[diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kuping

wahhh ciussss enelannnn hehehehehe :D ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

mesin cbr150

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

note:suara terdengar pada kepala silinder

noken as

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

note:suara terdengar pada bagian blok silinder

blok motor

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin

bandul askruk

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

kopling assy

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

886 Responses to [diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

  1. ganjar says:

    Ass .. mas maaf ganggu..mau tanya. Ini motor ane new satria f 2014.. nih kalo mesin dingin mas suara nya alus,tpi ada suara tik tik tik,udah 10 mnit suara tiktik nya ilang,, tapi suara mesin nya jadi kasar.. apalagi kalo udh jalan,, kasar bgt di tarik gas kayak ada suara .. srrrrrrrrrrrrr. Trus jika di standar tengah dan roda belakang di puter .terdengar suara krek krek.krek,, di bagian gear depan.. makasih sblumnya..

  2. ganjar says:

    Ass. Mass minta informasinya dong. Ini motor ane new satria f 2014.. baru turun dari dealer,suara mesin nya udh kasar… ane panasin malah makin kedengaran. di denger2 sih di bagean atas sama blok kanan mesin. Trus pas besok nya mesin dalam kondisi dingin,, di kick starter pas nyala ada suara tik tik tik setelah 10 menit suara itu ilang,, kalo kondisi dingin mesin agak halus mas,tapi kalo udh panas,,berisik lagi. Apa lagi kalo udh dipake agak jauhan pas di tarik terdengar suara srrrrrrrkrkrkrkrkr .di lepas gas nggak ada. Ngeresss gituh. Trus atu lagi jika motor di dorong terdengar suara trek trek trek di bagian gear depan. Mohon penjelasannya mas. Mkasih

  3. Ichsan says:

    Siang masbro.. Motor ane supra x125 dah dignti kmpas kpling bru tp kl tanjakan biar pke porsnling 1 koq masih bergetar ya mas bro..?mohon pencerahan ya masbro.

  4. ganjar says:

    Nggak mas.. kalo menurut mas itu apanya ya? Saya ingin tahu dulu dri mas penjelasannya.
    Maaf ngerepotin sblumnya mksih

  5. amin says:

    mas mau nimbrung nanya. mp sya bunyi keletek keletek waktu koplingnya d lepas stengah seperti bunyi klep dan bunyinya keras. sedangkan klepnya br sy ganti. tapi kalo pagi keada.an mesin dingin bunyi nya gak ada, itupun cuma bentar 3menit.an. hbis itu bunyi it muncul setiap kopling dlepas setengah, meski bunyi itu masih ada sa.at kopling dlepas penuh tapi tak sekeras sa.at dlepas stgah. mhon pnjelasanya.. mas..

    • amin says:

      mas mau nimbrung nanya. mp sya
      bunyi keletek keletek waktu
      koplingnya d lepas stengah seperti
      bunyi klep dan bunyinya keras.
      sedangkan klepnya br sy ganti. tapi
      kalo pagi keada.an mesin dingin
      bunyi nya gak ada, itupun cuma
      bentar 3menit.an. hbis itu bunyi it
      muncul setiap kopling dlepas
      setengah, meski bunyi itu masih ada
      sa.at kopling dlepas penuh tapi tak
      sekeras sa.at dlepas stgah. mhon
      pnjelasanya.. mas..

  6. teem says:

    mas motor saya jupiter z 2008,ada suara seperti mesin jahit waktu sewaktu transmisi ketiga,gear 1,2 dan 4 nya padahal tidak ada masalah..sebulan lalu baru overhoul plus ganti seher tpi masalah mesin jahit nya belum hilang juga.kira2 dimana yang salahnya mas?..trims

  7. simbolon121231 says:

    mas ne motor gl pro cdi 145cc,,
    dah gue ganti temeng piano klep and noken as nya tp knp kok msh bunyi kltak-klatak
    padahal stelan klep nya ok gk terlalu longar and gak terlalu rapat…
    apa ya mas tolong dijawab ya…

  8. simbolon121231 says:

    mas tolong jawab dong pertanyaan ku..

    • ekomoker says:

      Sistem penegang rantai kamrat sudah aus bisa karna karet tensionerya .. atau setelan klepnya terlalu longgar … standart gl series itu 0,05mm bukan 0,10 yg 0,10 itu buat mesin neotech

  9. amin says:

    ok mas trma kash atas saranya mas…
    salam dari wong nganjuk…

      • ganjar says:

        Mas .. satria ane di bawa ke jalan jelek ada suara pletak di bagea shock depan,, apakah ada baut yang longgar atou komstirnya atou apa,, di bawa k bngkel cuma di kencengin lehernya doang. Dan ttep aja.. pdhal satria ane bru 3 bulan

      • ekomoker says:

        Laher roda atau komstitnya oblak mas.. .. coba di standar tengah trus sok depan di tarik kedepan- kebelakang (dari arah depan) kalo oblak ya diganti komstirnya … kalo bearing roda bisa dicek dg menarik roda dari arah samping… kalo masih aman … coba cek spakbornya barangkali kendor bautnya

  10. nando says:

    bro, mau tnya vixion ane klo lg jln gigi 1 to 2 klo d rem mesin/d kurangi gas nya terdengar bunyi dug dug d mesin
    ntu kra2 knpa ya..?
    thx

  11. qodir says:

    Motorku Honda Revo 2007, kalo pas keadaan dingin ada suara tek tek tek tapi kalo mesin panas suara hilang ? Mohon solusinya ?

  12. ganjar says:

    Ass. Om ini kan ane setel rante satria ya, stelan nya standar 20-30.. tpi pas ban belakang di puter ada suara tek tek tek di bagean gear depan nya. Ane longgarin lagi terus di kasih oli,, ilang tapi besok nya ada lagi suara itu,, apa nya ya? #mkasih sblumnya

  13. ganjar says:

    Ass. Om ini satria ane jika motor di dorong atou ban belakang nya di puter. Ada suata tek tek tek di bagian gear depan,, trus ane kasih olo bagean sela gear depan nya.. ilang tapi esok nya ada lagi. Apanya ya? # thank before

  14. wira says:

    sblmnya minal aidin wal faidzin mhon maaf lhir bathin
    mas..
    satria 2tak pas gas bwh
    smpai mnengah nyendat2 kalau di trik gas mslah trsbut ilang.itu pilot jet di naikin ya mas?

  15. Ip_oenk says:

    Mas mau tanya
    motor saya tiger revo
    kalau mesin panas
    ada suara kletek2 di blok atas itu knpa?
    Lw engine dingin tdk bersuara?

    • ekomoker says:

      Setelan klep longgar atau bearing noken yg besar sudah oblak… bearing noken oblak biasanya karna stut kamrat udah pernah diakali (diganjal pake mur/baut)

  16. ganjar says:

    Sorry gan,, itu kalo bearing counter shaft sama bearing dudukan gearnya aus.. perlu di perbaiki/di ganti? Terus harganya lumayan nggak? Hehe..makasih sblumnya

  17. Shaido says:

    mas, motor saya fd 110 lagi ditaro dibengkel, kemaren katanya seher, pelatuk, klep sama bos klepnya ganti, nah saya bagusnya make part apa? apa seher sonic mendukung kalo dipakein boring standar?

  18. hasim aseven says:

    mau tanya gan
    s motor saya supra x 125 thn 2012.pd saat d hidupkan suara mesinya kasar.kasih solusinya gan.
    seandainya ganti oli,oli apakah yg tepat serta ukuranya

    • ekomoker says:

      Setelan klepnya coba dicek mas.. standarnya 0,03mm .. pake 0,05 juga bisa (lebih enak malah) tapi kalo panas rada berisik … oli kalo pengen mesin rada halus pake yg 20w-50 aja .. kalo pengen akselerasi enteng pake 10w-30 atau 15w-40

  19. ganjar says:

    Om. Satria f apakah klep nya bisa di stel gak? Caranya bagaimana?
    Ini kan satria ane masih standar.. tpi pngen agak lari nya nambah dikit.. harus di kerjain apanya ya? Hehe. Mkasih sblumnya..

  20. ganjar says:

    Oh iya2 om mkasih

  21. wira says:

    as..
    mas eko,,
    ak mw nanya mas.memang ni agk aneh.aq seorng mknik bru.tpi slm aq krj,aq tdk prnh ktmu motor beat yang kering oli.sdngkan mtornya tdk brasap dan aq cek smw pking mesin msh bgus g da yg mrmbes.
    itu pngruh dri pa mas?
    ap oli fedral matik cpat menguap.klaw iya mngkn g dlm jngka wkt 3 blan bsa kring.mhn pencrahamya mas!!!

    • ekomoker says:

      Penyusutan oli *sensor … memang drastis mas .. sebulan aja bisa susut 1/4 .. kalo ga percaya coba aja ditakar … jangan berpatokan sama 4000km ganti ..bisa2 oli tinggal separuh atau tinggal seperempat apalagi motor sering buat jarak jauh … salah satu sebab mungkin karna terlalu encer …

  22. shine leonard says:

    om…jupiter mx saya tipe lama 4 speed…klo masuk gigi satu gas gak ditarik ada suara “dok,,dok,dok,,” gitu klo gas ditarik suara nya ilang,di semua gigi gitu kalo gas gak ditarik,,tapi klo di netral suaranya ilang,,,,dari knalpot udah keluar asap puti sih sekitar 1 mnggu ini….masalahnya dimana ya om?trus apa aja yg musti saya ganti?
    Tks

    • ekomoker says:

      Coba dicek kopling ganda dan dumpernya mas

      • shine leonard says:

        bisa jadi om,,,kamren sekitar 3 minggu habis ganti kampas kopling sih,,,memang abis ganti jadi aneh,,biasa klo posisi mesin off, gigi masuk, trus motor dimundurin bisa mundur,,,kemaren setelah diganti gak bisa mundur,klo gigi 1 masuk motor dimundurin kayak ada yang naham di gear…
        ok…saya bawa kebengkel lg deh,,coba liat kopling gandanya
        tks,,,om

      • ekomoker says:

        Itu sih gigi starter kakinya nyangkut om :D

  23. guntoro says:

    askum
    mas q br dpt temlar ma noken tiger bekas katanya ori copotan tiger.ditemlar ada embos angka 3 dan I (spt i tnp titik) apa tu ori? trus blt telur nokennya gak simetris sisi sblhnya agak datar gak cembung. Apakah layak pakai? Pnpkah di glmax nyutek? Trus cara ganti laher yg besar gmn & ciri noken ori gmn? maaf borongan. Minal aidzin wal faidzin

    • ekomoker says:

      Kalo udah dicopot agak susah membedakan barang ori dan imitasi … bisanya ya dg melihat tekstur barang atau warnanya … dan ini yg ga semua orang bisa …kecuali orang yg sering pegang barang ori… noken neotech baik max atau pro pnp sama tiger

    • ekomoker says:

      Ganti laher yg besar musti nyopot dudukan gigi sentrik … bisa dg digetok pake palu atau ke bengkel bubut buat dipress.. repotnya adalah nyetel top nya … cirinya sih salah satu lobang baut dudukan gir center dg coakan di sisi bearing kecil

      • guntoro says:

        oya mas profil noken klu diliat dr ujung tmp laher kecil kok bulat telurnya gk imbang yg sblh landai yg sblh lagi agak datar. Itu semua in ex sama gak imbang. Q search digoogle ada yg simetris(bulatax bagus) ada pula yg ky punyaku, yg bener yg mana mas apa msh layak pakai
        suwun mas

  24. Fiki herdiansyah says:

    mas,numpang tanya.motor sya supra fit new 2006.klo lg narik dan lepas gas suka ada bunyi tek di daerah kiri mesin(persis nya dekat2 gear rantai depan).dan klo boncengan,suara nya makin berasa.itu knpa ya mas eko..?

  25. ganjar says:

    Om.. satria ane kadang susah banget netral. Apa nya ya?

  26. sulpikar says:

    Gan saya mau…ganti seher dan oversize motor ane. Motor ane honda revo100cc .. ane mau tanya untuk alat yang mantap alatnya karisma atau kaset..? Mohon dijawab..

    • ekomoker says:

      Kalo pake kaze musti ganti boring.. pake kharisma pun aslinya juga harus ganti juga.. tapi kalo cuma pake os 0 alias kharisma std boring std masih muat lebih dari itu ya ganti boring soale udah tipis baget boringnya sisa cuma 2,5 an mm
      Pake kharisma enaknya kompresi mesin ga terlalu besar karna sehernya cekung jadi pake bbm premium masih mau walau boreup an

    • ekomoker says:

      Dan juga badan seher kharisma di lapisi molybdenum yg lebih tahan thd gesekan

  27. ganjar says:

    Om satria ane pengen lebih kenceng lagi,, tapi nggak ngerubah daleman.mesin. apa nya ya? Dan tetep irit bensin..

  28. rian says:

    Ass.. Gan saya mau tanya nih gimana cara buka baut kampas ganda motor vega r new 2008. Dulukan pake kopling manual dan sekarang mau di standarin lagi. Kan di kampas gandanya ada yang di ganjal pake ring. Masalah ketika mau buka baut kampas gandanya susah banget.. Tolong solusinya terimakis

  29. niko says:

    mas motor sy shogun 125 waktu motor masuk gi2 1-4 di pke jalan bunyi nguk..nguukkkk tp klo brhenti dan stasioner bunyinya hilang pnyebabnya apa ya mas…mohon pncerahanua…suwun

  30. guntobro says:

    askum mas eko
    tanya2 dikit mas, mtrku mp 2001 kenapa api busi ilang klu aki terpasang.klu aki dilepas msn bs hdp.akinya jg tiba2 mati, sptnya strum di sedot semua ama aki ampe busi gk da apinya.
    trus ganti aki rada sehat dikasi lampu led idup tp pas kontak di on led lgs mati sptx strum disedot cdi.
    itu apanya mas yg eror krn prnh mogok wkt msn panas tp idup lagi
    trimakasih mas

  31. mustofa ovva says:

    ass..
    mw tanya mas eko, lw rx king suara mesin kasar n sprti da suara pukulan besi ke besi ( tiktiktik), pd dinding piston n slinder.a udah baret, trus tak tanya.in k bengkel da yg blg stang piston n piston.a udah kena tp d bgkel lain blg cm piston.a yg kena… yg bnar yg mana ya mas…?

    n solusi.a gmn…? mhn pencerahan.a mas eko..

  32. agus says:

    bro,saya mau tanya,,
    kalau honda grand udh porting+bubut noken piston kaze oversize 50 cc nya brp ya?

    • ekomoker says:

      rumus ngitung cc CC=phi(3.14) x (Diameter piston) x (Diameter piston) x stroke / 4
      Grand strokenya 49.5mm piston kaze os50=53.5mm
      Dimasukkan ke rumus ketemu 111.219cc

  33. muswendi says:

    Mau nnya nih mas mtor ane. Tiger 2008 ,klo kondisi msin dingin suara tok2 trdengar jlz, di bwa jln n udh pnas suara tok2 samar2 gtu,rpm di atas 3000 suara ny iLang,kira2 kslhan ny dMn y mas?kmren dh d bwa k bngkel mnta di cek d bgian stang seher,ktnya gk ad yg rsak,cuman kret damper yg d gnti

  34. andx says:

    motor saya fiz r bunyi dok dok di sebelah kanan habis ganti rumah kopling dan sil laker bandul

  35. Ahim Nurahim says:

    Aasslmkm, Mas mohon pengertianx nich, motor kriditan saya:) Supra X125DD Karbu baru 6bln trhitung mulai bln April2014, sewaktu di bawa ke Ahass katanya ada yg rusak di CrankShaft atau poros Engkol nya, tp setelah d cek k Ahass yg lain ini cuman stelah klepnya. dan sampai sekarang bunyi sreeek (brderak) kalau rpm naik masih ada, barangkali mas Eko bisa menejlaskan apa penyebabnya?? trims

  36. Fandi says:

    Mau numpang tanya mas? mtor ane jupiter mx bunyinya kemlotak apa lg kalo mesin dingin/bru di star,kta orang bengkel rumah kampas ganda,ane dah ganti sama aj,trus tnaganya juga kurang tolong solusinya?

  37. toni says:

    mas npang tNy nie saya ada motor supra taun 2005
    klo pas distarter ada bunyi nguk nguk gitu.. utu apanya ya ?

    trmksh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s