[diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kuping

wahhh ciussss enelannnn hehehehehe :D ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

mesin cbr150

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

note:suara terdengar pada kepala silinder

noken as

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

note:suara terdengar pada bagian blok silinder

blok motor

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin

bandul askruk

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

kopling assy

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

822 Responses to [diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

  1. ganjar says:

    Ass .. mas maaf ganggu..mau tanya. Ini motor ane new satria f 2014.. nih kalo mesin dingin mas suara nya alus,tpi ada suara tik tik tik,udah 10 mnit suara tiktik nya ilang,, tapi suara mesin nya jadi kasar.. apalagi kalo udh jalan,, kasar bgt di tarik gas kayak ada suara .. srrrrrrrrrrrrr. Trus jika di standar tengah dan roda belakang di puter .terdengar suara krek krek.krek,, di bagian gear depan.. makasih sblumnya..

  2. Ichsan says:

    Siang masbro.. Motor ane supra x125 dah dignti kmpas kpling bru tp kl tanjakan biar pke porsnling 1 koq masih bergetar ya mas bro..?mohon pencerahan ya masbro.

  3. ganjar says:

    Nggak mas.. kalo menurut mas itu apanya ya? Saya ingin tahu dulu dri mas penjelasannya.
    Maaf ngerepotin sblumnya mksih

  4. amin says:

    mas mau nimbrung nanya. mp sya bunyi keletek keletek waktu koplingnya d lepas stengah seperti bunyi klep dan bunyinya keras. sedangkan klepnya br sy ganti. tapi kalo pagi keada.an mesin dingin bunyi nya gak ada, itupun cuma bentar 3menit.an. hbis itu bunyi it muncul setiap kopling dlepas setengah, meski bunyi itu masih ada sa.at kopling dlepas penuh tapi tak sekeras sa.at dlepas stgah. mhon pnjelasanya.. mas..

    • amin says:

      mas mau nimbrung nanya. mp sya
      bunyi keletek keletek waktu
      koplingnya d lepas stengah seperti
      bunyi klep dan bunyinya keras.
      sedangkan klepnya br sy ganti. tapi
      kalo pagi keada.an mesin dingin
      bunyi nya gak ada, itupun cuma
      bentar 3menit.an. hbis itu bunyi it
      muncul setiap kopling dlepas
      setengah, meski bunyi itu masih ada
      sa.at kopling dlepas penuh tapi tak
      sekeras sa.at dlepas stgah. mhon
      pnjelasanya.. mas..

  5. teem says:

    mas motor saya jupiter z 2008,ada suara seperti mesin jahit waktu sewaktu transmisi ketiga,gear 1,2 dan 4 nya padahal tidak ada masalah..sebulan lalu baru overhoul plus ganti seher tpi masalah mesin jahit nya belum hilang juga.kira2 dimana yang salahnya mas?..trims

  6. simbolon121231 says:

    mas ne motor gl pro cdi 145cc,,
    dah gue ganti temeng piano klep and noken as nya tp knp kok msh bunyi kltak-klatak
    padahal stelan klep nya ok gk terlalu longar and gak terlalu rapat…
    apa ya mas tolong dijawab ya…

  7. simbolon121231 says:

    mas tolong jawab dong pertanyaan ku..

    • ekomoker says:

      Sistem penegang rantai kamrat sudah aus bisa karna karet tensionerya .. atau setelan klepnya terlalu longgar … standart gl series itu 0,05mm bukan 0,10 yg 0,10 itu buat mesin neotech

  8. amin says:

    ok mas trma kash atas saranya mas…
    salam dari wong nganjuk…

      • ganjar says:

        Mas .. satria ane di bawa ke jalan jelek ada suara pletak di bagea shock depan,, apakah ada baut yang longgar atou komstirnya atou apa,, di bawa k bngkel cuma di kencengin lehernya doang. Dan ttep aja.. pdhal satria ane bru 3 bulan

      • ekomoker says:

        Laher roda atau komstitnya oblak mas.. .. coba di standar tengah trus sok depan di tarik kedepan- kebelakang (dari arah depan) kalo oblak ya diganti komstirnya … kalo bearing roda bisa dicek dg menarik roda dari arah samping… kalo masih aman … coba cek spakbornya barangkali kendor bautnya

  9. nando says:

    bro, mau tnya vixion ane klo lg jln gigi 1 to 2 klo d rem mesin/d kurangi gas nya terdengar bunyi dug dug d mesin
    ntu kra2 knpa ya..?
    thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s