[diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

kuping

wahhh ciussss enelannnn hehehehehe :D ,betul hari ini kita akan belajar mendiagnosis kerusakan mesin (motor) hanya dari mendengarkan suaranya saja hehehehehe keren kannnnnnn

tehnik ini saya pelajari dulu semasa saya masih di bengkel,dan inilah saatnya saya berbagi buat rekan2 sekalian,bahan2 yg diperlukan cukup simple bahkan bisa kita temukan di sekitar rumah,yakni “lap” dan tentu saja telinga yg masih normal berfungsi dg baik dan benar,mudah dam murah bukannnnn :mrgreen:

sebelum memulai saya sedikit bahas tentang cara snapping (blayer),karena suara2 pada mesin berbeda2,nah dg snapping yg baik dan benar maka kita akan  tahu apa yg menjadi kendala pada mesin motor kita

peraturan snaping pada diagnosis ini adalah tidak boleh melebihi 3000rpm ,jika lebih dari 3000 rpm maka suara2 tersebut tidak dapat terdengar dg baik karena terganggu oleh suara knalpot ,dan juga dianjurkan snappingnya tidak di tarik2  terlalu cepat ,cukup pelan2 saja (kayak lagunya kotak :D)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

setelah mengetahui peraturan snapingnya sekarang saatnya kita coba, wokeeee lets start:

jenis suara pada mesin ada 2 yakni rattle atau suara berderik dan growl atau suara berderak,dan juga untuk penentuan komponen yg reusak maka mesin dibagi 2 bagian yakni kepala silinder dan kalter/blok mesin

mesin cbr150

suara yg terdapat pada kepala silinder :

  1. suara camchain (rantai mesin/kamrat)
  2. suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep (temlar)
  3. suara piston
  • menentukan suara cam chain:

ciri suara camchain yg rusak yakni : terdengar dg jelas suara berderik jika rpm rendah (<3000rpm) namun begitu gas dibuka maka suara justru hilang,nah jika suara ini terdengar maka dapat dipastikan sestem pada camchain terdapat keausan,kita dapat memeriksa pula part2 terkait antara lain :lidah tensioner , lat dan gigi pengerak (gigi sentrik)

kamrat

note:suara terdengar pada bagian rantai mesin

  • menentukan suara sistem penggerak klep

ciri2 keasuan/keabnormalan dari sitem ini adalah: terdapat suara berderak yg  keras jika rpm rendah dan bertambah keras jika rpm ditambah (kebalikan dari suara camchain) dan suara ini dapat terdengar lebih jelas jika suhu mesin dalam keadaan dingin
, jika suara ini terdengar maka kita dapat memeriksa sistem penggerak klep dan part yg terkait akan keausan dan part2 tsb antara lain :noken as , klep , pelatuk klep (temlar) dan tentu saja bearing/bos2an nya (terutama pada sistem dohc,karena dohc membutuhkan kepresisian lebih, mengingat dalam sistem dohc tidak terdapat setelan klep)

note:suara terdengar pada kepala silinder

noken as

  • menentukan suara dari piston

nah terkadang untuk menentukan kerusakan pada piston ini dapat pula dilakukan dg cara melihat asap yg keluar pada knalpot,namun itu kalo kelonggaran piston terhadap linier blok sudah terlalu besar ,jika masih dini kerusakan piston ini dapat dideteksi dg cara mendengarkan suaranya,nah ciri2 suaranya adalah: adanya suara berderak namun hanya ketika rpm turun dari 3000rpm ke posisi idle nah suara ini dapat terdengar jelas jika knalpot ditutup dg lap dan snapping dilakukan sambil menginjak pedal rem blk dan gear motor pada posisi 1

note:suara terdengar pada bagian blok silinder

blok motor

setelah mengetahui suara2 pada kepala silinder sekarang saatnya menginjak pada pengenalan suara2 pada kalter mesin,dan suara2 tsb di bagi antara lain :

  1. cranksaft
  2. sistem kopling
  •   suara crankshaft

ciri2 dari suara abnormal pada crankshaft (bandul,as-kruk) adalah adanya suara berderak jika rpm naik secara cepat dari idle ke 3000rpm (untuk kali ini snapping dilakukan dg cepat) dan seperti pengecekan piston suaranya akan jelas terdengar jika knalpot ditutup dg lap dan motor berada pada posisi gigi1 dg rem blk diinjak,pengecekan dilakukan untuk melihat kelonggaran big end dari stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft

note:suara terdengar dari sisi tengah kalter mesin

bandul askruk

  • suara sistem kopling

dan yg terakhir adalah sistem kopling,nah suara abnormal dari sistem kopling ini mirip dg suara pada sistem cranksaft demikin pula cara pengetesannya nah bedanya adalah letak asal suaranya,jika letal asal suara pada cranksaft ada pada bagian tengah dari kalter mesin maka kalo suara abnormal dari sistem kopling asal suaranya ada pada kalter luar (kalter kopling)
,dan jika suara ini muncul maka pengecekan sistem kopling dapat di lakukan pada karet2 damper baik pada kopling ganda maupun kopling utama

kopling assy

nah jika kita mengetahui bagian2 mana yg mengalami abnormal/keausan maka kita dapat dg mudah membongkar bagian2 tersebut dg cepat dan tidak membongkar bagian2 lain yg tidak terkait

demikian semoga artikel ini dapat berguna bagi semua

salam DIY

About ekomoker

orang yg menyukai otomotif dan teknologi
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

665 Responses to [diy]Diagnosis kerusakan mesin dari suaranya

  1. ShogunDiLawan says:

    bos mau nanya lagi nih, harga kisaran body shogun 1 set itu berapa ya, soalnya udah lecek bajunya hehe

  2. Masbro says:

    Mas bro saya punya cb150 baru 3 hari masalah kopling agak ndut ndutan trus kalau kopling setengah bunyi kletek kletek jajal unit yang baru juga begitu jajal punya temen udah 4bulan ga da masalah

  3. ipan says:

    gan mau nanya…
    jupi mx ane tahun 2008…motor kalau udah jln sekitar 30km..suka ada suara kelat kletok kaya besi beradu saat pelan2,tp klo di gas hilang..kira2 apa yah?

  4. Masbro says:

    Apa memang jelek cb150 bro ?????mesin bagus kenceng klaw saya pake gigi satu / dua kopling stengah bunyi kletek kletek masalah nya motor barukan apa gagal produksi saya coba pakai unit yang lain juga sama agak kletek kletek koplingnya ??saya tanya diler katanya ciri khas masa motor baru kletek kletek koplingnya

  5. hindri says:

    mas ciri2 suara gigi primer aus kaya apa ya, trus lagi lw tuas kupling di injek trus pas masuk gigi ko bunyi nging-nging, kaya motor kuplingan ja, kira2 apanya mas, mtr saya vega r new?

  6. narto says:

    bang gl max neotech rante kamrat,da ganti tapi tetep masih bunyi kayak kamrat kendor,,,,,bunyi terdebgar sebelah bagian magnet,,,,,,,,,oya gear kamrat yang bawah di auskruk itu bisa diganti gak?kira2 berapa harganya?

    • ekomoker says:

      Biasanya sich kalo nggak stut tensioner ya lidah tensionernya yg abisss :D
      Stut tensioner asli sekitar 170-180 ribu yg lokal
      Karet tensioner kira2 sama kaya stut harga yg ori
      Stut imitasi 45 an
      Karet imitasi 80rb an yg bagus
      Gear kamrat yg di askruk bisa di copot mas tapi ke tukang bubut …..maklum masang nya mustu pake alat khusus

  7. aris rivaldi says:

    Brow saya punya motor supra 125 ketika buat jalan pas ϑ̤̥̈̊ȋ̝̊ tarik gas G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ bunyi tapi waktu ϑ̤̥̈̊ȋ̝̊ lepas gas nya bunyi tik tik berderik ϑ̤̥̈̊ȋ̝̊ bagian depan mesin dan bunyi ϑ̤̥̈̊ȋ̝̊ waktu tanjakan kadang nggak brow apa solusinya brow

  8. Muhaimin says:

    Mas eko gimana cara setel angin karburator pada motor supra 125

    • ekomoker says:

      Naikkan rpm mesin dg memutar setelan langsam(yg pake baut +) searah jarum jam
      Baru tutup total setelan angin (yg pake baut -) searah jarum jam…. buka perlahan2 setelan angin berlawanan arah jarum jam sampai rpm tertinggi (kira2 +/- 1,5 putaran) baru turunkan rpm sampai langsam (1300-1500rpm) coba di gas setengah trus langsung lepas… kalo masih ada letupan di knalpot berarti setelan masih terlalu banyak mbukanya…tutup sedikit2 sambil di gas-tutup sampai gejala ledakan hilang

  9. siose padan says:

    klo jupiter mx tahun 2006 om,…
    kerusakannya kedengaran suara mesin berderak,…
    aku tanya di bengkel yang 1 katanya pistonnya tergores,trus yang 1 lagi katanya cuma baut klep yang lepas,…
    aku bingung sebenarnya apa sich yang rusak,….
    padahal knalpot engga mengeluarkan asap,…..

  10. wahid says:

    gan harga rumah kopling gren berapa duit

  11. fandhy says:

    om motor z ng” blade ng’ mw nyala

  12. yoga says:

    nanya gan, pda v xion ane terdengar suara berderik saat gas di tarik cepat,,, kira” problem’y apa gan?

  13. yoga says:

    rpm tengah saat berhenti,,, saat jlan rpm tinggi,,,

  14. byan says:

    gan aq mau nanya soal megapro 2009 saya. Di bagian kepala silinder bunyi berderik saat rpm dinaikkan. Sebelumnya n0ken as sama templar di ganti baru sama orang bengkel. Truz saya coba uda ga ada trobel. Tapi pas saya pakek perjalanan jombang-M0KEr, ampek m0jokerto stelan klepnya kendor pda bagian EX. Trus saya coba stel ulang stelan klep. Tapi knapa masi ada bunyi berderik saat di gas. Padahal stelan klep uda di stel dan ga bunyi.
    M0hon pengarahannya. Trims

  15. byan says:

    pas trun mesin maren tensionernya masi bagus mas. Truz untuk laker n0ken juga uda di ganti.

  16. byan says:

    ou gitu mas ya,
    Kalo penyebab stelan klep kendor itu dari fakt0r apa ya mas. Padahal kan baru di stel sama org bengkelnya. Baru dipakek luar k0ta sehari aja padahal

  17. stephanus yan says:

    Mas eko sy mau tanya knpa mesin megapro sya klo sudah panas trdengar suara kletek2 klo rpm dbwah 3000.anehnya pas langsam suara suara ilang sma ky rpm diats 4000 suarany jg ilang.suara berasal dri blok sbelah kiri.pdahal bru 3 mggu sy ganti lat dan ketengny.kira2 apany y mas eko…butuh infony mas sy tnggu y thanks

  18. koheng says:

    Kenapa varioku hbs ganti noken as susah hidup

  19. anggi says:

    mas eko numpang tanya, motor saya kan mega pro. gejala nya itu ada suara kasar osrok pda bagian mesin sebelah kiri atas, coba saya cek kamprat gk kendur(masih kenceng), pada posisi top sya cek klep nya jg gk kendur, suara tersebut terdengar saat mesin dngin. dan efek ke performa mtornya saat motor melaju pada perseneleng 5 dan gas ditarik spontan laju motor malah semakin kehilangan tenaga. kira2 knapa ya mas???

  20. byan says:

    mas saya mau nanya apakah bener k0il megapro 2008 kalo di ganti k0il supra 125 tarikan megapro di lebih enteng ??

  21. simbah says:

    mas, motor saya jupi mx kl gas di sentak dgn cepat ada bunyi klak-klak…klak-klak. Suaranya lumayan keras kaya besi beradu. Kl kopling manual bikin sendiri, kopling gandanya cuma diganjal ring ada efeknya ga mas ?

  22. simbah says:

    mas, motor saya jupi mx kl gas di sentak dgn cepat ada bunyi klak-klak…klak-klak. Suaranya lumayan keras kaya besi beradu, itu yg kena stang seher apa karet kopling dah keras mas ? Antara rumah kopling dan gigi sekundernya tdk oblag.
    Kl kopling manual bikin sendiri, kopling gandanya cuma diganjal ring ada efeknya ga mas ?

    • ekomoker says:

      Kopling manual buatan rata2 kurang presisi pada sistem penekannya jadi kadang2 bunyi (kalo ga kemletak ya mbengung) … masalah ganda yg dimatikan dg diganjal saya rasa aman2 saja

    • ekomoker says:

      Bunyi klak-klak itu keras apa pelan? Bisa jadi stang seher aus atau detonasi akibat over kompresi bisa juga dari penggerak klep (noken modif- per klep terlalu lembek jadi klep floating)

      • simbah says:

        suara klak-klaknya kencang banget mas, tp gak tau kenapa pagi tadi suaranya sudah lumayan hilang. Akibat dari suara tsb, sekarang dari knalpot keluar asap putih kl rpm tinggi.

        Satu lg mas suara klak-klak tsb bunyi kl pada saat angkatan dan gasnya kurang besar. Motor saya kopling manual bikin sendiri.

  23. ass mas bro q mw tanya nich q kan pnya motor absolute revo2011 pi npa ea skrng motor saya kog kalau di buat jalan pelan n gas dikit kaya ada bunyi krek2 ntah tu di mesin na apa di rantai na ea mas
    kalau bz kirim di no q085733370883 makasih mas q tunggu ea
    wss

    • ekomoker says:

      Coba di standart tengah dan dinyalakan… kalo masih bunyi kemungkinan rantai kamrat-lat bermasalah
      Kalo nggak bunyi berarti rantai rodanya yg aus

  24. byan says:

    mas aq mau nanya mgapro aq thn 2008, ukuran stelan klep yg pas di buat brapa ya ? Seker udah over size 50. Mh0n bantuannya

  25. rafa says:

    mas eko aq mo nanya motor aq satria fu 2012..mesinnya bunyi yeryer pas mau di jalanin…kira kira apanya mas mohon bantuan nya mas.

  26. Mario says:

    Mas,,ane baru pasang bak kopling supra x 125 tapi koq gigi 1/2 ane buka gas pelan+lepas kopling pelan koq bunyi kletek kletek pngen mati,kalau buka gas setenga baru gk kdengaran..KENapa ya mas?.tx

  27. jupiyem says:

    mas eko , saya mau tanya , motor saya jupiter . kalo nyalain lampu senja saja termasuk lampu speedo bisa nyala normal
    tapi kalo saklar di geser untuk lampu utama ,.. lampu utama juga lampu senja depan-belakang dan lampu speedo mati
    di sertai bunyi “nguung..nguung” kalter spul saat idle
    tapi perangkat lain yang menggunakan aki berfungsi normal
    komponen apa yang rusak mas ?

  28. sonson says:

    Mas eko, konsul nih. Vega R New ’07 saya suka muncul bunyi ‘ klotok-klotok. bunyi muncul kalo over drive jalan menurun kondisi berboncengan. Kalo sendiri bunyi gk muncul. sumbeer bunyi di bagian kiri mesin. kalo didiemin suara ilang. Apanya ya mas yg bermasalah?

  29. Mario says:

    Mas eko,,mau nx motor supra x 125 ane kopling ganda nya kurang presisi wkt d’matikan..efek nya apa kalau d’pkai trus? Apa hrus dganti?
    Tlong solusi nya.mkch

  30. Mario says:

    Rumah KG dan Mangkok KG wktu dmatikan kurang presisi mas….ada efek nya gan kalau dpkai trus?..Apa hrus dganti?

    • ekomoker says:

      Cara murah: las aja 3 titik antara mangkok dan rumah kampas ganda
      Cara mahal: bikin balancer dg besi / almu pejal dibentuk kaya balancernya win100

  31. Shaido says:

    Mas, saya rencana mau bore up shogun fd110. Mau tak pasangin boring+seher thunder terus di OS 100. Nah selain itu apa lagi yang musti diganti biar seimbang? Seperti noken, klep atau yang lain. Mohon bimbingan yah om saya masih newbie. Terimakasih om :D

    • ekomoker says:

      Di porting polish dulu aja mas…. noken dan klep standart… spuyer naik 1 tingkat…. kalo bisa sich squish head dibesarkan juga sesuai piston biar ga detonasi… juga setting puncak piston biar kompresi ga terlalu tinggi

      • Shaido says:

        saya juga hoby touring om, apa ga jebol tuh? apa saya pake orisinilan tapi sedikit ubahan atau pake thunder? mohon dibantu om, dilemaa:(

      • ekomoker says:

        Standar nya aja shogun kalo lagi bener gl max neotech kepontal2 mas ngubernya apalagi diboreup… kuncinya boreup itu usahakan kompresi mesinnya ga lebih dari 10:1 biar masih bisa mimik premium… caranya bisa memotong puncak piston biar rata dan ruangbakar ikut dibesarkan sesuai dg pistonnya

      • Shaido says:

        kira kira itu masih bisa minum premium ga mas?

      • Shaido says:

        apa lebih baik orisinilan aja om? ane baca baca dampak negatifnya cukup serem

      • ekomoker says:

        Pake yg non ori juga bisa asal merk terkenal seperti NPP-indopart atau aspira

      • Shaido says:

        jadi ga usah di bore up gitu mas? orisinalan shogunnya aja? suka greget kalau kalah sama mx itu:(

      • ekomoker says:

        Coba aja pake standaran tapi karbu gedhe

  32. donig says:

    mangkok KG dan rumah KG udh di las cuma gk presisi,,,,,jadi waktu di masukin ke kruk as gk pas cuma di paksain getokin gtu,,,nah itu ada masalahx gk mas eko kalau dpakai trus,,sekarg bunyix kletok2 wktu buka gas rendah,,kalau gas tinggi gk,,,TOLONG SOLUSINYA MAS EKO?

  33. TiCtAc says:

    sip artikelnya

  34. Reynaldo adha says:

    Gan mau nanya,2hari yg lalu mtor trun mesin nah kalo hbis bongkar mesin stengah untuk mtor kharisma tu kalo d pagi hari d panasin emg berasap ya gan? Soalny td pagi saya panasin t mtor berasap. Mohon infonya

    • ekomoker says:

      Mungkin ada sisa oli di knalpot… coba setelah beberapa hari cek level oli di mesin….. kalo levelnya turun berarti masih ada kebocoran di kepala silinder

  35. tohir says:

    mas sya puya motor fu 2008 kmaren abis ganti keteng sma sil kelep. habis gnti ok suara y gk bkn y alus ko tambah kasar. pi ini kasar y bukan kemrici tpi ngeretek. itu kira2 ap y mas..

  36. dwi says:

    Mas Eko, motor saya vega R 2003. Uda semggu ini pas jalan suka mati sdri, stater tangan ga bsa jd hrs manual/pake kaki.uđα dibawa ke bengkel resmi yamaha. ktnya waktunya ganti CDI n spul, soalnya klo msin panas trus suka mati sdri pasti soal CDI. tp disono ga αđα s’partnya. Gmn tuh mas, apa bner ya diagnosanya? Trus kira2 brp tuh harganya.
    Makasih mas.

    • ekomoker says:

      Bisa jadi setengah mati cdinya mas…. coba saat akselerasi gigi 1 ke 2 ditarik langsung kalo seolah2 tertahan kaya kampas kopling selip berarti cdinya kena

  37. Dansen says:

    Mohon Bantuan y bang…
    Motor saya honda absolute revo 110
    Pasang kopling manual ganti blok kopling
    Nah kampas kopling cuma ada 3 biji trus perkopling y model plat bengkok ( perkeong)
    Pas udah di pasang saya coba
    Ternyata jadi aneh bang
    1.kalo pas masukin gigi 1 mau jalan ada suara benturan2 seperti motor mau mati 
    2. Pas saya hentak sekaligus ternyata selip ..padahal pas saya bongkar lanfsunf saya ganti itu kampas kopling y sama yg baru
    Dan apakah bisa rumah kopling supra x125 saya pasang ke motor ini
    Mohon pencerahan y bang
    Kalo bisa di email ke dansen.lovyou@gmail.com / sms ke.085285086987
    Saya mohon bantuannya bang
    Trimakasih.

    • ekomoker says:

      Bisa …kopling revo abs mirip prinsipnya shogun 110… dan di balap kopling ini kebanyakan diganti pake punyane spx125… yg diganti cuma rumah dan kampasnya gearnya tetep pake punyane revo… kelebihan pake rumah kopling spx kan pernya 6 jadi lebih bagus dan minin slip

  38. maivan says:

    gan… Klo pompa oli model trocoid. Kluar olinya lemot. . It apanya ya gan. . ?

  39. agus says:

    1. gan saya mo tanya klo bunyi ngik-ngik saat naik turun gas posisi gigi masuk(saat motor jalan)itu bunyi dari mna ya?klo saya ga salah analisis dari bagian blok kopling,itu yang rusak apanya ya gan?

  40. fathur says:

    mas eko, mtor saya shogun sp 125 fl, km nya bru 45000, bulan kmaren saya ganti knalpot r9 new mugello, kok skrang bunyi tek tek d daerah kamrat kalo rpm di bawah 3000, apa gara2 ganti knalpot r9 ? sblm ganti ga ada bunyi tek tek.. tlong pncerahan nya :) mkasih mas :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s