[diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kuping

wahhh ciussss enelannnn hehehehehe 😀 ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

mesin cbr150

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

note:suara terdengar pada kepala silinder

noken as

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

note:suara terdengar pada bagian blok silinder

blok motor

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin

bandul askruk

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

kopling assy

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

920 Responses to [diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

  1. winar says:

    salam kenal mas,,
    mo tanya soal cb150r,,, bermasalah disaat masuk gigi 1 pada angkattan pertama mo jalan pelan terasa ndut nduttan,,, tpi jika saat mo jalan pake gigi ke 2 gak terasa ndut nduttan,,
    trus dsaat kecepatan sedang,gas dikurangi ada suara krek,kreek gitu,,
    apakah kopling yg brmasalah atau bagian yang laen,,, trus bagian apa yg perlu dibenahi,,,
    saya menemuka masalah ini dibrberapa unit motor cb150r,, namun permasalahan blum ktemu,,, lok mo klaim butuh wktu lama,, hampir 3bulan,,

  2. wang says:

    mas mau nanya ni, mtor grand 97 sy kalo dibawa rpm tinggi/mau ganti gigi, bergetar bgt. itu brrti apanya ya mas soale sy awam mesin, bca pencerahanya juga mumet,..
    trus kalo misalnya ada yg kdu diganti kira2 nympe brapa ya pake ori biar ga ketipu bengkel,
    mas mohon pencerahannya ya, makasih..

  3. irvan says:

    agak sedikit mau nanyak ni mzbro,
    kreta saya scorpio,asal sudah di gigi 5 saya bawak kencang mesin ny mntak ganti gigi lai mzbro, itu apa ny yg rusak???
    dan oli apa yg cocok??
    thanks 🙂

  4. indra_setiawan62@yahoo.com says:

    mas kalo mesin motor ninja 250 saya bunyinya kletek”pada saat di lepas gas itu akibat apanya ya.apalagi kalo mesinya keadaan dingin jelas bnget tu bunyinya kayak mau jebol aj tu mesin.saya mau tanya sama mas kira”tansioner,rantai klep,apa pistonya yang bermasalah

  5. Rony Zhean says:

    sama kaya yang dibawah, punya q juga gitu, kalo masukin gigi dilepas bunyi ctok, persnelingnya empuk bgt diinjak tp akselerasinya gak ada, kira-kira yg harus diganti apanya? Terimakasih sarannya.

  6. rico says:

    bro ane jga pngen nnya nih,tanda yg umum terasa saat laher bandul sama stang seher oblak ap y??soal ny mtor qu bunyi ny kasar pas lagi naikin gas.bunyi nya grok grok gtu..mtor tiger revo bro

  7. daffa says:

    motor saya tiger 2000 tahun 97 mas. berisik di mesin bagian atas. apa benar cuma klep nya renggang? sebelum nya rante keteng kendor, tapi udah diganti dan disetel. kalo bunyi kerusakan pada noken as gimana? makasih mas

  8. irma says:

    Mau nanya nie mas..motorku Supra X 2003..nie motor klo pas kagak ujan enak bgt..nah masalah mulai muncul pas hujan..ada bunyi krok krok kayak “gesut” gitu mas di motor bagian depan..apa mesti ganti kampas ato gimana..mohon pencerahannya..makasi..

  9. wahid hasyim says:

    Mas,mohon bantuannya.motor saya Jupiter z burhan.awalnya saya mengencangi rantai roda,tapi kenapa terdengar suara trek-tek seperti besi beradu, suara terdengar seperti di blok kiri.pada saat motor jalan gigi 1 dan 2.apalagi jika habis nikung berisik banget.kondisi rantai+gir baru 1bulan pakai.mohon solusinya terima Kasih.

  10. byan says:

    Mas saya mau nanya + sarannya.mtor mgapro primus 2008 kalo askrugnya di strug standart tiger tapi pistonnya tetep pakek standart mga pro awet g’ di mesin. ?

  11. masgun says:

    askum mas eko
    nyuwun tulung mas motorku glmax, klu kopling ditarik full keadaan msk gigi1 roda blkg kok berputar, bahkan stut yg di bak kanan aku cukit pke obeng ampe penuh (spt posisi menarik kopling)roda msh mutar, apakah normal? karena tiap aku injak gigi pertama secara pelan terasa ada getaran di tuas persneling spt benturan dg roda gigi.
    apanya ya mas…
    trimakasih! semoga mas eko selalu diberi kesehatan agar tetap bisa ngeblog 🙂

Leave a reply to ekomoker Cancel reply