira kira itu penyebabx ap ?

  17. yos says:

    mas bro,saya punya prima 89 ,sewaktu jalan msk gigi 1bunyi kretetek..kretetek….tp msk gigi selanjutnya gak lg…apa masalahnya mas bro…

  18. tommi says:

    mas. mtor ane nvl . stiap di gas tnpa kopling kok ada suara berderik terrrrrrrrrrr di mesin sblh kiri, tp saat gas pke kopling ga kdengeran. mnta solusinya gan. km bru 520..

    • tommi says:

      mas. mtor ane nvl . stiap lg jalan trus di gas tnpa kopling kok ada suara berderik terrrrrrrrrrr di mesin sblh kiri, tp saat gas pke kopling ga kdengeran. mnta solusinya gan. km bru 520..

    • ekomoker says:

      coba claim ke dealer aja masbro kan ada garansinya
      apa di motor NVL yg lain ga ada suara2 seperti motor sampean?

  19. Dodo says:

    Mas mau nanya mtorku supra thn 05, engine ngk bs bnyi.. Pdhal pengapian bgus,bensin lncar.! Kira 2x ap yg perlu di cek.?

    • ekomoker says:

      coba cek cop busi / businya dan kompresinya masbro
      barangkali businya sudah mati atau kompresi terlalu rendah
      note:kompresi terlalu rendah biasanya karena klep tidak menutup dg sempurna akibat terganjal oleh kerak /klep bengkok
      coba silinder di isi pake oli mesin yg masih baik lewat lobang busi,trus tutup lobang tsb pake tangan dan di slah beberapa kali.hal ini bertujuan buat memancing kerak agar rontok dan tidak mengganjal klep

    • ekomoker says:

      walah dikit aja masbro paling 2 sendok

  20. mogol says:

    Mas,,,ak punya vixion kalo putaran idle bunyi glak2 dalam mesin apa nya,,,tp lo rpm tinggi siara nya hilang,,

  21. Muhaimin says:

    Mas eko motor ku blum pernah dibongkar mesinya,,yang dimaksud slave gear ama muntirnya apa mas eko tolong pencerahanya,makasih.

    • ekomoker says:

      sleave gear
      seperti terlihat di gambar,ada 2 buah gear, gear utama yaitu gear yg tebal nah gear yg kecil itulah yg dinamakan sleave gear
      gear ini dapat diputar2 dan maksimal kalo ga salah bisa di offset(diputar) hingga + 4 1/2 mata ,nah disini lah letak mendengungnya ,biasanya saat pemasangan kopling ganda gear ini terlalu banyak muntirnya,normalnya cuma + 1 1/2 mata offsetnya masbro

  22. riyan says:

    Mas bro, kebetulan pnya sya motor revo 100cc keluaran tahun 2007,

    sya mw tnya knpa stiap msukin gigi kedpan itu gk dha ngenjutanny mas?
    Thu tmbul mslhny dri mna mas?

  23. Ranjet says:

    suhu, revo110 karbunya diganti sama rx king cocok ga? apa ada yang musti diganti sono sini?

    • ekomoker says:

      pake karbu shogun aja ,pake karbu king kegedhean,kecuali motor situ udah di bore up ,ganti klep lebar dan pengapian racing baru dech pake karbu gedhe rada ngepek :D

    • ekomoker says:

      nambah power sich nggak terlalu banyak tapi akselerasinya yg bakal terdobgkrak drastis
      dan setahu saya klep shodun itu dulunya menjadi klep yg paling lebar dikelas bebek 110cc sekitar 24-26an mili,dg saumsi tsb maka karbu dg venturi 22-24mm yg paling cucok :D dan karbu gl-max kan 24mm juga ,atau pake keihin pe24 nova dash juga bisa

    • ekomoker says:

      mikuni 24 flat alias karbu skep kotak cocok buat akselerasi ,pe 24 dan gl max ,cocok buat speed tinggi ,silahkan pilih sesuai kantong dan kebutuhan

    • ekomoker says:

      mending pake karbu gl-max ori daripada karbu kotak kw
      sama kayak pe28 abal2,repotttt nek arep setting , ga nemu2 :D
      bisa langsam tapi ga bisa enak akselerasinya

      • Ranjet says:

        biar akselerasi jos mending gl max apa pe24 keihin bro?
        pertanyaan terakhir mas, knalpot mempet pengaruh sama akselerasi dan kehematan bensin mas?

      • ekomoker says:

        pake pe24 masbro
        knalpot mampet berefek pada perolehan tenaga yg kurang maksimal sehingga pengendara cenderung menaikkan throttel dan inilah yg menyebabkan boros bensin

      • Ranjet says:

        Kira kira knalpot ori buat shogun masih ada gak bro? kisaran berapa?
        kalau bobok knalpot suaranya bisa mesen gak terlalu keras kan bro, kayak knalpot standar?

      • Ranjet says:

        mana nih omnya? mau bobok dilema, lagi nunggu keterangan dari master :D

    • ekomoker says:

      knalpot shogun baru ada kok,tapi harganya yg lumayan
      kalo pengen bobok silahkan saja ,ga jadi masalah

  24. Muhaimin says:

    Mas eko gimana cara membedakan kampas kopling habis sama kampas sentripugal abis,berapa km biasanya harus ganti,apakah harus sama rumahnya.mohon pencerahanya

    • ekomoker says:

      kalo kampas kopling habis biasanya pada rpm tinggi mesin seolah2 tertahan
      kalo kampas sentrifugal yg habis ,akselerasinya yg tertahan
      berapa km harus ganti?wah kalo ini ga ada patokan pasnya di buku manual ,tapi sebagai patokan aja >3th kalo rutin ganti oli dg pemakaian wajar

  25. dhanu muhammad says:

    mas bro mau tanya nih….mtor stria fu klo digas ada suara tiktiktik….mkin digas makin laju…tpi klo gas trun ilang….ap masalahnya ya,,,ap noken asnya ya

  26. Marzeno says:

    Slam knal mas bro……
    Mau tanya ini mas bro …..
    Kenapa suara motor saya itu kalau pada saat tidak di tarik gas atau pada saat di kasi hidup suaranya keras habis lembe lagi dst…
    Kira2 apanya mas bro yang rusak….

  27. iqbal says:

    mas .
    Sya minta tl0ng sangat ni mas .
    Mtor q smash 2005 .
    Mtor ny udh semi korekan .
    Sya bingung mas .
    Shabis turun msin ganti stang npp std .
    Ko kupling ny kendor trus , stelah aq coba starin dg kcptn 120 kmh , tu msti baut pengencang yg di ganda nya lngsung kndor , pdhal sya udh bulak blik q kncengin tu baut ampe bunyi . He
    Yg jdi pertanyaan ny gni mas .
    Ada suara di bgian blok kop , ( klung – klung – klung ) , suaranya kyak seher l0nggar gtu . Tpi kalo baut kupling ny sya kncengin . Tu tuk awalan mulus tu msin .
    Sya mh0n bntuan ny mas . Mksh .

    • ekomoker says:

      saat memasang mur kopling baik mur kopling utama maupun kopling ganda pasti ada ring special,mungkin saat pemasangan ,ring ini lupa dipasang atau terbalik
      note: ring specialnya biasanya ga rata alias sedikit cembung dan bertulis kan “OUT SIDE” nah sisi ini biasanya dipasang menghadap kita,atau ringnya berupa plat dg nok sejumlah 4 buah yg menjepit murnya
      seperti ini nich bentuk ringnya
      clutch special washer

  28. yudha says:

    mas eko. .mt0rku fu baru 900km. .tapi suara di head bunyi klitik klitik gt. .pdhal pke pertamax. Apa adjuster tensi0nernya udah ga brfungsi lg? Baru 900km lh0w?hehe

  29. dika says:

    permisi mas, sy mau nanya , kebetulan sy masih awam banget ini sama urusan motor,
    motor sy Honda Astrea tahunnya lupa,
    mas, jangka waktu penggantian oli mesin itu sebenernya berapa km pemakaian ?
    kalo suara mesin tiba2 keras macam dipakein knalpot blombongan itu kenapa ?
    mesin motor bunyi tik tik tik itu kenapa ? apa rantai kamrat nya ? 2 bulan ini kebengkel digantiin rantai kamrat 2 kali. motor biasa dipake PP kira2 50km an perhari.

    terimakasih,

    • ekomoker says:

      penggantian oli disarankan oleh bengkel tiap 2000km atau 2bulan mana yg lebih dahulu dicapai(jangan terkecoh dg iklan oli yg bisa di pake sampe 4000 km,punyaku tak coba cuma 1500 km olinya berkurang cukup banyak)
      untuk lebih amannya sich 1500km ganti,kalo buat motor tua jangan coba2 pake oli encer karena suara mesin bkal tambah parah,pake aja oli 20w50
      untuk masalah rantai kamrat,kalo bisa saat ganti sekalian ganti juga rol tensionernya,karena yg cepat kalah justru karet rolnya bukan rantainya (supra fit saya 5 th cum ganti 2kali rolnya,setelah 9th baru tak ganti rantainya)

  30. herman says:

    siang gan numpang curhat ni ..
    motor ane jupiter z.mesin sebelah kanan berisik banget, ada bunyi tek tekx. ky ad baut yg kendoor gitu..klo dpake jln pas gas turun jlnx los ky kt lg pencet kopling. bgitu jg pas lg manasin digas dikit trus kontak dmatiin ky masih ad yg muter dalam mesin. kira kira penyebabx ap y gan ? tolong kasih masukan gan..

    • ekomoker says:

      alo ga salah mesin jupiter pake balancer mesin (cmiiw),jadinya kalo mesin mati masih ada sisa putaran dari balancer ini
      kalo msalah bunyi,coba cek karet dumper kopling dan karet dumper kampas kopling ganda

  31. fran says:

    mas aku punya motor juviter Z 2009 bunyi mesin kasar dan terdengar begitu berisik dan bergetar begitu kencang ketika dijalankan maupun tidak. kayaknya apa tu mas penyakitnya.saya udah ke bengkel mas nanya gitu tp jwban berbeda2 ada yang bilang kelahar dinding terus ada jg karet kopling”ada jg yang bilang stang sehernya.MOHON PENCERAHAANYA MAS

    • ekomoker says:

      dibaca dulu mas postingannya,kira2 suaranya seperti apa? rpm berapa suara muncul?dan di sebelah mana sumber suaranya?
      coba di kroscek dg membaca postingan :D

  32. yudi says:

    Om mo tanya motor [g̲̅u̲̅e̲̅] shogun th 96 dah ganti seher pake thunder 125.Ќªl☺ di gas’nya nutur jalan biasa tapi Ќªl☺ langsung di betot ko nembak2 Ƴǎ̜̣̍c̳̿ƗƗ kenapa ya om apa ya masalahnya.ᵗʰᵃᶰᵏᵧₒᵤ ⌣̈

    • ekomoker says:

      bisa jadi settingan karbunya belum mksimal masbro,kalo dari gejalanya bisa karena main jet terlalu besar atau jarum skep nya terlalu kurus
      coba karbunya pake yg besar pe24 misalnya

  33. Den_Ezra says:

    selamat malam gan….
    sepeda mtor saya Vario CW 110cc keluaran thun 2010,kyk.nya ada masalah pada sektor mesin,..pada saat kondisi idle (nggak jalan) suara mesin alus2 aja gan,..tapi setelah d buat jalan atau mesin sudah panas gtu,..ada suara klotok2 gt gan,…yg sya denger sih dari sisi mesin tepatnya dari kipas radiator,..apa kerusakan.nya bkan dr kipas radiator? ,,bukan dari drivebeltnya gan.,.
    pencerahannya gan….
    trimakasih….^^

  34. rudolf says:

    Motor saya supra X 125 apa bila mesin panas dlm keadaan jalan dgn kecepatan 80 km/jam maka akan keluar suara.narmal kah itu?

  35. Andre says:

    bro, mau tanya, membobok knalpot itu perlu waktu berapa lama?
    oiya menurut master nih, kalau oli gampang abis, boros bensin, dari knalpot keluar asep putih dan busi item itu kenapa bro?
    musti digimanain itu motor?

    • ekomoker says:

      bobok knalpot bisa 2-3 jam an masbro tergantung tukang yg bobok
      kalo keluar asap putih disertai berkurangnya oli mesin itu tandanya musti beli motor baru,wkwkwkwkwkwkwkwk :mrgreen:
      bcanda masbro ,itu tandanya ada kebocoran oli pada ruang bakar bisa jadi karena seher dan ringnya aus atau seal klep lemah

      • Andre says:

        Shogun kebo nih kwkwkw
        kalau ganti seher atau ringnya lama ga om?
        untuk mengganti seal klep sama seal buat kick starter berapa lama ya om? mau dittinggal motor cuman 1 tapi keadaan sibuk hihi :D

    • ekomoker says:

      kalo cuma bongkar head paling 1hari selesai mas ,dg catatan bengkelnya ga ruameeee :D

      • Andre says:

        susah nyari bengkel sepi, mau lebaran pada nyervis motornya haha:D
        6jam cukup kah om untuk ganti seher sama ringnya? untuk shogun kebo perlu berapa duit yak om?

    • ekomoker says:

      6jam cukup,dg catatan sampean kenal sama tukang bubutnya :D

  36. selamat says:

    Masbro kenapa Ƴɑ̤̈ª motor saya Ķālāu mesin ήƔα̲̅ sudah agak panas ada bunyi seperti rantai klep kendor tp kata mekanik honda itu bukan rantai klep, , kira kira apa ήƔα̲̅ Ɣά̲̣̥ƞƍ rusak mas bro.

  37. selamat says:

    Masbro motor q tiger tahun 2012, ada masalah apa om dengan mesin motor к̲̣̣̥ü, kalo mesin ny agak panas ada bunyi tek, tek, tek, kalo rpm ήƔα̲̅ sedang tinGgi itu bunyi tambah kenceng , tolong masbro kasih tau saya apa ήƔα̲̅ Y̶̲̥̅̊a̶̲̥̅̊n̶̲̥̅̊g̶̲̥̅̊ Ω̶κ̣̇υ̲ rusak

  38. aww..mas mau nanya motor ane honda kharisma th 2003 kalau kick starter d selah kadang kena kadang ngelos kenapa ya..? apalagi mesin masih panas..lebih susah lagi di selahnya..mohon infonya..

  39. gilar says:

    mau tny nih..mtor q jupiter mx th 2005 udh 601.000km..aku bru gnti oli shell advan tp kok mlh tarikanny berat,bwt kec diatas 60km harus jrak jauh thx

  40. ramadhan says:

    Mas bro,sy mw tny !!!
    Mtor sy yamaha jupiter z 05 stiap mw masukin gi2 kadang2 susah kdu 2x bru msuk,trus suka g mw balik..trus suara dmesin dlm kasar bgt ky ad yg g lncar jln’e ky ad yg beradu..sy ud pake kopling manual,suara’e deg..gedeg..gedeg..kta bengkel hrus gnti rumah kopling sma kopling ganda…tlng ksih solusi’e mas biar g slah

  41. gilar says:

    udh tk bawa k bengkel ktany klepnya nggembos mas..klo bneren abis brp y? klo d biarin gt dampaknya apa?

    • ekomoker says:

      wah kalo HETnya coba cek online catalogue nya yamaha aja masbro , efeknya banyak karena kunci motor 4 langkah itu ya silinder headnya,termasuk didalamnya adalah klep :D

  42. gilar says:

    ciri2 nya klep bocor apa mas? soale aq gk tau mesin mtor mas mhon pencerahannya

    • ekomoker says:

      coba cek businya kalo ada kerak yg banyak menempel berarti ada kebocoran,dg catatan seher dan silinder dinyatakan normal , satu lagi asap knalpot berwarna putih dan tidak terlalu tebal keluar pada rpm tinggi

  43. heri48r says:

    asslkm bro…saya mau tanya nih..motor saya karisma 04..saat mesin idle ada bunyi glek-glek tp saat masuk gigi1 suara tsb hilang.. juga ketika awalan mtor mau jalan ada bunyi berderak dibagian mesin,kemarin pas ganti seher stang seher dicek masih baik2 saja…kira2 apa ya mas yg rusak? Kemudian mesin ada bunyi kerrrr pada putaran menengah tp ketika putaran tinggi suara itu hilang…mohon pencerahannya..terimakasih

    • ekomoker says:

      dumper kopling aus masbro,dumper kopling utama dan kopling ganda

      • yan says:

        permisi salam kenal masbro…., sy baru beli motor seken pulsar 135 thn 2010 dari pembeli pertama. minta tolong skr sy ada masalah dngn suara mesin ny yg bikin galau yaitu klo sedang jalan d rpm 4000 keatas ada suara kerrrr….. klo sedang berboncengan atau bawa beban suara terdengar dr rpm lebih rendah. nah klo d.posisi diem mesin hidup suara itu tdk ada, mohon pencerahan ny dr masbro eko…
        trims tambah sukses selalu..

      • ekomoker says:

        cek rantai rodanya masbro

  44. Kebo Mania says:

    bos, ukuran karbu shogun fd110jadul itu berapa mm?
    Kalau shogun kebo dipasang pe 24 gimana om? cocok ga tuh?
    Sebelumnya selamat lebaran bro, terimakasih udah jawab semua pertanyaan kita:D

  45. Muhaimin says:

    Mas eko ,shugun 04 punya mertua,disaat masuk gigi 1,kadang kadang jalanya seperti pakai kopling laki,padahalkan motor bebek,apa masalahnya ya,,,,mas yang namanya dumper kopling itu yang mana,terus gejalanya yang jelas gimana.ok master motor mohon pencerahanya,

  46. santosa jaya says:

    asalamualaikum mas eko

    mo tanya lagi yg kesekian kali. Kemarin q iseng buka bak magnet glmax neotech trus q tarik2 magnetnya dia geser/gerak kluar-masuk kurleb 1mm. Laher kruk asnya ikut gerak juga tp kyknya gak oblag,cuma bergeser kluar masuk. Apanya yg kena tu mas trus solusinya? Trimakasih pengeran sing mbales

  47. santosa jaya says:

    oiya lupa. apakah dinding magnet sebelah dalam bergelombang coz punyaku bergelombang.trus msn kasar ampe q gk pernah gas lbh dr setengah krn getar serem

  48. santosa jaya says:

    wah tbh serem aja crankcase yg kena, brarti laher seharusnya rapat untuk menahan posisi kruk as biar gk geser2 gt mas. ato mungkin da mur/baut yg krg rpt diarea kopling gt mas hingga askrukx bs bergeser (berharap mukjizat) suwun mas

    • ekomoker says:

      kalo ada baut yg kurang kencang pasti mlintir crankcase sampean dan oli pun pasti bocor
      mungkin dulunya sampean sering telat ganti oli masbro,kalo pengen ngirit sich di sok aja lobangnya pake kuningan

    • Muhamad Ridwan says:

      Assallammu’alaikum mas bro sy mw tny ni mtor sy jupiter Z 2005,kemaren abiz gnti gi2 primer,am dumperkoplik tp msh sma aj g ilang bunyinya..ciri’e klo lg Rpm rendah suara bunyi mesin glotok2 kya’e dri sisi dalem mesin tp klo di Rpm tinggi/dbwa ngebut suara’e ilang mas bro..itu kira2 apa’e y mas bro.. Ane ud brapa x kbengkel tp te2p aj g ilang2 bunyinya.. Mhon solusi’e y mas bro.. Trima ksh

      • ekomoker says:

        waalaikumsalam wr. wb
        kalo boleh tahu apakah saat kopling diinjek bunyi masih ada mas?

      • Muhamad Ridwan says:

        Kopling manual,klo kopling dtarik msh mas,cuma ilang’e klo ud kenceng bru suara glotok2nya g ad tp pas gas ud trun mesin melambat bru ad lg suaranya,kya’e dbagian magnet mas karna pas sy lg buka tu2p magnet jelas bgt suaranya mas

    • Muhamad Ridwan says:

      Tp mas bro pas ane bka bok keteng suara’e ad dbagian magnet jelas bgt malah dbagian blog kopling adem aj g ad suara yg glotok2 Pada 14 Sep 2013 11:01, “Muhamad Ridwan” menulis:

      > Assallammu’alaikum mas bro sy mw tny ni mtor sy jupiter Z 2005,kemaren > abiz gnti gi2 primer,am dumperkoplik tp msh sma aj g ilang bunyinya..ciri’e > klo lg Rpm rendah suara bunyi mesin glotok2 kya’e dri sisi dalem mesin tp > klo di Rpm tinggi/dbwa ngebut suara’e ilang mas bro..itu kira2 apa’e y mas > bro.. > Ane ud brapa x kbengkel tp te2p aj g ilang2 bunyinya.. > Mhon solusi’e y mas bro.. > Trima ksh >

  49. harso says:

    gan mau nanya nih, q punya v ixion thn 2009,belakangan ini dipinjam adik q sampek berapa bulan dan lupa ganti oli, akhirnya piston dan bloknya baret suara sangat berisik. lalu saya bawa kebengkel dan ganti blok ama pistonya.tapi sekarang pada saat mesin baru di hidupin/msh dingin suara mesin halus,setelah bbrapa saat mesin hidup suaranya kasarnsekali , kira2 apanya masbro ? klep, timlar, bos klep noken as semua ok !

    • ekomoker says:

      apakah bearing2 daleman mesin diganti juga masbro?
      masalahnya kalo sampai piston baret berarti bearing2 daleman mesin juga pasti oblak,cirinya adalah getaran mesin jadi lebih besar dari pada saat motor belum ganti blok&seher

  50. shandot says:

    Mas meeh takon kie..motor ku supra 125 th 06..klo di buat jlan ada suara ngukkk nya kenceng..penyebab nya apa mas..suwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s